Wednesday, May 14, 2014

Sistem Operasi Windows 7

1.1.         Sejarah/Latar Belakang
Windows  adalah keluarga sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh microsoft, sejak tahun 1980-an Microsoft coorporation di Bellevue, Washingthon yang dikepalai oleh Wiliam Bill Gates, mengembangkan OS dengan nama  MS-DOS (Microsoft Soft-Disk Operating System). MS-DOS masih berbasis command line (modus text)
Windows 7 sebelumnya berkodekan Blackcomb atau Vienna merupakan versi terkini Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista. Windows ini memiliki kernel NT 6.1.
perbaikan dari Windows Vista dimana saat rilis pertama memiliki kernel NT 6.0 build 6000. Windows 7 yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009 ini memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain. Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang berganti nama menjadi Gadget dan bebas ditaruh kemana-mana pada desktop (tidak seperti Sidebar yang hanya bisa diletakkan di tempat tertentu). Fitur itu membuat Windows 7 menjadi menarik. Spesifikasi Windows 7 lebih ringan dan harganya juga lebih murah dari pada Windows Vista.

Spesifikasi perangkat keras Microsoft telah mempublikasikan spesifikasi kebutuhan minimum perangkat keras untuk Windows 7. Spesifikasi minimal Windows 7 (yang disarankan) sbb :
-          Arsitektur 32-bit dan 64-bit
-          Kecepatan unit pengolah pusat
-          1 GHz 32-bit CPU 1 GHz 64-bit CPU
-          Memori Akses Acak (RAM)
-          1 GB RAM 2 GB RAM
-          Unit Pengolah Grafis
-          Dukungan DirectX 9 prosesor grafis dengan WDDM Driver Model 1.0 (Untuk Windows Aero)
-          Hardisk (HDD)
-          Kapasitas Minimum 16 GB
-          Kapasitas Minimum 20 GB
-          Cakram optik
-          DVD drive (untuk instalasi dari media DVD)

Persyaratan tambahan untuk bisa menggunakan fitur tertentu:
BitLocker memerlukan Trusted Platform Module (TPM) 1.2 dan membutuhkan USB flash drive untuk menggunakan BitLocker To Go.

 Windows XP Mode memerlukan tambahan memori 1 GB, kapasitas tambahan 15 GB Hardisk , dan Unit Pengolah Pusat yang mendukung virtualisasi dengan AMD-V atau Intel VT



1.2.         Perkembangan/Evolusi
Sistem operasi windows  ini berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus text dan command-line kearah kearah OS-GUI. Windows versi pertama,Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 november 1983, tetapi baru keluar pasar  pada bulan november tahun 1985 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.
Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16 bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan diatas MS-DOS , Sehingga ia tidak dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS begitu pula pada versi 2.x versi 3.x. Beberapa versi terakhir dari windows dimulai dari versi 4.0 dan windows  NT 3.1, Merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft windows kemudian berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.
Merupakan versi pertama windows yang dirilis pada tanggal 20 November 1985. Versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehinga kurang populer di pasaran.
Windows versi kedua muncul pada tanggal 9 desember 1987 nama”windows” akan lebih memikat konsumen dan menjadi sedikit populer dibandingkan dengan pendahulunya.sebagian kepopuleritasnya didapatkan karena kedekatan aplikasi grafis buatan microsoft , microsoft excel for windows dan microsoft word for windows.
 Berikut adalah berbagai perkembangan versi windows sampai sekarang:
Windows versi 2.1 (dirilis pada tangggal 5 januari 1989)
Windows versi 3.0(dirilis pada tahun 1990)
Windows versi 3.1(dirilis pada tahun 1992)
Windows 95(dirilis pada tanggal 24 agustus 1995)
Windows 98 (dirilis pada tanggal 25 juni 1998)
Windows 2000(dirilis pada tanggal 17 februari 2000)
Windows ME(dirilis pada bulan september 2000)
Windows XP(dirilis pada tahun 2001)
Windows server 2003 (dirilis pada tanggal 24 april 2003)
Windows vista (dirilis  pada tanggal 30 november 2006)
Windows server 2008 (dirilis pada tanggal 27 februari 2008)
Windows 7(dirilis pada tanggal 7 oktober 2009)

Windows 7 diluncurkan pada tanggal 22 Oktober 2009. Setiap pengguna akan mendapat perlindungan 3 lapis jika ada permintaan mengunduh file dari yang tak dikenal. Windows 7 didesain dengan fitur baru dan peningkatan performa dari Windows Vista.
Sistem operasi yang menggunakan Graphical User Interface (GUI) telah menjadi titik awal munculnya teknologi touch screen yang dapat diaplikasikan di komputer. Windows 7, sistem operasi pengganti Vista sekaligus sistem operasi pertama yang teknologi multitouch screen dari Microsoft's Surface tabletop computer. Microsoft memperkenalkan Windows 7 ini sekaligus akan membuat user lebih mudah menjelajah tanpa perlu menggunakan mouse..
          Kemampuan software multitouch Windows 7 ditunjukkan dengan sebuah aplikasi baru, Touchable Paint, yang hanya dengan menggunakan 10 jari, user dapat bebas melukis gambar pada layar. Untuk manipulasi foto, hanya dengan dua jari user dapat memperbesar dan memperkecil foto, bahkan membuatnya seperti slideshow. Untuk pencarian peta user dapat menggunakan Windows Live Local dan Microsoft Virtual Earth yang mampu menampilkan arah dan jalan dimanapun berada.

Varian dari Windows 7 sbb :
1.Windows 7 Starter
Windows 7 Starter ditujukan untuk notebook dan PC dengan perangkat keras terbatas sehingga lebih mudah digunakan karena adanya pembatasan antara anda dan apa yang inginkan.  Windows 7 Starter dirancang untuk memenuhi kebutuhan dasar dan mengkombinasikan sistem terbaru dalam kehandalan dan sangat responsif. Kunci fitur yang akan Anda temukan di edisi ini adalah sebagai berikut::
Aplikasi yang lebih luas dan kompatibilitas perangkat.
Keamanan, kehandalan, dan responsif
Kemampuan untuk bergabung dengan homegroup

-          Target: Seluruh dunia, biasanya hadir dengan paket komputer baru  (laptop/netbook)
-          Fitur Utama: Taskbar, Jump list, Windows Media Player, Backup dan restore, Action Center, Device Stage, Play to, Fax anda Scan dan Game sederhana
-           Keterbatasan: tak ada aero glass, berbagai fitur modifikasi desktop, windows touch, media center, live thumbnail preview, home group creation, tidak ada multi bahasa, maksimal RAM 2 GB, tidak terseda versi 64bit
-          Harga: Kisaran $50 (Indonesia)

Dengan windows 7 starter, pengguna tak dapat mengubah wallpaper atau theme windows. Pada awal dulu dirilis, Windows 7 Starter dibatasi hanya bisa menjalankan 3 program satu waktu, tetapi akhirnya keterbatasan ini dihilangkan, sehingga pengguna tetap dapat menjalankan banyak program dalam satu waktu, dibatasi jumlah memory saja. Untuk edisi 32 bit, semua windows selain windows starter mempunyai batas maksimal RAM 4 GB. Untuk edisi 64 bit, lebih tinggi dan berbeda-beda.

2.Windows 7 Home Basic
Windows 7 Home Basic adalah sebuah edisi entry-level yang ditawarkan di sejumlah pelanggan baru dengan harga yang sangat kompetitif. Windows 7 Home Basic membuat lebih cepat dan lebih mudah untuk sampai ke program dan dokumen yang paling sering digunakan, sehingga Anda dapat menghabiskan lebih sedikit waktu melihat dan lebih banyak waktu melakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan. Selain manfaat yang ditemukan di Windows 7 Starter, Home Basic meliputi:
Live thumbnail previews
dukungan jaringan yang lebih lengkap (jaringan nirkabel dan sharing koneksi   internet)
Kemampuan untuk memperluas layar Anda di beberapa monitorEdisi terbaik bagi konsumen.

-          Target: Untuk wilayah tertentu saja, Indonesia diantaranya
-          Fitur Utama: Multiple monitor, fast user switching (berganti user), desktop wallpaper, desktop windows manager, network printing, internet connection sharing, sebagian windows aero
-          Keterbatasan: Tidak bisa membuat Homegroup baru, tidak disertakan DVD decoder (MPEG-2 dan Dolby Digital), tanpa multi touch, premium games, Windows Media center, tidak ada Multi bahasa, dukungan Windows Aero tidah penuh
-          Harga: Kisaran $80 (Indonesia)

3.Windows 7 Home Premium
Windows 7 Home Premium memberikan pengalaman hiburan terbaik pada PC Anda. Anda akan menemukan cara mudah untuk menghubungkan ke PC dan perangkat lain, semua dalam lingkungan yang kaya visual yang dalam penggunaan sehari-hari membuatnya menjadi lebih sederhana dan lebih menarik.

Dengan Home Premium Anda dapat membuat semua homegroup untuk berbagi foto favorit Anda, video, dan musik dengan jaringan lain PC yang menjalankan Windows 7. Dan Anda akan dapat menonton acara secara gratis kapan dan di mana Anda inginkan dengan Internet TV di Windows Media Center.

Selain fitur di Windows 7 Starter dan Home Basic, Anda juga akan mendapatkan fasilitas berikut ini:

-          Jendela navigasi yang lebih lengkap dan personalisasi desktop dengan Microsoft Aero yang lebih baik dari versi sebelumnya (pada versi windows vista)
-          Kemampuan untuk menciptakan homegroup, sehingga Anda dapat dengan mudah berbagi file antara PC dan perangkat jaringan
-          Kemampuan untuk menonton dan merekam TV Internet TV pada PC dengan Windows Media Center
-          Remote Media Streaming dan peningkatan dukungan untuk format media yang berbeda * Catatan: Untuk beberapa aspek fungsionalitas Windows Media Center, sebuah TV tuner dan perangkat tambahan mungkin diperlukan. Akses internet diperlukan. TV Internet gratis konten bervariasi oleh geografi. Beberapa isi mungkin memerlukan biaya tambahan.

Target: Global
-          Fitur Utama: Aero Glass, Aero Background, Windows Touch, Membuat Home group baru, Media Center, DVD Playback dan pembuatan, premium games dan Mobility Center
-          Keterbatasan: Domain join, Remote desktop host, backup dari jaringan, Encryption File System, Offline Folder
-          Harga: Kisaran $110 (Indonesia)

4.Windows 7 Proffesional
            Windows 7 Professional memiliki semua fitur yang Anda butuhkan untuk bisnis, bersamaan dengan fitur media dan hiburan yang hebat di Windows 7 Home Premium. Anda akan dapat menjalankan banyak program produktivitas Windows XP di Windows 7 atau dengan menggunakan Windows XP Mode, dan recover data Anda dengan mudah menggunakan backup otomatis. Andapun dapat terhubung ke jaringan perusahaan dengan mudah dan lebih aman.

Sebagai fitur tambahannya :

·         Domain join, yang memberikan kemampuan untuk bergaung ke managed Windows Server network
·         Advanced Backup dan Restore untuk menolong Anda melakukan back up keseluruhan sistem ke jaringan rumah atau bisnis, dan Encrypted File System untuk membantu melindungi data Anda.
·         Windows XP Mode, untuk menjalankan aplikasi produktivitas yang terdahulu yang membutuhkan Windows XP
·         Location Aware Printing, yang membantu Anda menentukan default printer yang berlainan untuk jaringan rumah dan kantor.

-          Target: Pengguna IT menengah keatas
-          Fitur Utama: Windows XP Mode, Domain Join, Remote desktop host, location aware printing, mobility center, presentation mode, offline folder
-          Keterbatasan: BitLocker, BitLocker toGo, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI Language Pack, booting dari VHD
-          Harga: Kisaran $150 (Indonesia)

5.Windows 7 Enterprise dan Ultimate
            Windows 7 Enterprise dan Windows 7 Ultimate adalah edisi yang paling powerful dan di desain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan enterprise dan pelanggan yang menginginkan setiap fitur dari Windows 7. Dengan fitur yang sama, Windows 7 Enterprise menyertakan kemampuan untuk melakukan volume activation dan hanya tersedia untuk pelanggan dengan MIcrosoft Software Assurance Agreement.

Windows 7 Enterprise dan Windows 7 Ultimate membantu Anda menjadi produktif dimana saja, peningkatan keamanan dan pengaturan dan streamline PC management. Keduanya juga menawarkan kemudahan penggunaan fitur hiburan dari Home Premium dan fitur bisnis untuk Profesional, plus fleksibilitas untuk bekerja dalam banyak bahasa asing. Singkatnya, Windows 7 Enterprise dan Windows 7 Ultimate menyertakan segala sesuatu yang ditawarkan Windows 7.

Edisi ini juga menyertakan fitur berikut :
·         Microsoft BitLocker dan BitLocker To Go, enkripsi drive dan perlindungan data pada drive internal atau eksternal dan juga media penyimpanan.
·         DirectAccess, membantu Anda memberikan koneksi yang lebih aman ke jaringan korporat melalui internet.
·         Microsoft BranchCache, membantu Anda menyediakan akses lebih cepat ke konten dari remote file dan Web server pada branch location
·         Microsoft AppLocker, membantu Anda mencegah software yang tidak diizinkan untuk berjalan pada PC pekerja
·         Enterprise Search Scopes, menjadikannya mudah untuk ditelusuri dan dicari pada portal intranet
·         Multilingual user interface packs, mengizinkan Anda untuk bekerja dengan 35 bahasa.

Windows 7 Enterprise
·         Target: Pelanggan Bisnis (volume licenses)
·         Fitur Utama: BitLocker, BitLocker To Go, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI language packs, boot from VHD
·         Keterbatasan: Lisensi Retail
·         Harga: -
Selain perbedaan mengenai lisensi, Windows 7 Enterprise mempunyai fitur yang sama dengan Windows 7 Ultimate.

Windows 7 Ultimate
·         Target: Retail market, ketersediaan terbatas
·         Fitur Utama: semua fitur windows 7 edisi sebelumnya ditambah dengan BitLocker, BitLocker To Go, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI language packs, boot from VHD
·         Keterbatasan: Volume Licensing
·         Harga:

BAB II Pembahasan

2.1.         Struktur Sistem
Gagasan di belakang kernel hibrid adalah membuat suatu struktur kernel yang serupa seperti mikrokernel, namun diimplementasikan sebagai kernel monolitik. Berbeda dengan mikrokernel, semua (atau setidaknya hampir semua) layanan sistem terdapat pada ruang kernel dan bukan pada ruang pengguna. Seperti halnya pada kernel monolitik, tidak ada beban penurunan unjuk kerja seperti pada mikrokernel atas mekanisme penyampaian pesan, dan mekanisme proses lainnya, juga memiliki pemahaman yang sama seperti kernel monolitik, tidak ada keuntungan apapun atas penyediaan layanan pada ruang pengguna.

Contoh yang sangat dikenal atas implementasi kernel hibrid adalah arsitektur dari jajaran sistem operasi windows berbasis NT (Windows NT, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, dan Windows 7). Windows berbasis NT seringkali diklasifikasikan sebagai kernel hibrid (atau makrokernel) daripada sebagai kernel monolitik sebab subsistem emulasi yang terdapat pada NT berjalan pada modus pengguna, dan bukan pada modus kernel seperti yang terdapat pada kernel monolitik. Dan lebih jauh karena tujuan disainnya serupa dengan tujuan disain Mach (salah satu mikrokernel generasi pertama). Sebaliknya, alasan bahwa NT bukanlah termasuk sebagai mikrokernel karena sebagian besar komponen sistem berjalan pada alamat ruang yang sama dengan kernel, seperti halnya pada disain kernel monolitik.

Disain Windows NT memiliki banyak kesamaan dengan yang terdapat pada Mach, salah satu mikrokernel generasi pertama, dan bagian yang terpenting adalah memiliki struktur atas sejumlah koleksi modul yang berkomunikasi melalui antarmuka yang umum dikenal, yang pada mikrokernel kecil hal ini terbatas pada fungsi-fungsi inti seperti penanganan interup level-utama, penjadualan thread, dan sinkronisasi proses-proses sederhana. Hal tersebut memungkinkan tiap-tiap modul untuk menggunakan mekanisme pemanggilan langsung ataupun menggunakan mekanisme IPC sebagai media komunikasi antar modul. Kesamaan tujuan disain lainnya dengan Mach termasuk dalam hal ini dukungan terhadap bermacam-macam arsitektur, yaitu sebuah kernel dengan tingkat abstraksi yang cukup untuk memungkinkan beragam karakteristik sistem operasi diimplementasikan pada tingkatan di atasnya, dan pengorganisasian yang berbasis objek.
Alasan bahwa NT bukanlah sebuah sistem berbasis mikrokernel dalam hal ini karena hampir semua subsistem menyediakan layanan sistem, termasuk bagian eksekutif, berjalan pada modus kernel (dalam ruang alamat yang sama dengan mikrokernel), dan bukan pada modus pengguna seperti yang terdapat pada disain mikrokernel. Atribut ini yang membuat NT serupa dengan versi-versi awal Mach, demikian juga sistem komersil lainnya yang berbasis Mach.

2.2.          Arsitektur Sistem


Sistem operasi Windows untuk desktop awalnya hanyalah sebuah sistem operasi sederhana. Ingat MS-DOS? Ya, MS-DOS merupakan OS dasar yang digunakan dan dikembangkan sejak Windows 1.0 sampai Windows ME. Selain itu, Microsoft juga membangun suatu sistem operasi yang berbeda arsitekturnya dengan MS-DOS, yaitu Windows NT. OS NT inilah yang kemudian menjadi dasar dari pengembangan Windows NT 3.1 sampai Windows 8

1.  Arsitektur Dasar MS-DOS

Sistem operasi MS-DOS berstruktur monolitik yang konstruksinya tanpa struktur. Maksudnya yaitu semua komponen sistem operasi bercampur jadi satu, dan semua rutin dapat mengakses rutin lainnya.
Struktur MS-DOS
Pada sistem operasi MS-DOS, antara aplikasi dan sistem operasi bahkan tidak ada pemisahan yang jelas, yang menyebabkan mudahnya program-program virus memodifikasi dan merusak sistem operasi MS-DOS. Program aplikasi memiliki aksea untuk memodifikasi bagian sistem operasi (program residentdevice driver MS-DOS, maupundevice driver BIOS).

2.  Arsitektur Dasar NT

Sistem operasi NT memiliki struktur berlapis (layered). Agar tidak memiliki dependency, NT berisi empat lapisan, yaitu:
1.  Hardware abstraction layer (HAL)
2.  Kernel
3.  Subsystems
4.  System services


Hardware Abstraction Layer 
(HAL)
Memetakan perintah dan tanggapan perangkat keras generik menjadi perintah dan tanggapan unik platform tertentu seperti Intel 486 atau Pentium, Motorola PowerPC, atau DEC Alpha.
HAL membuat machine system bus, DMA controller, interrupt controller, system timer, dan modul memori terlihat sama oleh kernel. HAL juga menyediakan dukungan untuksymmetric multiprocessing.
Kernel
Berisi komponen-komponen sistem operasi paling dasar. Kernel mengelola penjadwalan dan context switchingexception handling dan interrupt handling serta multiprocessing synchronization.
Subsystems
Beragam modul fungsi-fungsi spesifik menggunakan layanan-layanan dasar yang disediakan kernel.
System services
Menyediakan antarmuka ke perangkat lunak mode pemakai.

2.3.         Keunggulan

Windows 7 memiliki beberapa keunggulan dari Windows pendahulunya antara lain sebagai berikut :

1. Kemudahan dan Kenyamanan

Anda harus tahu bahwa Windows 7 tidak akan memiliki perubahan drastis dari segi arsitektur perangkat lunak seperti Vista dari XP — Microsoft sendiri sudah berjanji bahwa pengguna yang meakukan upgrade dari Vista tidak akan menemui masalah kompatibilitas. Karena Windows 7 tidak banyak berubah di belakang layar, Microsoft dapat memfokuskan pengembangan pada pengalaman pemakaian OS itu sendiri dan bukan pada berbagai aspek teknis lain seperti keamanan dan stabilitas.

Sebagian besar perubahan yang dikemas Windows 7 berusaha untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan pengguna, dan di bawah ini adalah beberapa dari fitur-fitur baru Windows 7 yang sudah terlihat di demonstrasi PDC Microsoft.

2. Taskbar

Mendapat perubahan terbesar sejak pertama kali debut di Windows 95. Windows 7 sudah tidak akan lagi menampilkan ikon aplikasi kecil lengkap dengan nama aplikasi melainkan hanya ikon berukuran besar mirip dengan Mac OS X. Daftar jendela yang ditampilkan saat menempatkan tetikus di atas ikon aplikasi juga diganti dengan user interface (UI) “ribbon” yang menampilkan thumbnail jendela yang terbuka secara menyamping.

Alat-alat lain yang terhubung ke komputer seperti kamera juga akan muncul di taskbar bersama jendela aplikasi. Secara keseluruhan fitur ini membuat Windows 7 tampil menarik.

3. System Tray

Secara resmi dinamakan sebagai “Notification Area” Microsoft akhirnya memungkinkan pengguna alat-alat untuk menata area desktop yang sering berantakan ini. Pengguna dapat memiliki ikon apa saja yang ditampilkan di System Tray, mengubah posisi ikon dan apakah mereka diperbolehkan menarik perhatian pengguna dengan notifikasi.

4. Jump List

Menu jump list akan muncul di Start Menu atau saat pengguna melakukan klik di salah satu aplikasi Taskbar, memberikan beberapa pilihan pada pengguna untuk melakukan berbagai aksi yang didukung aplikasi. Gambar di bawah ini memperlihatkan jump list Windows Media Player (WMP) yang memberikan opsi pada pengguna untuk memutar lagu, melihat lagu-lagu terakhir yang diputar dan banyak lagi.

5. User Account Control (UAC) yang Lebih Baik

UAC merupakan salah satu fitur yang paling dibenci pengguna Windows Vista. Kini selain pilihan “On” dan “Off” pengguna dapat memilih agar UAC hanya muncul saat instalasi aplikasi atau saat sebuah aplikasi mengubah konfigurasi Windows saja. Belum diketahui apakah perubahan ini cukup untuk menjadikan UAC dari musuh menjadi teman, tetapi perubahan ini setidaknya akan menjadikan UAC Windows lebih ramah.

6. Kinerja

Microsoft mengatakan bahwa mereka banyak melakukan perubahan untuk meningkatkan kinerja dan stabilitas Windows 7 seperti mengurangi waktu boot dengan mengaktifkan beberapa aplikasi secara parallel, metode manajemen memori baru dan banyak lagi. Saat ini masih terlalu dini untuk membicarakan kinerja, kita harus menunggu datangnya versi yang sudah hampir rampung untuk mendapatkan benchmark yang berarti, tetapi menurut Technologizer, Windows 7 terasa sangat cepat dioperasikan di laptop Dell yang dipinjamkan Microsoft — dan bersih dari bloatware.

7. Device Stage

Fitur baru ini mengumpulkan semua hal yang berhubungan dengan peripheral di satu tempat untuk memudahkan pengguna seperti konfigurasi, fitur, dokumentasi bahkan layanan pembelian tinta printer dan lain-lain.

8. Libraries

Apabila Anda sudah mengenal konsep library untuk lagu seperti yang dimiliki iTunes, konsep library di Windows 7 juga tidak akan asing bagi Anda. Fitur ini mengumpulkan semua file dalam PC Anda berdasarkan tipe ke dalam library masing-masing untuk memudahkan manajemen media. Sebagai contoh, semua foto dari semua PC dan jaringan akan dikumpulkan di sebuah library foto yang dapat diakses di satu tempat seperti gambar di bawah ini.

9. HomeGroups

Windows 7 memperkenalkan fitur jaringan baru bernama HomeGroups yang bertujuan untuk memudahkan beberapa komputer satu jaringan untuk saling berbagi file dan peripheral — seolah-olah semua itu terletak pada satu PC yang sama. Walaupun fitur-fitur Windows Networking sejak dulu selalu bertujuan sama, pada kenyataannya konfigurasi untuk menggunakan printer jaringan masih tetap terlalu sulit untuk sebagian besar pengguna.

10. “Peeking” (Mengintip)

Fitur peeking pada Windows 7 memudahkan pengguna untuk dengan cepat membaca konten dalam satu jendela tanpa perlu berinteraksi dengan jendela tersebut. Menempatkan cursor di atas thumbnail jendela di Task Bar akan mengubah semua jendela yang terbuka menjadi transparan kecuali jendela yang dipilih. Selain dapat “mengintip” jendela aplikasi tertentu pengguna juga dapat mengintip desktop Windows.

11. Sidebar Tidak Lagi Digunakan

Jika dibandingkan dengan widget Mac OS X yang dapat ditempatkan di desktop, perbedaan paling mencolok dari gadget Microsoft adalah peletakannya pada sidebar di sebelah kanan layar. Di Windows 7, sidebar tersebut dihilangkan karena dianggap terlalu banyak menggunakan tempat yang ada dan gadget kini dapat diletakkan langsung di desktop. Walaupun hal ini juga sebenarnya dapat dilakukan di Vista .

12. Kompatibilitas iTunes

WMP kini mendukung dua format media favorit Apple: AAC untuk audio dan H.264 untuk video. WMP ini juga dapat menemukan library iTunes yang ada pada jaringan dan memutar isinya. Fairplay DRM Apple tidak didukung, tetapi entah kenapa memutar sebuah video podcast yang beresolusi lumayan terlihat buruk di WMP.

13. WMP Minimalis

Ketika Anda melakukan klik kanan pada sebuah file media di Windows Explorer dan menggunakan WMP untuk memutarnya, WMP akan muncul dalam mode minimalis yang tidak mendominasi desktop Anda. Anda juga bisa memutar media pada preview pane Windows Explorer tanpa perlu meluncurkan WMP sama sekali.

14. Streaming Multimedia

W7 menambahkan fitur pengiriman file media dari PC ke berbagai alat yang mendukung streaming seperti sistem musik Sonos melalui jaringan. Microsoft mengatakan bahwa Windows 7 akan mengubah file ke dalam format sehingga dapat diputar oleh pemutar media Anda. Hal ini juga berarti Microsoft sudah selangkah lagi mendekati cita-cita Bill Gates menjadikan Windows pusat media di rumah. Versi Media Center dari Windows 7 juga mendapatkan upgrade besar.

15. Pengaturan Jendela Otomatis

Geser jendela mendekat tepi kanan atau kiri maka jendela tersebut akan langsung berubah ukuran menjadi setengah layar. Hal ini ditujukan untuk memudahkan Anda menyusun dua jendela secara berdampingan (seperti browser atau dokumen Word) agar Anda dapat dengan mudah bekerja pada kedua jendela sekaligus.

16. Mencari Semua Tempat Sekaligus

Fitur Windows 7 bernama “Search Federation” memungkinkan Anda untuk mengikutkan berbagai komputer, media penyimpanan jaringan dan situs ke dalam pencarian Windows 7.

17. Tema

Microsoft sudah sangat lama sekali tidak mengantarkan perubahan besar pada fitur kustomisasi tema di Windows. Di Windows 7 Microsoft menyediakan sebuah pemilih tema baru yang lebih baik dengan fitur preview dalam ukuran asli dan memungkinkan Anda untuk menyimpan tema kustom hanya dengan dengan beberapa klik. Microsoft juga berencana untuk mengganti namanya dari Themes menjadi Styles.

18. Windows Live

Secara resmi Microsoft memiliki mengemas sedikit sekali aplikasi pada Windows 7, tidak seperti Vista . Aplikasi Photo Gallery, Movie Maker dan email telah dijadikan unduhan gratis yang disebut Windows Live Esentials, walaupun Microsoft tetap berharap berbagai vendor PC tetap akan mengemas Windows Live Essentials ke dalam komputer yang mereka jual.

19. Paint Baru

Windows Paint yang sudah banyak terlupakan mendapatkan upgrade besar, kini tampil dengan UI ribbon dari Office 2007 yang sekarang telah menjadi standar di berbagai aplikasi Microsoft. Walaupun masih banyak yang menganggap Paint.net sebagai alternatif pengganti Paint yang lebih baik.

20. Fitur Layar Sentuh

Windows 7 adalah versi Windows pertama yang mendukung multi-touch yang memungkinkan Anda mengendalikan OS ini dengan kedua tangan. Masih banyak yang ragu apakah multi-touch akan merevolusi dunia PC sebagaimana ia merevolusi dunia ponsel. Saat ini hampir tidak ada PC yang beredar di pasar yang mendukung fitur layar sentuh selain TouchSmart dari HP dan Latitude XT dari Dell.

2.4.         Kelemahan

1.      Beberapa aplikasi belum bisa beroperasi dengan baik di Windows 7 terutama software2 lama
2.      Hardware yang tergolong jadul agak susah berjalan dengan normal,Masih ada beberapa driver yang gagal diinstall (Untuk driver hardware Anda, silahkan liat di vendor support masing, untuk dukungan Win 7).
3.       Modem Sierra AirCard 875U tidak dapat digunakan.
4.      Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di Windows
5.      Tidak adanya icon LAN yang berkedip di taskbar Tray! seperti Vista maupun XP
6.      Boros batere, untuk kalian yang menggunakan laptop


2.5.         Implementasi

Implementasi Sistem adalah proses memasang hardware dan sotware pada sebuah PC, Notebook, Netbook agar dapat berjalan dengan baik.

Perencanaan Implementasi :
 Pekerjaan implementasi
 Perkiraan tanggal penyelesaian
 Perkiraan biaya dan orang-orang yang bertanggung jawab untuk setiap pekerjaan

Jenis Dokumentasi yang harus dibuat untuk sistem baru :
 Dokumentasi pengembangangan
 Dokumentasi operasi
 Dukementasi pemakai

Bentuk Umum menguji sistem :
 Peninjauan langsung:Tinajauan bertahap atas logika,prosedur atau program
 Pemroses transaksi uji:menetapkan apakah program beroperasi seperti yang diharapkan.
 Uji penerimaan:menggunakan beberapa salinan dari transaksi dan catatan file yang sesungguhnya,bukan menggunakan salinan buatan.

Konversi system adalah proses perubahan dari sistem informasi akuntasi yang lama ke yang baru.
Pendekatan konversi
1. Konversi langsung:menghentikan SIA yang lama ketika SIA yang baru diperkenalkan
2.Konversi paralel:menjalankan SIA yang lama dan baru secara simultan selama periode tertentu
3.Konversi bertahap(phase-in):Seara bertahap mengganti elemen SIA yang lama dengan yang baru
4.Perubahan perintis(Pilot):menginplementasikan suaatu sistem hanya pada suatu bagian dari organisasi.
7. kebangkitan system operasi

BAB III Kesimpulan
Pada zaman sekarang kebanyakan manusia tidak lepas dari komputer, hampir semua pekerjaan menggunakan komputer, seperti di dalam kegiatan  belajar-mengajar formal,sehari-hari dan pada perusahaan, komputer sendiri tidak lepas dari Sistem Operasi.
Setiap komputer tujuan umum harus memiliki sebuah sistem operasi untuk menjalankan program lainnya. Sistem operasi melakukan tugas-tugas dasar, seperti mengenali input dari keyboard, mengirimkan output ke layar, melacak file dan direktori pada disk, dan mengendalikan perangkat periferal seperti disk drive dan printer.
Untuk sistem besar, sistem operasi memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan kekuasaan. Hal ini seperti polisi lalu lintas – itu akan memastikan bahwa program yang berbeda dan pengguna berjalan pada saat yang sama tidak saling mengganggu. Sistem operasi ini juga bertanggung jawab atas keamanan, memastikan bahwa pengguna tidak sah mengakses sistem.
Windows merupakan salah satu sistem operasi yang sudah familiar digunakan oleh banyak kalangan,Mulai pengguna pribadi maupun perusahaan. Di Windows kita kita bisa mengatur segala pengaturan pada control panelnya, kita juga bisa bermain pada Command prompt. Terlepas dari kekurangan dan kelebihannya , windows tetap banyak digunakan oleh orang-orang  dan makin populer lagi dengan munculnya Windows 8 yang dapat memikat pasar.
BAB IV  Daftar Pustaka
-          Pengantar Sistem Operasi Komputer
Jilid Pertama
Masyarakat Digital Gotong Royong (MDGR)
Hak Cipta © 2003-2008 Masyarakat Digital Gotong Royong (MDGR).

-          Windows 7 : Ngoprek Habis-habisan! - Edisi Revisi
Penulis: Rachmad Hakim Sutarto   (Elex Media Komputindo)


-          http://new-funday.blogspot.com/2013/10/pembahasan-lengkap-struktur-sistem.html

0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP