Thursday, May 22, 2014

Cara Instalasi Mikrotik dan router

Mikrotik merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membangun router pada jaringan komputer, sehinggga bisa menghubungkan dua atau lebih jaringan yang mempunyai protokol yang sama.  Pada kesempatan ini saya akan berbagi cara instalasi mikrotik pada komputer. Untuk melakukaninstalasi mikrotik pada komputer ada beberapa yang harus dipersiapkan diantaranya:

  1. CD Instalasi mikrotik router
  2. Komputer dengan 2 LAN Card
Setelah semua perangkat untuk instalasi mikrotik sudah dipersiapkan, maka berikut adalah langkah-langkah instalasi mikrotik:
  1. Seperti instalasi pada  umumnya, langkah pertama adalah setting bios dan atur bootingnya agar CD bisa terdeteksi sistem komputer.
  2. Simpan pengaturan bios kemudian restart komputer, jangan lupa masukan CD mikrotik router ke dalam CD ROOM.
  3. Setelah komputer menyala, maka tunggu sampai tampilan seperti dibawah ini
  4. Tekan tombol  a  pada keyboard untuk mencentang semua elemen agar diikutkan ke dalam instalasi.
  5. Setelah semua dicentang, tekan tombol  i  pada keyboard untuk memulai proses instalasi.
  6. setelah anda menekan tombol i maka akan muncul pertanyaan Do you want to keep old configuration? maka pilih atau tekan N pada keyboard anda
  7. Selanjutnya akan ada pertanyaan Continue ?, maka tekan tombol Y untuk melanjutkan proses.
  8. Tunggu beberapa waktu untuk proses creating partition dan formating disk.
  9. Setelah proses selesai, keluarkan CD instalasi anda pada CD room kemudian tekan ENTER pada keyboard untuk restart.
  10. Setelah restart maka anda akan diminta untuk memasukan user name dan password, maka pada username : admin dan pada password : kosong kan saja.
  11. Instalasi sudah selesai, dan selamat anda bisa melakukan instalasi mikrotik


Fungsi Router

Router adalah perangkat keras dalam jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan yang mempunyai protocol yang sama. sehingga dengan menggunakan router kita bisa menghubungkan 2 ip address yang memiliki host yang berbeda. contohnya kita bisa menghubungkan IP Address 192.168.1.2 dengan IP address 192.169.10.1.Router sangat berperan untuk jaringan berskala menengah ke atas karena digunakan untuk membagi jaringan. Router memiliki beberapa jenis, diantaranya:
  • Router Aplikasi
  • Router Hardware, dan
  • Router PC
Keterangan:
  • Router Aplikasi merupakan perangkat lunak atau program aplikasi yang dapat kita instal pada komputer sehingga sistem operasi tersebut bisa berfungsi sebagai router, beberapa contoh router aplikasi diantaranya: winroute, wingate dan lain-lain.
  • Router hardware merupakan perangkat keras pada jaringan komputer yang mempunyai fungsi sebagai router sehingga perangkat keras tersebut dapat membagi IP address.
  • Router PC merupakan sistem operasi yang diinstal pada komputer sehingga komputer tersebut mempunyai kemampuan untuk membagi jaringan
Jika ditinjau secara umum jenis router ada 2 macam diantaranya:
  • Router static merupakan router yang mempunyai tabel routing static sehingga harus disetting secara manual oleh adminisrator.
  • Router dinamic merupakan router yang mimiliki tabel routing dinamic yang memiliki kemampuan mendengarkan lalu lintas jaringan dan saling berhubungan dengan router yang lain.

0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP