Thursday, May 22, 2014

Pengertian, Kelemahan dan Kelebihan Static Routing


Routing static adalah jenis routing yang dilakukan admin/pengelola jaringan untuk mengkonfigurasi informasi tentang jaringan yang dituju secara manual. Ciri-ciri routing statis adalah sebagai berikut:
  • jalur spesifik ditentukan oleh admin jaringan
  • pengisian tabel routing dilakukan secara manual oleh admin jaringan
  • biasanya digunakan untuk jaringan berskala kecil
Cara kerja routing statis ada 3 bagian yaitu:
  • Konfigurasi router yang dilakukan oleh admin jaringan
  • Router melakukan routing berdasarkan informasi yang diterima dari tabel routing
  • Admin Jaringan menggunakan perintah ip route secara manual untuk konfigurasi router dengan routing statis dan routing statis berguna untuk melewatkan paket data yang ada pada jaringan.
Ada beberapa parameter yang ada pada routing, yakni:
  • Destination, adalah alat tujuan dan network mask dan biasanya diisi dengan 0.0.0.0/0 untuk semua jaringan
  • Gateway adalah datagram yang dapat dicapai melalui antarmuka
  • Pref. Source adalah alamat tujuan paket dan meninggalkan roter melalui alamat IP
  • Distance (0-255) adalah jarak administrator jaringan dari router

Keuntungan menggunakan Routing static
  1. Meringankan kinerja processor router
  2. Tidak ada bandwidth yang diguanakn untuk pertukaran informasi dari tabel isi routing pada saat pengiriman paket
  3. Routing statis lebih aman dibandingkan routing dinamis
  4. Routing Statis kebal dari segala usaha hacker untuk men-spoof dengan tujuan membajak traffik
Kerugian Menggunakan routing static
  1. Administrator jaringan harus mengetahui semua informasi dari masing-masing router yang digunakan
  2. Hanya dapat digunakan untuk jaringan berskala kecil
  3. Admisnistrasinya cukup rumit dibanding routing dinamis, terlebih jika banyak router yang harus dikonfigurasi secara manual
  4. Rentan terhadap kesalahan saat entri data routing statis yang dilakukan secara manual.

Pengertian dan Macam Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan hubungan antara 2 komputer atau lebih yang saling terkait satu sama lain. jaringan komputer bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat kinerja manusia, karena dengan adanya jaringan komputer banyak hal yang bisa dikerjakan seperti: sharing data, sharing printer, penggunaan internet secara bersama dan lain-lain. Jaringan komputer yang berkembang pada saat ini juga bermacam - macam, macam jaringan komputer tersebut berbeda - beda berdasarkan cakupan wilayah maupun perangkat jaringan yang digunakan. Berikut adalah jenis jaringan atau macam jaringankomputer.
  1. Local Area Network (LAN), merupakan jaringan dengan ukungan yang sangat kecil, jaringan ini hanya meliputi satu lingkup lokasi saja, seperti : jaringan dalam 1 laboratorium, jaringan hanya satu kantor, maupun jaringan yang hanya 1 lokasi gedung saja.
  2. Metropolitan Area Network (MAN), MAN merupakan jaringan komputer yang berukuran lebih besar daripada jaringan LAN, karena MAN sudah mencakup beberapa lokasi yang saling berdekatan.
  3. Wide Area Network (WAN), WAN merupakan jaringan yang lebih besar dari jaringan komuter yang tersebut diatas, WAN jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas. WAN mencakup beberapa negara maupun beberapa benua yang memberntuk jaringan. WAN juga bisa dikatakan kumpulan dari beberapa jaringan LAN dan MAN yang dihubungkan yang memberntuk jaringan yang sangat besar.
  4. Wireless LAN (W-LAN) merupakan jaringan lokal tanpa menggunakan kabel sebagai media transmisinya. jaringan menjadi sangat digemari oleh kebanyakan orang diseluruh dunia karena lebih praktis dan efisien.
  5. Jaringan Internet atau Intenational network merupakan jaringan yang sangat luas yang mencakup wilayah diseluruh dunia yang saling berhubungan satu sama lain.
Dengan adanya mcam jaringan komputer seperti saat ini memudahkan manusia untuk saling berkomusikasi dan saling berinteraksi satu sama lain. Dan dengan jaringan komputer informasi bisa disampaikan lebih cepat.

0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP