Wednesday, May 21, 2014

Keuntungan Menggunakan Internet Bagi Perusahaan


1.      Cost Reduction
Dengan sistem yang online perusahaan akan lebih menghemat biaya pengeluaranya sebab perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya-biaya yang berhubungan untuk membeli kertas dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pencetakan laporan, dan biaya pos surat untuk mengirimkan surat. Contohnya : yang sebelumnya perusahaan membuat laporan harus dicetak keluar dan dengan online perusahaan hanya perlu mengirimkan laporan mereka menggunakan email dan hal tersebut tentu akan sangat menghemat waktu dan biaya bagi perusahaan dan apalagi jika perusahaan yang memiliki banyak anak cabang perusahaan, dengan online maka akan lebih banyak menghemat biaya pengeluaran.

2.      New Capability
Dengan online kita akan mendapat banyak kemampuan baru, saya bagi menjadi dua yaitu kemampuan baru bagi konsumen dan kemampuan baru bagi perusahaan, bagi konsumen kemampuan baru yang akan didapat adalah akan meningkatnya daya beli sebab ragam dan jenis barang yang ditawarkan di internet akan lebih banyak serta ketersediaan informasi yang luas dimana konsumen bisa secara bebas membandingkan produk dari setiap perusahaan dan memilih barang mana yang menurut mereka cocok. Dan kemampuan baru pada perusahaan contohnya itu seperti kemampuan baru dalam melakukan riset pasar secara lebih baik dan akurat, komunikasi untuk melayani pelanggan dan menjangkau pelanggan yang jauh, serta kemampuan perusahaan untuk memproduksi produk yang didesain secara pribadi berkat kemajuan dalam teknologi.

3.      Communication
Dengan online kita bisa dengan mudah berkomunikasi dengan orang, baik itu teman kita, klien kita dan bahkan rekan bisnis kita. Sebab banyak sekali alat yang bisa kita gunakan diinternet, baik itu chatting menggunakan yahoo messenger dan bisa berkomunikasi melalui email, ataupun jejaring sosial lainnya dan menggunakan online kita bisa berkomunikasi kapan saja dan dimana saja hal tersebut secara otomatis akan lebih memudahkan para pengguna. Contohnya: bagi perusahaan yang memiliki banyak cabang disetiap daerah dengan komunikasi secara online maka komunikasi akan berjalan lebih cepat dan pertukaran informasinya akan lebih cepat serta akan lebih menghemat biaya sebab perusahaan tidak perlu lagi berkomunikasi dengan telepon. Dan jika ada rapat maka perusahaan tidak perlu mendatangkan para kepala cabang untuk rapat dikantor pusat, dengan online bisa menggunakan video conferencing, dengan VC maka perusahaan akan jauh lebih menghemat banyak biaya, yang tadinya harus mengeluarkan biaya untuk biaya tiket pesawat dan penginapan untuk para kepala cabang, dan dengan menggunakan online maka biaya tersebut tidak perlu dikeluarkan lagi.

4.      Customer Service
Customer service adalah setiap kegiatan yang diperuntukan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan dengan pelayanan yang diberikan. Pelayanan yang diberikan seperti menerima masukan atau keluhan dan masalah yang sedang dihadapi oleh pelanggan. CS dengan online sangatlah membantu pelanggan kita atau konsumen kita sebab dengan online konsumen tidak perlu repot-repot telepon atau datang ke toko kita untuk meminta pertolongan jika ada masalah dengan produk yang mereka beli dari kita. Dengan online juga konsumen bisa bebas mengakses, baik itu waktu jam kerja maupun tidak dalam jam kerja dan hal ini akan lebih memudahkan konsumen dan memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen. Contohnya: biasa waktu kita mengakses sebuah website biasanya dibagian atas ada menu Help atau Service(layanan) disana biasanya terdapat pertanyaan beserta jawabanya, pertanyaan yang ada disana biasa merupakan pertanyaan yang paling sering atau banyak ditanyakan oleh konsumen lainnya, dan jika tidak ada yang sama dengan masalah yang kita hadapi biasanya ada layanan lain seperti chatting langsung dengan CS.

5.      Control
Control dengan online menurut saya ada 2 hal, yakni dapat mengcontrol pasar dan mengcontrol perusahaan cabang mereka. Dengan online kita dapat melihat atau mengcontrol pasar misalnya seperti kita bisa melihat tren atau barang yang seperti apa yang sedang menjadi tren di masyarakat serta bisa melihat barang seperti apa sih yang dicari orang-orang saat ini, dan mengcontrol perusahaan cabang contohnya yang saya ketahui sebuah optic yang dimana perusahaan pusatnya ada di Jakarta dan optic cabang mereka yang ada di berbagai daerah hanya dicontrol dipusat dimana dicabang mereka tidak ada kepala cabang atau seorang yang memimpin, mereka mengontrol semuanya dengan secara online dimana dengan bantuan cctv dan absen, mereka bisa mengontrol apakah pegawai mereka bekerja dengan baik atau tidak dan dimana pegawai mereka diwajibkan absen beberapa jam sekali.

6.      Competitive Advantage
Dengan online kita bisa mencapai keuntungan kompetitif yakni jika dengan online kita bisa mencapai biaya yang paling efisien pada setiap proses bisnis dan kita juga bisa menghasilkan kualitas barang sesuai dengan pelanggan, dan keakraban dengan pelanggan juga bisa meningkatkan keuntungan kompetitif sebab dengan online kita dapat memahami apa yang dibutuhkan atau yang diharapkan pelanggan melebihi rata-rata kompetitor kita yang tidak menggunakan online dan kemudian dengan online kita akan lebih dapat banyak ide untuk mengembangkan produk atau layanan kita agar lebih inovatif dan terdepan. Contoh misalnya perusahaan mobil, dengan online mereka menciptakan sebuah permainan dimana pengguna bebas memodifikasi mobil mereka sesuai dengan keinginan mereka dan dengan hal tersebut otomatis perusahaan akan mendapatkan informasi bahwa mobil yang banyak diinginkan oleh orang itu yang seperti apa dan model mobil yang seperti apa hal ini akan sangat membantu perusahaan untuk menciptakan mobil yang sesuai dengan keinginan orang saat ini hal ini tentunya akan sangat membantu perusahaan mendapatkan inovasi yang jauh lebih baik dibanding perusahaan mobil lain yang tidak menggunakan online, contoh nyatanya adalah yang dilakukan oleh Toyota Scion.

Dari keenam keuntungan diatas, jika saya seorang pemimpin perusahaan alasan saya untuk menggunakan internet adalah yang keenam keuntungan kompetitif, sebab hal ini sangat penting dimana kita bisa menghemat biaya pengeluaran kita dan kita bisa memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan pelanggan dengan menciptakan kualitas barang yang sesuai dengan keinginan pelanggan kita, dan kita bisa menciptakan sebuah produk yang lebih inovatif dan belum ada diperusahaan lain, serta kita bisa menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan kita, sebab pelanggan adalah segalanya bagi sebuah perusahaan besar maupun itu toko kecil sekalipun.

0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP