Thursday, May 22, 2014

Komputer Rakitan atau Build up (IBM,DELL,Compaq ,HP)


Rakitan atau Build up (IBM,DELL,Compaq ,HP) Jadi anda menginginkan komputer baru! selamat. Pertanyaannya adalah anda akan membeli komputer rakitan/merakit sendiri atau membeli komputer build up? akan ada banyak pertimbangan didalam anda menentukan membeli yang mana. mari kita pertimbangkan bersama!Waktu
Ketika waktu adalah yang terpenting, komputer rakitan dari toko komputer adalah pilihan yang terbaik . Kecuali jika anda mempunyai kemampuan untuk melompat dari satu toko ketoko lainnya untuk mendapatkan komponen yang anda inginkan, dan juga anda mengerti bagaimana cara merakit Komputer Pc.Komputeran rakitan dari toko yang jelas akan menghemat waktu anda dan juga menghindari kesalahan dalam penginstallan komponen , sehingga anda hanya siap pakai saja dalam waktu beberapa jam.Untuk komputer build up biasanya bisa menghabiskan waktu antara 3 hari sampai 2 minggu karena bergantung dari keadaan stock dan komponen yang tersedia.
Keuangan
Jika anda ingin mendapatkan komputer yang lebih murah sebaiknya anda merakit sendiri atau membeli dari toko komputer yang akan dirakit menjadi sebuah pc dalam hal ini anda bisa menghemat 10% sampai 50 % dari harga komponen.Bahkan jika anda membeli komputer pada tempat yang benar anda bisa mendapatkan harga komputer yang hanya berbeda 100.000 rupiah dari harga retail.(toko komputer hanya mengambil keuntungan 100.000 perunit rakitan).Untuk komputer build up harganya bisa jauh lebih mahal 10% sampai 50%.
Reability dan service
Alasan kenapa komputer build up lebih mahal adalah mereka secara berkala melakukan pengetesan pada system dan komponen mereka dan hanya memakai komponen yang terbaik. Dan customer service mereka yang cukup handal. akan tetapi jika anda tahu apa yang anda lakukan customer service tidak akan anda perlukan.Toko komputer rakitan biasanya memberikan customer service yang baik agar konsumen dapat kembali lagi.
Performance
Jika anda ingin kontrol penuh pada performance komputer anda, anda harus merakit sendiri.Untuk komputer rakitan toko komputer build up biasanya memberikan anda spesifikasi yang sudah ditentukan dan juga anda bahkan tidak dapat membersihkan debu didalam casing anda karena sticker garansi tertempel dimana-mana yang rentan dan mudah rusak.(jika rusak maka tidak akan ada garansi lagi.)
Estetika
PC build up biasanya datang dengan bentuk yang seragam dan mempunyai warna yang sama, sedangkan Pc rakitan anda bisa menentukan bentuk maupun warna yang anda suka , seperti pada casing bahkan anda bisa memilih bentuk aneh hingga yang futuristik pada komputer rakitan. Mungkin anda bilang itu bukan pertimbangan yang penting akan tetapi ini patut dipertimbangkan.
Siapa pembuat Pc terbaik?
Pc build up yang saya rasa lebih baik dari pengalaman , adalah DELL dan Gateway , IBM harga mereka patut dipertanyakan .
Untuk perusahaan komersil yang memerlukan pc dalam jumlah banyak , bisnis rumahan, atau bisnis kecil mungkin ada baiknya menggunakan pc build up karena support mereka yang baik dan kualitas yang baik, lagipula perusahaan mempunyai dana lebih banyak kan!
Pc rakitan toko komputer mempunyai nilai ekonomis dan hemat waktu dan mempunyai garansi yang cukup ok!, jika anda tidak mempunyai cukup kemampuan dalam merakit komputer saya tidak akan menyarankan anda untuk melakuknnya sebab anda mungkin akan membuang dana yang lebih banyak. Tetapi jika anda mempunyai skill untuk itu anda harus merakit sendiri untuk mencapai kepuasan anda sendiri.
Hardware/Perangkat keras
Mimpi setiap pengemar komputer adalah hardware yang teranyar dan terkini. Salah satu hal yang terbaik tentang PC adalah kemampuannya untuk ditingkatkan / di up grade nantinya. Anda dapat mengabungkan begitu banyak komponen sehingga tidak ada dua yang sama persis. Pada bagian ini , kita akan meneruskan diskusi yang spesifik untuk setiap komponen part. Kita akan membahas tentang, Motherboard, processor,RAM,harddisk,optical drive,monitor,video card,sound card,card jaringan,mouse dan keyboard.
Didalam artkel ini, kita diskusikan tentang langkah yang anda harus ikuti dalam merancang/merakit PC.
Bagaimana memilih Hardware (perangkat keras)
Dalam bagian ini kita bahas dengan jelas jenis hardware dan merknya. Bagaimapun juga, kita perlu tahu bagaimana anda melaukannya.Pertama-tama Anda harus memutuskan pada processor dan motherboard pada waktu yang bersamaan.Sekarang ini , hanya Intel dan AMD yang membuat processor. Jika anda sudah dapat memutuskan merk apa yang ingin anda gunakan , maka waktunya anda memilih motherboard. Sebuah motherboard akan menentukan komponen apa yang harus anda beli, Spesifikasi memori atau RAM , harddisk,dan semua card tambahan yang dapat diterima/kompatibel.Sekali anda sudah dapat menentukan processor da motherboard apa yang anda inginkan, anda dapat memilih semua komponen berdasarkan kemampuan motherboard anda. mudahkan!
Kesalahan yang biasa terjadi
Ketika merakit Pc, anda harus berhati-hati. Yang saya maksudkan berhati-hati bukan seperti anda harus memakai sarung tangan karet dan masker, tetapi pengertiannya adalah bagian dari komponen elektronic yang sangat sensitif.Semua komponen hardware akan disertai stiker peringatan bahaya listrik statis. ketika anda akan memasang komponen , pastikan anda tidah berhubungan dengan listrik statis. Kasus paling sering adalah ketika anda menyentuh benda yang mempunyai arus lisrik statis. Jika anda tidak mengerti maksud saya , peganglah plat besi kemudian sentuhkan kelantai atau tancapkan keoutlet listrik.Biasanya anda dapat memegang casing komputer.
Selalu pastikan semua komponen sudah terpasang dengan benar dan kencang pada tempatnya.Untuk Video card,sound card,card jarigan anda harus memastikan semua pin masuk kedalam slot pas pada tempatnya.Jika tidak pas bisa menyebabkan hal yang fatal pada sistem
Jangan pernah menghidupkan komputer tanpa Fan cooling processor yang harus terpasang pada processor anda.Processor modern mengharuskan fan processor terpasang pada tempatnya.
Pastikan anda membaca buku manual motherboard anda untuk memastikan anda mendapat segala sesuatunya dengan benar.Untungnya , semua konektor hanya dapat dipasangkan hanya pada satu pasangan yang sejenis.Hal ini membantu anda terhindar dari koneksi pada tempat yang salah yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem anda.pastikan anda untuk hal ini anda sudah melalukan dengan benar atau anda tidak akan dapat pernah menyalakan komputer anda nantinya!
Filsafat Hardware
Ini lebih dari pada pemikiran yang abstrak, tetapi pertimbangkan sajalah. Pembuat hardware ingin uang anda.mereka sangat menginginkannya.Mereka akan selalu menjual komponen terbaru mereka yang terbaru lebih baik dan efisien. Pada kebanyakan kasus ini, mereka benar. Tetapi itu tidak berarti bahwa komponen yang baru sepadan dengan harganya.Biasanya hardware akan melebihi pengembangan software kurang lebih satu tahun, anda tidak ingin selalu mendapatkan pesan error karena kurang efisiennya hardware untuk satu tahun ,iyakan!.Untuk 2th dan 3 th , anda akan selalu mendapatkan pesan yang sama bahkan lebih lagi.Bukan tidak mungkin masalah ini tidak akan pernah selesai.Lagi pula pada tahun ke4 anda sudah harus mengganti semua part/komponen yang ada. Jadi jika anda tetap berada selangkah dibelakang satu generasi tetapi anda dapat menghemat uang anda. Untuk jelasnya, generasi terbaru video card sekarang ini banyak keluaran ATI dan Nvidia yang mengharuskan ekspansi slot PCI-Express.Feature ini hanya ada pada motherboard yang terbaru yang mengsupport PCI-E. Jika anda ingin membeli sebagai perbandingan sistem generasi sebelumnya, anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Terkecuali anda menginginkan sistem tingkat tinggi sekarang, tidak ada ketidak harusan untuk membeli generasi yang terbaik dan terbaru.Untuk lebih jelasnya lagi daripada membeli ATI X800 XT dan motherborad yang punya slot PCI-express, yang dimana dapat berlari dengan jutaan rupiah uang anda ketika debu telah menempel, anda dapat membeli Ati Radeon 9800 pro dan motherboard yang hanya punya slot AGP dan lebih murah.
Motherboards
Memikirkan mengenai motherboard membuat kepala saya pusing. Saya dapat menuliskan beberapa halaman tentang PCI-e,LGA775,atau FSB.Tetapi saya berusaha tidak melakukannya.Saya tidak mempunyai kesabaran untuk menjelaskan secara detail satu-persatu.Masalahnya adalah pabrik motherboard membuat motherboard yang mempunyai jenis yang sangat banyak.
Saya hanya dapat menekankan kepada anda untuk mempelajari sebanyak mungkin mengenai spesifikasi dan kemampuan motherborad sebelum anda membelinya.Motherboard seperti namanya adalah kunci utama komponen dimana semua komponen bergantung kepadanya.Walau sangat erat berhubungan dengan processor (mereka biasanya dirancang untuk saling berhubungan), mptherboard akan mendikte karakter dari system anda sebab ini adalah salah satu komponen yang tidak bisa diup grade tanpa mengganti keseluruhan dengan motherboard yang baru.
Sebuah motherboard mempunyai perpanjangan slot, ports input, Ram slot,hard disk koneksi, dll. yang mengkoordinasi keseluruhan komponen.Untuk menjelaskan karakteristik motherboard adalah dari chipsetnya. Pastikan anda mengetahui benar chipset yang mana akan anda gunakan sebab ini akan menentukan jenis komponen yang akan anda dapatkan.
Untuk jelasnya, Chipset LGA775 untuk processor intel pentium 4 mengharuskan penggunaan processor baru yang tanpa pin. Pins terletak pada motherboard dan processornya hanya punya permukaan rata sebagai konektor padnya.LGA775 juga mengharuskan penggunaan video card PCI-express slot.Juga mengharuskan penggunaan power supply yang berbeda(24pin konektor power supply).Sedangkan motherboard chipset 478 mengharuskan penggunaan processor yang ada pin (berbentuk seperti jarum yang menonjol keluar), dan juga tidak support video card PCI-express.
Jadi ini adalah salah satu gambaran apa yang perlu anda tahu mengenai kemampuan motherboard anda , sebab anda tidak dapat asal menghubungkan antar komponen jika itu tidak kompatibel. AMD juga mempunyai sangat banyak jenis chipset yang kompatibel dengan processornya.
Untuk membuat hal yang lebih buruk lagi, Pabrikan motherboard akan meluncurkan banyak jenis motherboard dengan chipset yang sama, tetapi dengan jenis on-board yang berbeda.Sebagian besar perusaan motherboard menempatkan on-board video card,sound card,dan ethernet adapter pada motherboard mereka.Jika anda tidak memerlukan semua itu jangan memilih model yang seperti itu.
benar, motherboard adalah urusan yang sangat kacau. jadi saya habiskan disini saja. Ingatlah motherboard sangatlah penting, anda harus mempelajari dan teliti seblum membeli sebab motherboard adalah inti dari system anda.
Processors: Intel vs. AMD
Jika motherboard dalah jantung dari sistem anda, Central processing unit (CPU atau Processor) adalah otaknya. Memilih salah satunya saat ini adalah sangat rumit dibanding dulu. Saya ingat pada era 90 an ketika hanya 2 atau 3 clock speed dan hanya satu model yang dapat dipilih. Sekarang hanya ada dua pesaing yang tertinggal dipasaran, dan nyaris dengan ratusan processor yang berbeda (ketika anda mempertimbangkan model dan speed) sedikit pusing untuk menjabarkannya. Saya akan mengcover hal yang dasar pada artikel ini.
Apa namanya?
Intel dan AMD membuat processor yang mempunyai kelas yang sama, kurang lebih seperti pabrikan mobil.AMD lebih murah dari Intel, walaupun intel mempunyai pangsa pasar yang lebih besar.Hal yang tercepat untuk menilai processor adalah dari clock speednya. Ini dapat dijelaskan dengan sederhana dari operasi yang dapat dihandle perdetiknya (sebuah unit yang diketahui sebagai Hertz, ata Hz). Untuk jelasnya , 3.0 Ghz dapat menghandle 3 milliar operasi perdetik. Tentu saja, speed bukanlah satu-satunya spesifikasi. Cache onboard dan jenis socket adalah faktor definisi yang lain.Ukuran Cache onboard bervariasi antara 512kb dan 1 mb. 1mb biasanya lebih mahal tetapi performance lebih baik.Jenis socket menentukan motherboard yang mana dapat digunakan.Biasanya nama socket termasuk jumlah dari pin yang dipunyai processor.jelasnya, socket 939 mempunyai 939 pin.
Dimana hubungannya?
Ada satu masa dimana satu gigaherzt (1 ghz) processor adalah tidak terbayangkan, Tentu, sekarang adalah barang lama.Bagian terpenting sekarang adalah untuk disadari adalah processor dibedakan antara 2.0 dan 4.0 Ghz speed meningkat menjadi kurang penting.Perbedaan performance antar processor high-end adalah merknya, dan low end processor, hal ini tidak jauh berbeda lagi.Pada waktu yang bersamaan , faktor harga juga meningkat sangat tajam , dengan high end processor berharga sekitar 200 hingga 300 dollar lebih.Anda tidak perlu harus membeli processor yang tercepat.Lebih baik anda mencari motherboard dengan spesifikasi terbaru yang ada. andatidak memerlukan processor tercepat untuk bersenang-senang dengan komputer anda.
Intel
Intel sangat menikmati kesuksesan menjadi yang terfavorite dalam perang processor. Didalam komputer bisnis dan komputer pribadi processor mereka masih menjadi pilihan utama .Walau AMD sekarang menjadi yang terdepan.
Intel menawarkan 3 model dari processor Pentium 4. Model high-end dikenal sebagai Pentium 4 extreme edition.Harganya sangat mahal dan mengharuskan motherboard yang unik pada chipset baru dan socketnya.Model kedua p4 socket 478, untuk yang satu ini yang saya kira harga dengan performancenya yang paling masuk akal.Model terakhir adalah Intel Ekonomis yang dikenal dengan celeron. Intel selalu menyertakan clock speed pada nama model processor mereka.
AMD
Sebagian orang menyukai minoritas sebagai pilihan , untuk saat ini saya salah satunya.AMD telah membuat processor berkualitas dan dengan harga yang lebih murah dari Intel. Beberapa tahun yang lalu, perbedaan antara AMD dan Intel adalah signifikan. Kemudian, harga yang membuat perbedaan.Produk terbaru AMD Ahtlon 64 menawarkan 64 bit processor sebagai generasi selanjutnya dalam perprocessoran.Tentu, untuk saat ini belum ada program/software yang bertransisi dari 32bit ke 64bit, tapi mungkin tahun depan atau tahun depannya lagi, jadi pemilik Athlon 64 tidak perlu mengupgrade processormereka.Processor terbaru dari AMD adalah Athlon 64 FX , harganya lebih murah sekitar 200$ dibanding intel pentium 4 extreme edition. Untuk model satu tingkat dibawah adalah Athlon 64 yang harganya juga lebih murah dari P4 socket 478.Untuk kelas ekonomisnya adalah AMD Sempron.
Satu hal yang perlu anda catat adalah AMD untuk model processor mereka tidak menggambarkan clock speed mereka yang sebenarnya, anda harus teliti lebih dalam disini.Jelasnya , AMD Athlon 64 4000+ bukan 4.0 Ghz processor, tetapi clock speednya adalah 2.4 Ghz.
Jadi processor mana yang anda inginkan ? Intel memegang gelar sebagai raja,tetapi AMD Athlon 64 dengan cepat menyusul diatas P4.Saya tidak akan merekomendasikan high-end untuk kedua jenis merk, sebab harga yang mahal tidak akan menjamin peningkatan kerja yang signifikan.Terkecuali anda mempunyai uang yang berlebih.Untuk model ekonomi hanya untuk mereka yang tidak begitu serius tentang komputer.Jika anda tidak akan memainkan game ,render model 3D,merekam film/lagu, processor celeron atau sempron adalah sangat murah dan tepat.
Seperti kebanyakan pasaran dimana hanya ada beberapa pesaing, pasar processor lebih homogen didalam harga dan performance.Memilih processor sekarang ini tidak masalah asal memilih komponen yang tepat dan sesuai dengan kegunaannya.
Memory(RAM) dan pengaruhnya pada performance
Sudah dibuktikan bahwa menambah memory pada sistem komputer dapat meningkatkan kinerja komputer. Jika tidak terdapat cukup ruangan pada memory untuk semua informasi yang diperlukan CPU, komputer harus menyediakan yang diketahui sebagai Virtual memori file, didalam pengerjaannya , cpu atau processor menyediakan tempat pada harddisk sebagai pengganti cadangan RAM.Proses ini , ditunjuk sebagai "swapping", membuat sistem menjadi lambat.Pada komputer rata-rata, CPU membutuhkan kira-kira 200ns(nanoseconds) untuk mengakses RAM dibanding 12.000.000ns mengakses pada harddisk.Bila ditimbang dari segi perspektifnya ,ini setingkat dengan yang pada normalnya 3 1/2 menit pekerjaan harus menghabiskan 4 1/2 bulan untuk menyelesaikannya.
Mengapa memory Ram mempengaruhi performance komputer?
Pertama-tama, bicara secara teknik, memory Ram tidak memiliki pengaruh apapun juga pada performance processor komputer.Ram memori tidak memiliki tenaga untuk membuat processor berjalan lebih cepat, itu dia, Ram memori tidak meningkatkan proses performance processor.
Jadi , apa hubungan antara RAM memori dengan performance? ceritanya menjadi tidak sesederhana seperti apa yang ada kita butuh sedikit lebih penjelasan bagaimana komputer berkerja untuk anda mengerti hubungan antara ram memori dengan performance komputer.
Processor komputer mencari instruksi yang tersimpan didalam Ram memori dari komputer untuk dikerjakan.Jika instruksi2x itu tidak tersimpan pada memori , mereka akan dikirim dari harddisk (floppy,cd-rom,flash disk, system penyimpanan lainnya. ) ke Ram memori yang kita ketahui proses ini sebagai "Loading" program.
Jadi, semakin besar jumlah memori berarti semakin banyak instruksi yang tersimpan didalam memori , jadinya program yang besar bisa dikerjakan/Loading langsung.Semua operasi sistem sekarang berkerja dengan konsep multitask, dimana kita dapat menjalankan lebih dari satu program secara bersamaan.Anda dapat, sebagai contoh, bukalah word processor dan sebuah spreadsheet secara bersamaan kedalam Ram memori.Bagaimanapun juga , tergantung dari jumlah RAM memori yang anda punya pada komputer anda, ini bisa dilihat jika proses pada komputer anda lebih lambat atau seketika.
Pertama, jika anda ingin komputer loading sebuah program dan tidak pas kedalam ram memori sebab hanya sedikit memori yang terinstall atau sebab sudah penuh , operasi sistem akan menampilkan pesan seperti "Insufficiant memori" (tidak cukup memori).
Tetapi itu tidak akan terjadi sebab dengan feature sejak 386,mempunyai virtual memori.Dengan feauture yang sama, processor komputer membuat file yang disebut swap file, yang digunakan untuk menyimpan Ram memori data. Jadi ,jika anda mencoba untuk loading data yang tidak muat kedalam RAM, operasi sistem mengirimkan ke bagian swap file bagian dari program yang tersimpan didalam memori RAM tetapi tidak diakses, space bebas didalam Memori RAM dan mengijinkan program untuk di load.ketika anda mengakses bagian dari sistem komputer yang tersimpan didalam harddisk, proses kebalikannya terjadi , sistem yang tersimpan didalam bagian disk dari memori yang tidak terpakai pada saat itu dan mengirim balik isi memori itru kembali.
Permasalahannya adalah harddisk sistem mekanik, dan bukan elektronik.Ini berarti data yang ditransfer antar harddisk dan RAMmemorimenjadi semakin lambat dari pada data yang terkirim antara processor dengan RAM memori. UNtuk anda mendapatkan ide dari magnitude, Processor berkomunikasi dengan RAM memory tipikal pada transfer rate 800 MB/s (100 MHz bus), ketika harddisk transfer ratenya adalah 33MB/s, 66MB/s dan 100 MB/s, tergantung pada teknologi mereka (DMA/33,DMA/66 dan DMA/100)
Jadi, setiap komputer anda bertukar data dari memori ke swap file dari harddisk, anda dapat merasakan lebih lambat, sejak perubahan ini tidak seketika juga.
Ketika kita menginstall lebih RAM memory pada komputer, kemungkinan kekurangan RAM memory da n memiliki pertukaran data dengan harddisk swap file akan semakin kecil and anda akan merasakan komputer anda lebih cepat dari sebelumnya.
Untuk mendapat ide yang lebih jelas, katakanlah anda mempunyai komputer yang memiliki RAM 64mb dan semua program dibuka pada waktu bersamaan yang menyita 100MB.Ini berarti sistem itu memakai virtual memori , membuat pertukaran dengan harddisk.Bagaimanapun, jika pada komputer yang sama mempunyai 128mb, tidak akan diperlukan pertukaran data dengan harddisk (dengan program yang sama yang dibuka), membuat komputer itu lebih cepat.
Semakin banyak peralatan yang anda tambahkan pada komputer, atau semakin tinggi aplikasi yang anda gunakan , semakin banyak RAM yang anda perlukan untuk komputer anda berjalan lancar . virtual memori dan pengaruhnya pada performance ketika virtual memori membuat kemungkinan untuk komputer menjadi lebih mudah dalam menangani apllikasi yang besar dan rumit, dengan peralatan canggih apapun, hal ini datang dengan biaya. biaya didalam kasus ini satu dari performance- virtual memori operasi sistem mempunyai lebih banyak hal untuk dilakukan dari pada operasi sistem yang tidak mendukung virtual memori. ini berarti performance tidak akan lebih baik dengan virtual memori dari pada aplikasi yang sama dimana 100% memori-resident.
Hard disk
Saat ini anda tidak akan dapat melakukan apapun juga tanpa memiliki harddisk yang punya ukuran lumayan besar .Harddisk merupakan salah satu komponen terpenting pada sistem komputer yang mewakili sumber data.Harddisk adalah tempat dimana semua data anda tersimpan.Operasi sistem anda, semua program anda, music anda/film anda semua ada tersimpan didalam.
Pada masa sebelumnya jika memiliki harddisk 100mb sudah cukup besar,saat ini 100Gb adalah standard.Dengan pertimbangan rata-rata games adalah sekitar 700mb sampai 4 Gb ukurannya, mempunyai harddisk ukuran 80Gb adalah ide yang tepat.Tetapi tunggu dulu , ukuran bukanlah satu hal yang terpenting disini.Spec lainnya seperti RPM speed,buffer size, dan transfer rate menjelaskan bagaimana baiknya sebuah harddisk berjalan, berhubungan dengan seberapa besar ukurannya.Semakin tinggi RPM nya akan semakin cepat transfer data dan pencarian program/datanya. Kebanyakan harddisk sekarang ini adalah 7200RPM, tetapi masih ada yang lebih cepat lagi (tetapi lebih mahal).Ketika berbicara mengenai Buffer sizes dan transfer speed, mari kita pertimbangkan tiga standarisasi industri untuk PC.
IDE: Regular ATA Drive
Semua komputer datang dengan pendukung IDE drive biasa. Ini adalah harddisk yang umum dengan kabel flat ribbon data konektor. IDE drive datang dengan selera yang berbeda dari transfer rate.Spec yang menjelaskan IDE drive adlah UDMA rating dan buffer size.UDMA melist peringkat drive transfer speed.Kebanyakan motherboard modern dapat mensupport UDMA 133, dimana dapat menghandel 133 MB/s data transfer.Lebih jauh,buffer size untuk IDE drives 2MB atau 8 MB. Buffer size 8MB lebih kompetitif pada performance dan jika dibandingkan lebih murah.
S-ATA: Next Generation
Standard baru yang dikembangkan oleh 80 perusahaan pada serial-ATA drive, yang diketahui adalah SATA.Standard baru ini menjanjikan kemudahan dalam instalasi dan konfigurasi, dan dengan transfer rate up to 150 MB/s. Mempertimbangkan pada UDMA 133 drive dengan 8MB buffer juga mendekati spesifikasi sata ini , jadi tidak alasan untuk menggunakan SATA drive saat ini sebab anda tidak akan dapat menggabungkan kedua jenis harddisk ini didalam satu sistem.
IDE-RAID
Redundant Array of Indenpendent Disks (RAID) adalah standard lama yang dibuat untuk server agar dapat mengkoneksi banyak harddisk kecil menjadi satu tempat penyimpanan data yang besar.Transfer rate untuk RAID adalah sangat cepat sebab 2 atau lebih harddisk digunakan pada waktu yang bersamaan untuk operasi yang tepat sama. Jika anda ingin setup RAID, anda butuh membeli RAID kontrol.Harganya tidaklah sangat mahal saya kira, dan jika anda inginkan dua 120GB IDE drive ke RAID kontrol murah anda hanya perlu membayar tidak lebih dari $400. Bagaimanapun juga, saya sedikit bimbang mengapa anda perlu semua ini.Mempertimbangkan 160 GB hard disk dengan 8MB cache lebih murah 1/4 harga , mengapa anda membutuhkan kapasitas besar dan speed yang cepat?. Kecuali jika anda melakukan hal yang tidak biasa seperti ripping dan encoding film DVD, anda tidak akan membutuhkan itu semua.
Video Cards / VGA
Grafik adapter, atau video card, menjadi central fokus pada industri PC game sejak akselarasi 3D diluncurkan pertama kali pada pasaran tahun 90 an. Sejak game membuat transisi dari 2D sprites ke 3D maps dan model. Akselarasi 3D sesungguhnya dari card tambahan yang hanya berkerja dengan standard card 2D.Anda mengkonekkan output card 2D untuk input pada 3D akselarasi dan out put dari keduanya akan menuju kemonitor.
Saat ini, pasar video card 3D telah berubah pesat. Kedua card (2D&3D) telah menjadi satu card.Pasar Graphic card juga terbagi menjadi dua seperti pada pasar processor.Antaranya , Nvidia dan ATI adalah perusahaan graphic cards terbesar.Walau beberapa tahun yang lalu perbedaan mereka sangat besar, dengan generasi card terbaru mereka perbedaan menjadi minimal.
Terdapat banyak faktor yang membagi performance video card.Card modern adalah seperti komputer mini dengan Graphics processing unit (GPU) mereka sendiri.Kebanyakan card juga mengharuskan solusi pendinginan untuk mencegah kerusakan dari suhu panas.Clock kecepatan dari GPU membuat perbedaan besar pada performancenya.Model tingkat tinggi akan dapat secara umum di overclocked versi mainstream model dengan tambahan data pipelines.Spesifikasi yang lain adalah ukuran memori.Kebanyakan card sekarang adalah 128mb atau 256mb, ATI RadeonX800 dan Nvidia Geforce 6800, perbedaannya pada performance dan kualitas adalah sangat dekat dan itu tidak ada untungnya.
Pesan saya disini hanyalah memilih card yang tidak terlalu mahal middle end tetapi secara substansial murah.Anda akan menemukan ketika anda meneliti semakin kebawah harga turun hingga $600 sampai $300 sebelum anda dapat mengatakan "anisotropic filtering".
Berbicara mengenai ini, kebanyakan orang terkadang bingung mengenai apa itu anisotropic filtering dan full screen anti aliening itu. Disini terdapat dua kualitas utama setting yang dapat mempengaruhi dua hal yaitu kualitas dan performance.Tingkat yang makin tinggi pada settingan akan berakibat semakin hebat kualitas gambar, tetapi performance akan semakin buruk.
Anti-aliasing (FSAA)
Full screen anti aliasing (FSAA) adalah standard feature pada semua graphic card baru. Ini adalah perhitungan/computation yang membantu menghilangkan tepian yang pecah/patah pada objek 3D. Hal ini mungkin tidak penting untuk image yang static, tetapi hal ini akan jelas ketika anda mulai bergerak.FSAA pada level yang tinggi akan membuat jarak objek terlihat mulus dimana jika tanpa FSAA akan terlihat patah-patah dan kasar.
Anisotropic Filtering
Ini adalah feature yang rumit yang mana berhubungan dengan penglihatan kualitas texture pada jarak dan angle. Level tinggi pada anisotropic filtering membuat pemain melihat objek jarak jauh dengan terfokus tanpa kesan blur atau distorsi.Performance akan menurun dengan anda menggunakan anisotropic filtering jadi umumnya anda harus tetap mensetting pada level rendah untuk performance.
Yang mana harus dibeli?
Pada titik ini sangat sulit mengatakan card siapa yang lebih baik. Benchmark pada akhir-akhir ini menunjukan ATI dan Nvidia'a hight end card sepertinya mengindikasikan radeon X800 XT diluar performance oleh Geforce 6800 ultra pada hampir semua kategori.Tetapi, card-card itu dbandrol hingga $600 bahkan lebih dan akan tetap menjadi mahal dan hanya digunakan oleh beberapa persen orang saja. Pada model-model mainstream, standard x800 dan geforce 6800, performance dan kualitas setting hampir sama. Menyadari kebanyakan pemain game bahkan tidak mempedulikan bagaimana gambar terlihat (isi dari game harus lebih menarik) anda harus tetap berpegang untuk mempunyai card yang secara sederhana perform baik pada hal frames persecond (fps,bukan dibingungkan dengan First person shooter). Konsultasi pada benchmark online untuk melihat bagaiman spesific performance card pada games-games populer, dan hanya pilihlah yang sesuai dengan kategori performance.
Optical Storage: CD and DVD Drives
Pada waktu floppy disk hanya merupakan cara untuk memindahkan data .Sejalan program menjadi kian besar dan lebih komplek, keperluan untuk mass portable storage menjadi semakin dibutuhkan.Ketika CD-Rom diluncurkan pertama kali dipasaran, semuanya berubah.Anda dapat memindahkan data sekitar 600mb (atau sekitar 300 floppy disk) pada satu compact disk.
Pada mulanya CD_ROM drives sangat lambat. Mereka hanya berjalan pada 1x dan 2x normal speed pada audio cd player.Kebanyakan program hanya menggunakan 10% dari kapasitas CD-ROM.Perbedaan terbesar pada CD adalah anda tidak dapat menulis apapun padanya.
Tentu, dengan kapasitas baru datanglah ide kemungkinan. pada akhirnya, program datang dengan multiple CD.Orang mulai membutuhkan kemampuan untuk mengcopy CD dan back up data padanya.CD_R drive pertama ada pada akhir 90an dan mereka sungguh lambat.Saat ini CD-R/RW dapat menulis sebuah CD komplit hanya 2 menit pada 52X kecepatan originalnya.
Development terakhir dan tercanggih pada teknologi optical drive adalah DVD-RW drive. yang punya kemampuan untuk mengcopy sebuah piringan DVD dengan kecepatan 16X .
Monitor
Monitor komputer dimulai dengan Cathode Ray Tubes (CRT) yang sederhana berdasarkan pengembangan untuk pertelevisian.
Spesifikasi utama untuk monitor adalah ukuran screennya,resolusinya,warna,dan refresh rate kapasitasnya. Monitor modern adalah 17" diagonally, dan dapat berkerja up to 2048x1536 pada resolusinya, 16,7 juta warna (24-bit) pada refresh rate 100Hz. Ketika anda berusaha keras mencari graphic card yang dapat merender begitu banyak informasi pada 3D, atau monitor yang cukup besar untuk menampilkan dengan baik 2048 garis vertikal dan 1536 garis horisontal, hal ini masih dimungkinkan.Untuk memudahkan anda, menyadari bahwa monitor warna original,CGA, biasanya adalah 14" diagonally, dan mempunyai resolusi maksimum 320x200 di empat warna.Spesifikasi penting lainnya (tetapi biasanya terlewatkan) adalah dot pitch. Dot pitch adalah spasi antara pixel pada screen. Angka kecil yang menunjukan denser array pada pixels yang diterjemahkan kedetail yang lebih tinggi.
Monitor yang digunakan pada saat ini yang terbanyak adalah masih CRT. Permasalahan pada CRT kebanyakan adalah. Pertama, dengan meningkatnya ukuran screen, dengan begitu ukuran monitor menjadi lebih besar dan berat.Kedua, pancaran cahaya yang keras terhadap mata. Konsumsi listrik yang besar dan mengeluarkan hawa panas yang besar.
Komputer Laptop tidak pernah menggunakan screen CRT. Laptop selalu menggunakan display tipis yang mana biasanya sangat mahal.Liquid Crystal Display (LCD) adalah yang terpopuler untuk display warna yang tipis.Lainnya ,jenis yang lebih exotic display tipisnya berdasarkan pada Light Emitting Diodes(LED) dan plasma discharge teknologi.
Berdasarkan pada keuntungan dimanufacturing dan kualitas, LCD screen lambat tapi pasti mulai menggantikan CRT untuk PC desktop. Pelaku bisnis menemukan bahwa LCD menghemat tempat dan mengkonsumsi lebih sedikit listrik, juga lebih mudah untuk mata. Screen LCD adalah flat yang berarti distorsi dari image tidak ada lagi. Walaupun modern dekstop LCD screen masih mahal debanding monitor CRT, tetapi keuntungan yang anda dapatkan berharga.
Jika anda mampu screen LCD adalah pilihan yang terbaik. Mereka lebih kecil,ringan,mengkonsumsi tempat yang lebih kecil, dan mendisplay lebih banyak warna dan detail.Hal yang terhebat adalah, harganya akan turun seiring perusahaan LCD semakin fokus pada pasar PC.

0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP