Tuesday, May 13, 2014

Input data di excel menggunakan form


Microsoft Office Excel merupakan aplikasi atau software buatan Microsoft yang dapat kita gunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan sehari-hari kita. Fungsi Microsoft excel di gunakan untuk pengolahan data angka-angka. Pada Microsoft excel selain kita bisa mengolah angka-angka dengan melakukan penginputan manual, sebagian seseorang yang berkecimpung di dunia pemrograman ataupun orang yang sudah mengerti tentang computer memanfaatkan Microsoft office excel sebagai database program. Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan memberikan tutorial membuat sebuah form inputan pada Microsoft excel untuk mempermudah kita dalam melakukan penginputan data.
Simak langkah-langkah membuat form inputan berikut ini :
Buka jendela Microsoft office excel anda.
Pada jendela worksheet1 ketikkan field yang di perlukan contoh pada tutorial ini saya menggunakan field : Kd_Barang, Nama Barang, Satuan, Harga. perhatikan gambar di bawah ini :
Langkah selanjutnya ganti nama worksheet anda yang ada pada pojok kiri bawah dari worksheet1 menjadi data pada tutorial ini. Tapi kalau anda tergantung apa nama yang anda inginkan. Nama tersebut akan di gunakan untuk pemanggilan database pada listing programnya nanti.
Simpan file excel anda dengan Save as type : Excel Macro-Enabled Workbook dan tuliskan nama filenya.
Setelah anda simpan maka langkah selanjutnya klik menu tab view lalu pilih macro dan klik view macro sehingga muncul kotak dialog macro. Pada macro name ketikkan namanya, pada tutorial ini saya kasih nama barang lalu klik create.
Setelah anda klik tombol create maka muncul jendela program Microsoft visual basic. Pada jendela program tersebut  anda klik kanan pada VBA Project lalu klik menu insert lalu pilih User Form.
Langkah selanjutnya anda design rancangan interface seperti gambar di bawah ini.
Toolbox yang di gunakan pada design interface tersebut antara lain : Label, Texbox, Combobox, dan commandbutton. Selanjutnya pada masing-masing label anda ketikkan keterangan seperti di tutorial ini yaitu :
  1. Label1 di ganti menjadi  Kode Barang
  2. Label2 diganti menjadi  Nama Barang
  3. Label3 diganti menjadi  Satuan 
  4. Label4 diganti menjadi harga.
Langkah selanjutnya anda ganti name pada masing texbox dengan cara klik objek tersebut lalu lihat pada properties name dan ganti namenya.
  1. Textboxt1 diganti menjadi txtkode
  2. Textbox2 diganti menjadi txtbarang
  3. Combo1 diganti menjadi cmbsatuan
  4. Text4 diganti menjadi txtharga
Langkah selanjutnya masukkan listing program berikut ini untuk tombol simpan dengan cara double klick pada tombol simpan tersebut lalu paste kode program yang anda copy.
Untuk pengisian entry pada comboboxnya double klick pada form lalu ganti nama procedurenya menjadi activate lalu masukkan listing program di bawah ini.

Untuk tombol keluar double klik tombol keluar lalu masukkan kode berikut ini.

Double klik pada modul lalu masukkan listing proram berikut ini.

Langkah selanjutnya masuk lagi pada jendela excel anda lalu klik pada worksheet2. Buatlah sebuah shape dengan mengklik menu insert lalu pilih jenis shape yang anda inginkan sebagai tombol menu untuk menampilkan form.

Setelah anda selesai membuat sebuah tombol dari shape, langkah selanjutnya anda klik kanan pada shape tersebut lalu pilih menu Assign macro, pada macro name klik nama macro yang telah kita buat tadi lalu klik tombol OK.
Langkah selanjutnya anda klik pada tombol tersebut maka lihat hasilnya.
Sekian tutorial membuat sebuah form penginputan pada Microsoft office excel. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda serta dapat menambah wawasan.


http://haris-larva.blogspot.com/2014/01/input-data-pada-excel-menggunakan-form.html#ixzz31f59xGkD

0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP