Tuesday, April 16, 2013

Identifikasi Printer, Scanner, Mouse

Printer

Printer merupakan salah satu output periferal komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil pekerjaan Anda ke dalam bentuk cetakan di atas kertas. Sebelum dapat digunakan, software printer harus terlebih dahulu diinstal ke dalam sistem komputer. Berdasarkan operating sistem yang digunakan, beberapa printer ada telah tersedia sistem softwarenya pada operating system tetapi ada juga yang harus menggunakan tambahan CD installer dari luar sistem operasi. Merk-merk Printer diantaranya : HP, Epson, Canon

Jenis - jenis Printer

  • Dot Matrix Printers

Dot Matrix Printers, yang bekerja dengan cara hentakan. Jenis printer ini sebenarnya menghentakkan tinta diatas karbon untuk membentuk karakter di kertas. Printer ini banyak digunakan untuk mencetak slip gaji dan wartel. Printer jenis ini kebanyakan menggunakan port serial.
Cara kerja printer ini yaitu :
Didalam kepala printer (printhead) berisi beberapa pin yang bergerak dari kiri ke kanan kertas dalam satu baris untuk waktu tertentu. Semakin banyak pin yang terdapat pada kepala printer maka hasil cetakan semakin bagus yang diberinama Near Letter Quality (NLQ). Adapun jumlah pin yang terdapat pada dot matrix, yaitu : 9-pin, 24- pin, 48-pin. Kecepatan untuk dot matrix printer dalam pencetakan disebut characters per second (cps). 
  • Inkjet Printers

Jenis printer ini sering digunakan untuk pencetakan dalam jumlah yang sedikit dan tidak mengutamakan kecepatan, seperti mencetak surat di perkantoran dan di rumah.
Printer jenis ini bekerja dengan cara menyemprotkan cairan tinta ke kertas. Printhead printer inkjet diberi nama piezoelectric printheads. Kualitas hasil printer diukur dengan dots per inch (dpi) dan kecepatan mencetaknya diukur dengan pages per minute (ppm).
  • Laser Printers

Jenis Printer ini menghasilkan cetakan yang baik dengan kecepatan tinggi. Printer ini didesain untuk memberikan hasil yang bagus dalam pencetakan grafik dan photo.
Printer jenis ini mempunyai 6 langkah kerja, yaitu :
  1. Cleaning, yaitu : Ketika tulisan telah dicetak keatas kertas dan drum terangkat keatas untuk membersihkan toner yang tersisa dari drum
  2. Conditioning, yaitu : Membersihkan tulisan yang tersembunyi dari drum untuk menerima tulisan berikutnya
  3. Writing, yaitu : menulis tulisan dari drum ke kertas menggunakan sinar laser
  4. Developing, yaitu : meletakkan tulisan tersembunyi ke dalam drum
  5. Transferring, yaitu : menempelkan toner kedalam tulisan tersembunyi dalam drum untuk dikirim ke kertas.
  6. Fusing, yaitu : untuk memanasi toner yang diletakkan pada kertas agar melekat dengan kuat.

Identifikasi Scanner

Scanner (Pemindai)

Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya hampir mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotokopi hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi lebih bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, document dan gambar.
Scanner merupakan periferal komputer yang berguna untuk memindai (men-scan) gambar atau dokumen dalam bentuk teks di atas kertas kedalam dokumen komputer atau file komputer.

Jenis - Jenis Scanner

  • Flatbed

Scanner ini cara kerjanya seperti mesi fotokopi dimana image atau data yang akan dipindai diletakkan diatas kaca scanner, kemudian ditutup. Scanner ini banyak digunakan pada perkantoran.
  • Handy

Scanner ini kecil dan dapat digenggam dengan tangan sehingga penggunaanya sangat praktis, kita tinggal memilih teks atau image yang akan dipindai. Scanner ini banyak digunakan oleh super
market untuk menscan harga barang atau barcode.
  • Desktop

Scanner ini bentuknya menyerupai mesin fax. Sumber image ditarik kedalam mesin dan kemudian dikeluarkan lagi.
 
 

Identifikasi Mouse

Mouse

Mouse adalah alat input pada satu unit komputer yang digunakan untuk menempatkan Insertion Point / Cursor dengan cepat pada teks atau naskah. Selain itu, mouse digunakan juga untuk memilih icon-icon dalam  menjalankan perintah-perintah tertentu.
Mouse pointer adalah anak panah pada monitor yang dapat digerakan dengan menggeser mouse. Dengan menggerakan mouse kita dapat memindahkan penunjuk mouse (mouse pointer pada tempat yang kita inginkan.

Jenis-jenis mouse

  • Menurut Alat Penggeraknya
    • Mechanical Mouse

Mechanical mouse merupakan jenis mouse yang menggunakan bola di bagian bawahnya. umumnya digunakan dengan cara menggeser mouse pada permukaan yang rata atau mouse pad. Penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan "mouse" dapat digerakan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di bagian dasar mouse, maka akan terlihat 2 pengendali. Pengendali-pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah horizontal, yang satunya lagi vertikal. Jika kita hanya menggerakan pengendali horizontal, maka penunjuk hanya akan bergerak ke arah horizontal saja pada layar monitor komputer. dan juga sebaliknya jika penunjuk vertikal yang digerakan, maka penunjuk (pointer) hanya akan bergerak secara vertikal saja pada layar monitor komputer. Jika keduanya kita gerakan maka gerakan pointer akan menjadi diagonal. jika bola kecil dimasukkan kembali, maka bola itu akan menyentuh dan menggerakan kedua pengendali gerak tersebut sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan. Mouse mechanical ini sekarang sudah jarang terdapat di pasaran.
    • Optical Mouse

Merupakan jenis mouse yang menggunakan sebuah light emitting diodes (LED) yang berfungsi seperti alat potret yang terus menerus memotret ke arah permukaan meja (mouse pad). Mouse ini tidak bisa diletakkan di tempat yang transparan karena menggunakan cahaya. 

  • Menurut Port yang digunakan
    • Mouse Serial

Mouse serial merupakan mouse yang portnya menggunakan port serial. Mouse jenis ini adalah mouse yang tergolong jenis lama dan mungkin sudah tidak diproduksi lagi.
    • Mouse PS/2

Mouse ini menggunakan port PS/2 persis seperti port PS/2 pada keyboard. Namun port PS/2 untuk mouse berwarna hijau sedangkan untuk keyboard berwarna ungu.
    • Mouse Wireless

Mouse ini menggunakan sinyal bluetooth dari bluetooth device yang tertancap pada PC, kemudian diterima oleh mouse.
    • Mouse USB

Mouse yang sekarang paling banyak dan paling lazim digunakan untuk saat ini. Mouse ini mempunyai ujung port yang berbentuk USB.
 
 

0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP