Sunday, April 14, 2013

CPU (Central Processing Unit)

CPU atau Central Processing Unit merupakan komponen terpenting dari sistem komputer. CPU sendiri tersusun atas beberapa komponen utama, antara lain Arithmetic and Logic Unit (ALU), Control Unit (CU), register, dan CPU interconnections.
ALU merupakan komponen yang bertugas membentuk fungsi-fungsi pengolahan data komputer dan mengerjakan instruksi-instruksi bahasa mesin yang diberikan kepadanya. Control unit bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keseluruhan mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antarkomponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. Register merupakan media penyimpanan (memori) sementara yang berada di dalam (internal) CPU yang digunakan saat proses pengolahan data. Sedangkan CPU interconnections merupakan sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal dan bus-bus eksternal CPU.
Gambar di bawah ini merupakan bentuk CPU yang telah disederhanakan, yang menggambarkan koneksinya dengan bagian-bagian sistem lainnya melalui bus sistem.
Gb. 1. CPU dengan sistem busnya
Sedangkan gambar di bawah ini merupakan gambaran CPU secara lebih detail. Di sini lintasan perpindahan data dan kontrol logika dgambarkan.
Gb. 2. Struktur internal CPU
Syarat-syarat atau hal-hal yang perlu dilakukan oleh CPU antara lain :
  1. Fetch Instruction (mengambil instruksi) : CPU harus membaca instruksi dari memori.
  2. Interpret Instructon (menerjemahkan instruksi) : instruksi harus didekode untuk menentukan aksi apa yang diperlukan.
  3. Fetch Data (mengambil data) : eksekusi suatu instruksi mungkin memerlukan pembacaan data dari memori atau modul I/O.
  4. Process Data (mengolah data) : eksekusi suatu instruksi mungkin memerlukan operasi aritmetika atau logika terhadap data.
  5. Write Data (menulis data) : hasil eksekusi mungkin memerlukan penulisan data ke memori atau modul I/O (Stallings, 1997).
Fungsi CPU adalah CPU sebagai komponen utama dalam sebuah komputer berfungsi menjalankan program-program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi-instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu per satu sesuai dengan alur perintah. Proses eksekusi program sendiri dilakukan dengan mengambil pengolahan instruksi yang terdiri dari dua langkah, yaitu operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi (execute).


0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP