Tuesday, April 22, 2014

GERBANG LOGIKA

A. Pengertian
    
    Gerbang logika merupakan dasar pembentukan sistem digital. Gerbang logika beroperasi dengan bilangan Biner, sehingga disebut juga gerbang Logika Biner. Tegangan yang digunakan dalam gerbang logika adalah TINGGI atau RENDAH. Tegangan tinggi berarti "1", sedangkan tegangan rendah berarti "0". Gerbang Logika adalah komponen yang bekerja dengan bilangan "1" dan "0".
"1" memiliki makna hidup atau menyala secara listrik = 2,4 V – 5 V
"0" memiliki makna mati atau padam secara listrik = 0 V – 0,8 V.

 
B. Macam-Macam Gerbang Logika
  1. Gerbang NOT (Inverter)
       Merupakan gerbang logika yang memiliki satu input dan satu output. Gerbang ini disebut juga dengan gerbang pembalik. Maksudnya saat kita beri tegangan tinggi "1" maka outputnya akan berharga "0". Dan saat kita berikan tegangan rendah "0" maka outputnya akan berharga "1". Gerbang NOT memakai IC SN 7404.
Simbol :
 
Tabel Kebenaran :
In
A
Out
B
0
1
1
0
Gambar Rangkaian :
 Kesimpulan :
" Jika Inputnya '1' maka outputnya '0' (padam). Sedangkan jika Inputnya '0' maka outpunya '1'(nyala)." 


       2. Gerbang AND
 
       Gerbang AND merupakan sebuah gerbang logika yang memihak pada bilangan "0", karena apabila terdapat salah satu atau kedua bilangannya "0" maka hasilnya akan "0" (padam). Gerbang AND memiliki 2 buah input atau lebih, sedangkan outputnya hanya satu. Pada gerbang AND menggunakan IC SN 7408.
Simbol :
 Tabel Kebenaran :

In
Out
A
B
Z
0
0
0
0
1
0
1
0
0
1
1
1
Sifatnya Z = A . B 

Gambar Rangkaian :

Kesimpulan :
"Jika salah satu inputnya atau keduanya berharga '0' maka outpunya juga '0' (padam). Dan jika kedua Inputnya berharga '1' maka outputnya juga berharga '1' (nyala)."


       3. Gerbang OR
 
         Gerbang OR merupakan gerbang logika yang memihak pada bilangan "1". Karena saat salah satu atau kedua bilangannya "1" maka hasilnya akan bernilai "1" (Nyala), sedangkan jika keduanya bernilai "0" maka hasilnya akan bernilai "0" (padam). Gerbang OR memiliki 2 buah atau lebih dan 1 output. Untuk membuat gerbang OR kita memakai IC SN 7432.
Simbol : 
Tabel Kebenaran :
In
Out
A
B
Z
0
0
0
0
1
1
1
0
1
1
1
1
Sifatnya Z = A + B

Gambar Rangkaian :


Kesimpulan :
"Jika salah satu inputnya atau keduanya berharga '1' maka outputnya akan berharga '1' (nyala). Dan jika kedua inputnya berharga '0' maka outputnya juga '0' (padam)."

 
     4. Gerbang NAND
 
         Gerbang logika NAND merupakan kebalikan dari gerbang AND. Akan bernilai "1" (nyala) ketika kedua inputnya "0". Gerbang ini memiliki 2 buah input atau lebih dan satu buah output. Gerbang NAND juga merupakan modifikasi yang dilakukan pada gerbang AND dengan menambahkan gerbang NOT di dalam prosesnya. Untuk membuat gerbang NAND kita menggunakan IC SN 7400.
Simbol :
 
Tabel Kebenaran :
In
Out
A
B
Z
0
0
1
0
1
1
1
0
1
1
1
0
Gambar Rangkaian :
Kesimpulan :
"Jika salah satu inputnya atau keduanya berharga '0' maka outputnya akan berharga '1' (nyala). Dan jika kedua inputnya berharga '1' maka outputnya akan berharga '0' (padam)."

 
        5. Gerbang NOR
 
         Gerbang NOR atau NOT-OR juga merupakan kebalikan dari gerbang logika OR. Semua input atau salah satu input bernilai "1", maka outputnya akan bernilai "0". Jika kedua inputnya bernilai "0", maka outputnya akan bernilai "1". Gerbang NOR menggunakan IC SN 7402.
Simbol :
Tabel Kebenaran :
In
Out
A
B
Z
0
0
1
0
1
0
1
0
0
1
1
0
Gambar Rangkaian :
Kesimpulan :
"Jika salah satu inputnya atau keduanya berharga '1' maka outputnya akan berharga '0' (padam). Sedangkan jika kedua inputnya berharga '0' maka outputnya akan berharga '1' (nyala)."


     6. Gerbang EXCLUSIVE – OR
 
     Gerbang X-OR merupakan singkatan dari kata Exclusive-OR. Sesuai namanya, gerbang logika ini merupakan versi modifikasi dari gerbang OR. Jika pada gerbang OR Anda akan mendapatkan hasil output yang serba "1" jika salah satu input atau keduanya bernilai "1". Gerbang X-OR akan bernilai "1" (nyala) jika salah satu inputnya bernilai "1". Sedangkan jika inputnya sama maka akan bernilai "0". Gerbang EXCLUSIVE–OR menggunakan IC SN 7486.
Simbol :
 Tabel Kebenaran :
In
Out
A
B
Z
0
0
0
0
1
1
1
0
1
1
1
0
 Gambar Rangkaian :
 Kesimpulan :
"Jika kedua inputnya berharga sama maka outputnya akan berharga '0' (padam). Sedangkan jika kedua inputnya berlainan maka outputnya akan berharga '1' (nyala)".

 
        7. Gerbang EXCLUSIVE – NOR
 
         Gerbang X-NOR atau Exclusive NOR ini mungkin tidak terlalu sering terdengar, namun aplikasinya cukup lumayan penting juga. Gerbang logika X-NOR memiliki kerja kebalikan dari X-OR. Jika pada gerbang logika X-NOR terdapat dua input yang sama, maka gerbang X-NOR akan mendapatkan hasil output bernilai "1". Namun jika salah satunya saja bebeda, maka nilai outputnya pasti bernilai "0". Gerbang ini menggunakan IC TTL 74266.
Simbol :
Tabel Kebenaran :

In
Out
A
B
Z
0 0 1
0 1 0
1 0 0
1 1 1
  
Gambar Rangkaian :
 Kesimpulan :
"Jika kedua Inputnya berharga sama maka outputnya akan berharga '1' (nyala). Sedangkan jika kedua inputnya berlainan maka outputnya akan berharga '0' maka outputnya akan berharga '0' (padam)".
 
 
Referensi :
         Panahatan, Drs. 2009. THEORY AND PRACTICE OF LOGIC CIRCUIT (Diktat Kuliah). Medan : Universitas Negeri Medan
          Organisasi dan Arsitektur Komputer by Yulisdin Mukhlis, ST., MT. PRINSIP DAN PERANCANGAN RANGKAIAN LOGIKA 
www.google.com 
 
 

0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP