Thursday, July 2, 2009

Bagian 4 : Istilah Komputer

Partition atau partisi adalah bagian dari hard disk yang berfungsi sebagai unit terpisah. Sebuah hard disk dapat dibagi menjadi beberapa partisi. Masing-masing partisi berfungsi sebagai drive yang terpisah dan memiliki volume nama (misalnya di Windows bernama D:, E:, F:, dan sebagainya).
Tujuan pemartisian hard disk adalah untuk membuat ruang penyimpanan komputer menjadi lebih efisien. Dengan membagi ruangan sebuah hard disk, maka data dan sistem operasi dapat dipisahkan, sehingga penanganan kesalahan sistem operasi dan backup data menjadi lebih mudah. Dengan mempartisi sebuah hard disk, maka dalam satu komputer juga dapat diinstal beberapa sistem operasi yang berlainan (misalnya Windows dan Linux).
Ping adalah sebuah program yang membalas permintaan dari komputer lain melalui jaringan untuk melihat apakah sebuah komputer masih merespon. Jika ping mendapatkan balasan, berarti komputer yang dituju masih hidup atau terhubung. Ping dilakukan dengan jalan mengirimkan data dalam ukuran kecil.
Ping lazim digunakan untuk memeriksa koneksi antar komputer di dalam jaringan atau di internet. Sebagai contoh, Anda dapat melakukan ping ke sebuah komputer dengan cara menjalankan Start > Run dan mengisikan baris perintah berikut: ping namadomain.com atau ping nomor-ip. Misalnya ping smitdev.com atau ping 68.180.206.184 (ini contoh IP Yahoo.com). Jika Anda terkoneksi, maka akan muncul baris Reply from ..., jika koneksi lambat maka akan muncul Timeout, dan jika tidak terkoneksi maka akan muncul pesan Destination host unreachable.
Podcasting
Salah satu bentuk penyiaran melalui Internet. Nama podcasting berasal dari kombinasi istilah iPod dan broadcasting. iPod merupakan player audio digital buatan Apple yang sangat populer, namun podcasting sendiri tidak mengharuskan pemakaian iPod dalam pemanfaatannya.
PDF merupakan teknologi pemformatan dokumen yang dikembangkan oleh Adobe. Tujuan pengembangan PDF adalah agar tampilan sebuah dokumen dapat dilihat dan dicetak dalam berbagai sistem operasi komputer secara konsisten atau sama. Hal ini berbeda dengan berbagai jenis file dokumen lain yang tidak bisa dibaca di sistem operasi lain, atau dapat dibaca namun mengalami perubahan layout.
File PDF (*.pdf) saat ini sangat populer, terutama digunakan dalam pertukaran dokumen di internet. Untuk membaca dokumen PDF, digunakan software PDF Reader. Dewasa ini banyak tersedia PDF Reader, salah satunya adalah Adobe Acrobat Reader yang disediakan secara gratis oleh Adobe. Contoh bentuk file PDF adalah Buletin Gratis yang disediakan SmitDev.


Queue
Serangkaian antrian tugas yang menunggu untuk diproses, misalnya pada proses pencetakan.
Redirect
Proses pengalihan otomatis lokasi situs Internet yang dituju pengunjung. Lokasi pengalihan dapat menuju ke sebuah sub direktori, lokasi situs lain, atau bagian tertentu pada halaman web.

Registry merupakan basis data yang dipakai sistem operasi Windows untuk meyimpan informasi tentang konfigurasi hardware, software, dan pengaturan-pengaturan pengguna. Registry terdiri dari 2 bagian, yaitu Key dan Value. Key menyerupai folder, digunakan untuk mewadahi value dan sub key. Value adalah nilai nama atau data yang tersimpan di dalam key. Susunan alamat sebuah key misalnya sebagai berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows.
Registry dapat diedit secara manual, yaitu dengan program regedit.exe atau regedt32.exe yang ada di folder Windows. Biasanya pengaksesan secara cepat dilakukan dengan menjalankan perintah regedit.exe melalui kotak Run (Start menu > Run).
Tujuan pengeditan registry sangat beragam, mulai dari keperluan untuk mempercepat proses tertentu hingga untuk membersihkan virus yang membandel. Pengubahan registry harus dilakukan secara hati-hati, karena kesalahan pengeditan dapat menyebabkan gangguan dan kerusakan pada sistem. Untuk lebih amannya, backup registry sebelum mengubah nilainya, atau gunakan tool untuk kebutuhan pengeditan registry.
RGB merupakan komposisi warna dari kombinasi tiga warna primer/aditif, yaitu merah, hijau, dan biru. Gabungan antara warna merah dan biru akan menghasilkan warna magenta. Gabungan warna merah dan hijau akan menghasilkan warna kuning. Gabungan warna biru dan hijau akan menghasilkan warna cyan. Gabungan ketiganya akan menghasilkan warna hitam. Warna yang dihasilkan dari kombinasi ketiga warna primer disebut warna sekunder/substraktif. Model RGB sering digunakan pada alat perekam visual seperti scanners, kamera digital, televisi, monitor, dan proyektor.

Rich Site Summary / Really Simple Syndication (RSS)
Dokumen web berbasis bahasa pemrograman XML yang digunakan untuk menampilkan informasi di web dalam format khusus agar dapat dipertukarkan dan diakses melalui aplikasi news reader atau web browser yang support. RSS juga memungkinkan konten sebuah website atau blog untuk di-relay dan ditampilkan secara periodik oleh website lain, contohnya layanan Feed Syndication IndoFeed. RSS memungkinkan Anda untuk memantau informasi secara cepat pada blog, situs berita, dan situs web lainnya yang sering memperbarui kontennya secara rutin. Sebagai contoh, berikut ini adalah RSS Feed SmitDev.

Rollover image adalah gambar pada halaman web yang dapat berubah-ubah tampilannya sebagai reaksi atas pergerakan pointer mouse. Rollover image berbeda dengan animasi. Rollover image tersusun atas dua gambar berukuran sama. Gambar pertama tampil sebagai gambar default pada halaman web. Gambar kedua akan tampil setelah pointer mouse diarahkan pada area gambar pertama. Rollover image umumnya digunakan untuk menyajikan tombol pada halaman web.
Pembuatan rollover image dapat dilakukan melalui beberapa cara, misalnya melalui CSS dan menggunakan JavaScript. Program aplikasi desain web semacam Dreamweaver juga menyediakan fitur pembuatan rollover image. Tampilan ikon menu di bagian atas halaman SmitDev ini merupakan contoh teknik rollover image.

0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP