Thursday, July 9, 2009

Bagian 5: Istilah Komputer

Social Networking merupakan sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai komunitas online bagi orang yang memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan pada bidang tertentu, atau kesamaan latar balakang tertentu. Social networking lazim disebut sebagai jaringan pertemanan.
Layanan social network biasanya berbasis web, dilengkapi dengan beragam fitur bagi penggunanya agar dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi. Contoh situs social networking yang populer dewasa ini antara lain Facebook dan Friendster.
Social bookmarking merupakan sebuah layanan web yang disediakan bagi pengguna internet untuk menyimpan, mengelola, mencari, dan mempublikasikan kembali alamat-alamat halaman web yang ditemuinya. Berbeda dengan fitur Bookmark / Favorites pada web browser yang dapat dipakai menyimpan daftar alamat web di komputer lokal pengguna, Social Bookmarking memungkinkan penyimpanan daftar halaman web secara online. Layanan social bookmarking umumnya memungkinkan penggunanya untuk memberikan informasi tambahan seperti komentar, tag atau kategori, dan deskripsi singkat mengenai halaman web yang ditandai.
Dewasa ini juga telah berkembang metode yang memungkinkan halaman-halaman web yang telah di-bookmark oleh seorang pengguna untuk diberi penilaian oleh pengguna lainnya (berupa voting), yang menunjukkan tingkat kepopuleran sebuah alamat halaman web di layanan bookmark tersebut. Contoh situs layanan Social Bookmarking adalah DIGG, Yahoo! Buzz, dan IndoFeed.
Search Engine Optimization (SEO)
Teknik pembuatan dan peningkatan performa sebuah website agar memperoleh ranking tinggi di mesin pencarian, dan mempermudah calon konsumen atau pelanggan untuk menemukan website tersebut. SEO menggunakan berbagai teknik agar website memperoleh ranking yang lebih tinggi di hasil pencarian search engine. Semakin tinggi rankingnya semakin mudah sebuah situs web ditemukan.

Search Engine Results Pages (SERPs) adalah halaman hasil pencarian, berupa daftar urutan link dan informasi singkat mengenai website-website yang ditemukan. Contohnya adalah halaman yang ditampilkan Google setelah Anda menjalankan perintah pencarian dengan kata kunci tertentu.

Secure Sockets Layer (SSL)
Protokol bagi pengiriman dokumen personal secara aman melalui internet. SSL bekerja dengan memanfaatkan kunci personal untuk menyandikan data yang dikirim. Protokol web terlindung ini didesain untuk memastikan informasi para pemegang kartu kredit tetap aman saat melakukan transaksi pemesanan di internet.

Software adalah piranti lunak atau perangkat lunak yang berupa sekumpulan prosedur untuk menjalankan tugas tertentu di dalam perangkat komputer atau perangkat teknologi lain. Software menjadi salah satu unsur penting dalam sebuah komputer atau perangkat teknologi lain. Software dapat berupa sistem operasi atau program komputer dengan kegunaan tertentu. Baca juga definisi Hardware.

Spider
Program robot komputer, sering disebut dengan istilah crawler atau bot. Digunakan search engine untuk menjelajah web, mengunjungi situs-situs internet dan databasenya, dan memperbaharui database halaman web-halaman web di search engine. Spider mengumpulkan halaman baru, memperbaharui halaman yang telah terdata, atau menghapus halaman yang sudah kedaluarsa.


Spyware
Sesuai dengan namanya, spyware merupakan software yang dibuat untuk memata-matai komputer penggunanya. Spyware biasanya mengumpulkan informasi tentang kebiasaan browsing, pesan email, username dan password, serta hal-hal senada di komputer pengguna. Data tersebut kemudian dikirimkan ke tujuan tertentu melalui internet. Spyware dapat bersemayam di sebuah komputer karena beberapa sebab, antara lain karena pengguna mengeksekusi file attachment tertentu yang dilampirkan di sebuah email, atau menginstal software lain yang mengandung installer spyware.
Untuk mengantisipasi kehadiran spyware, instal program dari sumber terpercaya dan berhati-hati dalam mengeksekusi sebuah file program di attachment email. Untuk membersihkan spyware dari komputer, dapat digunakan software-software pembasmi spyware yang lazim disebut antispyware, misalnya Ad-Aware, Spyware Blaster, atau Spyware Doctor. Alternatif lain adalah dengan menggunakan Anti Virus yang memiliki fitur antispyware, misalnya Free AVG.

SQL merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman yang digunakan untuk menyusun query database, melakukan pembaharuan, dan tugas-tugas pengelolaan lain yang berkaitan dengan database. SQL bukan sebuah bahasa pemrograman kompleks yang bisa membuat aplikasi sendiri, namun cukup andal untuk menciptakan fungsi interaktif di dalam program database lain. Contoh program database populer yang mendukung pemakaian SQL antara lain Microsoft SQL Server dan MySQL. Contoh penerapannya, Daftar Istilah SmitDev ini dapat ditampilkan karena adanya perintah SQL di dalam aplikasi web SmitDev.

Submission dalam dunia SEO adalah proses mendaftarkan URL ke search engine. Tujuannya agar URL website yang didaftarkan dapat disertakan dalam indeks search engine-search engine terkemuka. Pendaftaran dapat dilakukan sendiri oleh sang pemilik website, atau memanfaatkan jasa pihak ketiga. Banyak layanan online yang menawarkan jasa pendaftaran URL. Ada dua model, yaitu paid submission (berbayar) dan free submission (gratis).

Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP)
Serangkaian protokol atau tata-aturan yang menjadi ketetapan standar Internet. Awalnya didesain bagi sistem operasi UNIX, namun sekarang software TCP/IP telah disertakan di setiap sistem operasi terkemuka. Agar dapat terhubung ke Internet, sebuah komputer harus memiliki software TCP/IP.

Tweak adalah aktivitas seseorang yang melakukan sedikit perubahan untuk meningkatkan performa sebuah hardware atau software. Aktivitas ini bisa diibaratkan melakukan fine tuning sebuah produk agar memberikan kinerja yang terbaik sesuai harapan orang tersebut.
Aktivitas tweak dewasa ini paling populer di dunia merakit PC. Tujuan umumnya adalah meningkatkan performa PC agar sedikit melebihi batas standar kemampuannya. Tweak juga banyak dilakukan pada sisi perangkat lunak, misalnya agar koneksi internet dapat melaju lebih cepat dari kecepatan yang biasa diperoleh sang pengguna internet.

Troubleshooting merupakan cara menyelesaikan masalah pada sistem komputer atau piranti teknologi lain menggunakan metode yang sistematik. Pendekatannya adalah menemukan sumber permasalahan atau kesalahan agar nantinya dapat diperbaiki. Troubleshooting sering disalahartikan sebagai masalah itu sendiri, bukan metode penyelesaian masalahnya.
Ada beragam jenis permasalahan komputer dan troubleshootingnya, baik pada sisi hardware maupun software. Misalnya saat komputer dihidupkan, ternyata layar monitor tidak menyala. Troubleshootingnya adalah menemukan penyebab monitor tidak menyala, apakah karena kerusakan hardware, kesalahan sistem operasi, atau lainnya. Pemeriksaan kesalahan yang dilakukan misalnya memeriksa sumberdaya monitor, memastikan kartu VGA tidak kendor, memeriksa kabel VGA, atau membooting komputer melalui save mode. Perbaikan yang perlu dilakukan tergantung pada jenis kesalahan yang ditemukan, misalnya cukup dengan mengencangkan posisi kartu VGA dan kabel, atau harus mengganti salah satu komponen monitor yang rusak.

0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP