Thursday, June 11, 2009

Mengenal Regedit Komputer

Registry Windows merupakan satu set file yangbe risikan database informasi dan dipakai untuk membatu Windows dalam melakukan pengontrolan perangkat keras, perangkat lunak, lingkungan pemakai dan interface. Registry juga dikembangkan sebagai suatu file referensi untuk asosiasi file data ke aplikasi. Sebenamya terdapat beberapa buah file yang digunakan untuk mengatur konfigurasi Windows seperti Win.ini, System.ini, Boot.ini dan sebagai nya. Tetapi karena keterbatasan file-file tersebut dalam melakukan manipulasi, dibuatlah data-base dan terregistrasi secara OLE dan beberapa file INI untuk dapat melakukan pengaturan system secara lebih lengkap.
Untuk menjalankan Registry, gunakan [Start > Run…] ketik [Regedit] lalu [Ok]

Terdapat lima pengelompokan registry seperti berikut:
• HKEY_CLASSES_ROOT
Merupakan tempat penyimpanan asosiasi file dan tempat dimana Windows akan mencari folder khusus yang bertipe Classes sebagai kelas-kelas yang dipakai sistem operasi secara global.
• HKEY_LOCAL_MACHINE.
Bagian ini menyimpan setting global (non user spesific) dari komputer yang sedang digunakan. Setting ini berhubungan dengan perangkat keras, perangkat lunak dan perangkat komunikasi. Contoh proses yang bisa dilakukan pada bagian ini misalnya pengaturan startup program, loading driver-driver hardware, remote connection, DNS Client, manajemen memory dan sebagainya.
• HKEY_CURRENT_USER.
Bagian ini merupakan penyimpanan setting personal untuksetiap user yang menggunakan komputer. Beberapa yang bisa dilakukan pada bagian ini misalnya untuk melakukan pengaturan menu, desktop, kualitas warna, wallpaper, taskbar dan sebagainya.
• HKEY_USERS.
Bagian ini menyimpan setting spesitik atau pengaturan tertentu yang dilakukan oleh pemakai komputer seperti misalnya layout desktop dan pengaturan program aplikasi. Jadi bagian ini menyimpan kunci indukyang temubung dengan pengaturan yangdilakukan setiap user yang berbeda.
• HKEY_CURRENT_CONFIG.
Menyimpan informasi dari profil perangkat keras yang terpasang. Isinya sebenarnya sama dengan Hkey_Local_Machine\Config.
Pengenalan nama-nama bagian dari dpat dijelaskan seperti berikut ;
1.Secara garis besar kolom registry terbagi dua yang dibatasi oleh sebuah garis tebal vertical, yaitu kelompok kiri merupakan kelompok KEY dan kelompok kanan merupakan kelompok yang disebut VALUE.
2.Ikon paling kiri (mirip folder) disebut KEY yang diikuti nama key yang bersangkutan mis ; HKEY_CURRENT_USER
3.Didalam sebuah ikon key masih ada lagi ikon yang disebut sub key begitulah seterusnya. Artinya semua ikon didalam ikon setelah ikon key disebut sub key
4.Kelompok VALUE terbagi atas tiga kolom.
5.Kelompok dibawah [Name] adalah nama Value
6.Kelompok dibawah [Type] adalah tipe Value
7.Kelompok dibawah data adalah nilai Value. Nilai inilah yang dapat kita manipulasi untuk melakukan setting tertentu pada system Windows.

1 comments:

Anonymous June 16, 2009 at 7:08 PM  

nama : Maryanti tefa
nim : 07220181
kelas : "A" TID3
UAS : Arsitektur Komputer.

1. ciri-ciri komputer generasi ketiga:
* menggunakan IC (Integrated Circuit)transistor dan dioda
* kemampuan menolah data lebih cepat dari komputer generasi kedua
*kapasitas memori lebih besar
*dapat melakukan multiprocessing dan multiprogramming
*dapat menggunakan visua disply terminal dan menggunakan tinta baca/magnetik
* kemampuan dalam melakukan komunikasi data dari komputer yang satu ke komputer lainnya.

2. yang dimaksud dengan:
* MBR (Memori Buffer Register):memori yang berisi sebuah word data yang akan dituliskan kedalam memori atau word yang terakhir dibaca.
* MAR (Memori Address Register): memori yang berisi alamat sebuah lokasi didalam memori.
* AR (Instruction Register): berisi instruksi yang terakhir diambil.
* PC (Program Counter): berisi alamat instruksi yang akan diambil.
* IBR (Instruction Buffer Register): berisi instruksi sebuah data yang terakhir dibaca.

3. Jenis-jenis RAM:
*DRAM
*EDO-RAM
*SD-RAM
*DDR-SDRAM
*RD-RAM

4. Perbedaan memori internal dan eksternal:
* memori internal adalah memori yang berada didalam perangkat komputer. memori inilah yang disebut main memori atau memori induk.
* memori eksternal adalh memori yang diperlukan untuk menyimpan data-data dalam jumlah yang sangat banyak dan letaknya terpisah dengan CPU.

5. Cache Memori :
cache memori dapat didefinisikan sebagai tempat data atau informasi yang sifatnya hanya sementara dan sering diakses oleh komputer. atau cahce memori adalah memori buffer dengan kecepatan tinggi yang secara temporer menyimpan data yang diperlukan oleh processor.

6. Ynag dimaksud dengan:
* Arsitektur adalah lebih cenderung kearah perangkat lunak
* Organisasi adalah lebih cenderung kearah perangkat keras.

NB: terima kasih pak, atas kebijakan yang diberikan kepada saya untuk bisa mengikuti ujian susulan. Semoga Tuhan Memberkati.

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP