Friday, June 6, 2014

MENGHUBUNGKAN 2 LAPTOP - Via Kabel LAN


Local Area Network biasa disingkat LAN adalah sebuah jaringan yang mencakup wilayah kecil, seperti : kampus, warnet, gedung, kantor, sekolah atau yang lebih kecil. kebanyakan  LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.


Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.


Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.


Menghubungkan 2 Komputer atau PC dengan kabel Cross, atau biasa orang sebut Crossing…!, yaitu PC ke PC atau LAN Card ke LAN Card tanpa menggunakan Hub atau Switch, bila sudah mengenal konfigurasi LAN dan TCP/IP maka cara menghubungkan 2 Komputer ini tak beda jauh dengan menghubungkan ke beberapa komputer dengan hub.

Pada jaman perkembangan teknologi komputer yang sudah secanggih seperti sekarang ini di mana komputer sudah cukup pasaran seperti makanan ringan dan apa-apa sudah serba networking , apa-apa serba online bahkan kita bisa mengendalikan bisnis cukup dengan Laptop sambil tiduran di kamar. Maka menurut saya para pengguna komputer sedikit banyaknya perlu memahami masalah jaringan atau peng-koneksian antar PC tidak seperti jaman dulu di mana masalah teknis dan networking terbatas hanya di mengerti para IT atau Teknisi.

Jenis koneksi komputer yang secara umum di dukung oleh System-system Operasi versi terakhir saat ini ada 3 jenis yaitu:

1.Infrared Connection - yaitu komputer-komputer yg akan di koneksikan harus mempunyai port infrared (IR), koneksi jenis ini banyak di manfaatkan oleh para pengguna komputer Laptop di mana umumnya laptop di dalamnya sudah terpasang port(IR).

2.Direct Cable Connection - yaitu memanfaatkan port serial atau paralel yang ada di hampir semua komputer memakai kabel paralel atau serial. koneksi jenis ini jaman sekarang sudah jarang sekali di pakai.

3.Ethernet - yaitu menggunakan Ethernet Card yang di pasang dan di install di PC serta kabel UTP sebagai perantara nya, Jenis koneksi yang inilah yang paling populer dan paling banyak di gunakan di mana-mana dari tingkat jaringan kecil sampai jaringan besar. ini yang akan saya bahas di sini.

Secara singkat untuk menghubungkan 2 komputer atau PC atau membuat suatu jaringan komputer kecil atau besar ada 2 hal pokok yang perlu di lakukan:
Pertama menyiapkan perangkat penghubung koneksi seperti: kabel UTP, Hub atau switch, Router (bila di perlukan),…
Kedua memberikan alamat TCP/IP di setiap Ethernet Card PC yang akan di hubungkan.


MENYIAPKAN PERANGKAT PENGHUBUNG

Menghubungkan 2 komputer atau PC langsung tanpa menggunakan hub atau switch dapat dengan mudah dilakukan dengan menyiapkan kabel UTP yang di pasang Connector RJ45 dengan susunan kabel cross, yang merupakan lawan dari kabel straight-through dengan urutan sebagai berikut:



Kabel cross berbeda dengan kabel straight-through karena salah satu ujung yang memancarkan dan menerima ditukar. Komputer yang terhubung ke hub biasanya menggunakan kabel straight-through. Jadi ujung pertama urutan standart (straight) dan pada ujung lainnya kabel pada urutan 1 ditukar 3, dan pada urutan 2 di tukar 6

Kabel 1 Menjadi 3
Kabel 2 Menjadi 6
Kabel 3 Menjadi 1
Kabel 4 Biru
Kabel 5 Biru - garis putih
Kabel 6 Menjadi 3
Kabel 7 Coklat - garis putih
Kabel 8 Coklat

Bila susunan kabel yang di perlukan sudah siap maka tinggal memasukan ke connector RJ45 lalu di tekan dengan Crimp Tool…


Bila susunan kabel yang di perlukan sudah siap maka tinggal memasukan ke connector RJ45 lalu di tekan dengan Crimp Tool…

MEMBERIKAN ALAMAT TCP/IP
Apa IP itu ?


IP adalah “sebuah nomor yang digunakan untuk akses ke Internet atau suatu jaringan komputer. Setiap komputer yang terhubung dengan internet atau jaringan harus memiliki nomor IP yang berbeda (unik).”

IP itu sendiri ditentukan oleh Subnetmask, fungsi dari subnetmask ini adalah untuk membedakan bagian mana dari IP tersebut disebut network dan bagian mana yang disebut dengan host.

Contoh dari subnetmask : 255.255.255.0 atau FF.FF.FF.0 atau dapat ditulis dengan prefix /24 disini cara penulisan yang kita gunakan adalah dengan menggunakan prefix “/” .

IP Address yang sekarang kita gunakan adalah IPv4 (IP version 4 ) yang mendefinisikan 32 bit, berarti hanya 232 (4.294.697.296) alamat IPv4 yang tersedia.

Sebelum memberikan alamat TCP/IP tentu terlebih dahulu harus di pastikan Ethernet Card atau banyak juga menyebut LAN Card harus sudah terpasang dan ter-install Driver-nya di tiap PC yang akan di hubungkan. Mainboard generasi sekarang kebanyakan sudah ada Onboard Ethernet Card nya, bila belum ada bisa di beli dan di pasang serta di install Driver-nya.

Kemudian untuk memberi TCP/IP sekarang kita ambil contoh pada konfigurasi menggunakan Windows XP,untuk OS lain nya kurang lebih juga sama, yang penting kan logika-nya…!

Klik -> start –> Setting –> Network Connections –> klik-kanan Local are Connections–>Properties –> pada jendela Local are Connections Properties : pilih –> Internet Protocol(TCP/IP) –> klik Tab Properties –> lalu pilih : Use the following IP address –>lalu isikan IP address kelas C, seperti gambar di bawah ini:






Seperti gambar di atas IP address PC utama/Server adalah:
IP address:
192.168.0.1 (IP default dari OS Windows)
Subnet mask
255.255.255.0
default gateway:–di kosongkan aja untuk tahap ini–
IP address PC lain/client nya adalah:
IP address:
192.168.0.1 (IP default dari OS Windows)
Subnet mask
255.255.255.0
default gateway
192.168.0.1 ( Boleh juga di tidak di isi ,IP dari PC utama yang nantinya berguna untuk sharing internet). Kemudian sampai tahap ini bila kabel UTP dengan susunan Cross tadi sudah terpasang RJ45 sekarang tinggal mengetes koneksi, yaitu memasukan ujung-ujung Connector RJ45 ke masing-masing Ethernet / LAN Card di PC, lalu bisa di tes dengan cara menge-Ping nya dari menu Run–>klik–>Start–> Run–> ketik –>ping 192.168.0.1 (IP PC utama, yang di ping dari PC lainnya, atau kebalikannya), bila “Reply” maka koneksi “Sukses”…..atau bisa juga di tes langsung melalui Sharing Files, Drive atau Folder…cara untuk sharing ini tentu mudah tinggal –>klik-kanan pada Drive atau folder yang akan di sharing–>Sharing and Security–>lalu pilih Options Sharing.


MEMASANG KABEL UTP YANG SUDAH TERPASANG KONEKTOR KE PC

Setelah kabel utp terpasang konektor, langkah selanjutnya adalah menancapkan kabel utp tersebut ke LAN CARD computer, jika hanya menggunakan dua computer maka pasanglah kabel UTP yg telah terpasang RJ-45 dengan konfigurasi cross-over ke masing-masing komputer, tetapi jika terdiri dari tiga computer atau lebih maka kita harus menggunakan switch/switch dengan topologi kira -kira sebagai berikut :

Gambar di atas merupakan switch atau hub yang terdiri 8 port, yang banyak terdapat dipasaran switch/hub dengan jumlah colokan rj -45 sebanyak 4/8/16/32 port , mengenai pemilihan tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk memasang kabel UTP pada switch, Anda tinggal menancapkan satu konektor RJ -45 yang telah terpasang pada kabel UTP tadi ke salah satu port pada switch/hub dan satunya lagi pada PC. Jika sudah di tancapkan maka akan muncul icon LAN Connected pada system tray computer :

sumber : webgila.com

Cara lain :

Pada bahasan berikut, saya akan sedikit berbagi cara bagaimana menghubungkan 2 laptop menggunakan kabel LAN/UTP. Sebelumnya saya asumsikan kalian sudah menyediakan 2 buah laptop yang dilengkapi dengan port LAN/Ethernet Card dan kabel UTP RJ-45 tipe cross-over (untuk menghubungkan 2 perangkat bertipe sama). Jika kalian belum mengetahui keduanya, silahkan cari dulu di Google.

UTP RJ-45 Cross-over
UTP RJ-45 Cross-over
Port LAN/Ethernet Laptop
Port LAN/Ethernet Laptop


Praktik:
  1. Hubungkan kedua laptop menggunakan kabel seperti skema gambar berikut. Kita asumsikan laptop A sebelah kiri dan laptop B sebelah kanan. 
  2. Menghubungkan 2 Laptop Menggunakan Kabel LAN (UTP)
    Peer to Peer 2 Komputer
  3. Setelah koneksi fisik kita lakukan, langkah selanjutnya adalah menyetel IP Address di masing-masing laptop. Set IP Address di laptop A dengan cara klik ikon koneksi di tray icon seperti pada gambar berikut.
    Menghubungkan 2 Laptop Menggunakan Kabel LAN (UTP)
    Membuka Pusat Network dan Berbagi
  4. Lalu klik Local Area Connection
    Menghubungkan 2 Laptop Menggunakan Kabel LAN (UTP)
    Memilih Tipe Akses
  5. Lalu klik Properties
    Menghubungkan 2 Laptop Menggunakan Kabel LAN (UTP)
    Jendela Status LAN
  6. Klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IP)
  7. Klik Properties seperti pada gambar berikut
    Menghubungkan 2 Laptop Menggunakan Kabel LAN (UTP)
    Properti pada LAN
  8. Pilih Use the following IP address
  9. Isikan IP Address-nya, contoh 192.168.0.1
  10. Klik OK
    Menghubungkan 2 Laptop Menggunakan Kabel LAN (UTP)
    Properti pada IP v4 (TCP/IP)
  11. Sekarang kita juga harus setting IP Address di laptop B, caranya sama dari nomor 2-9. Pada langkah ke-9 IP address-nya samakan saja dengan laptop A karena 1 host dan hanya berubah pada indeks IP-nya.
  12. Jadi untuk laptop B kamu bisa mengisi pada IP address: 192.168.0.2
    Menghubungkan 2 Laptop Menggunakan Kabel LAN (UTP)
    Setting IP address pada Laptop B
  13. Klik OK
Setelah menyetel IP address pada masing-masing laptop seperti semua langkah di atas, kita dapat memastikan bahwa kedua laptop tadi dapat saling berkomunikasi. Periksa koneksi antarlaptop tadi dengan melakukan ping seperti cara berikut.
  1. Matikan dulu firewall kedua laptop (masuk Control Panel → Windows Firewall → Turn off Windows Firewall).
  2. Ping dari laptop A ke laptop B: tekan tombol Start → ketik cmd → Enter → tampil jendela Command Prompt warna hitam → ketik ping 192.168.0.2 → Enter → harus ada jawaban dari laptop B
    Menghubungkan 2 Laptop Menggunakan Kabel LAN (UTP)
    Perintah Ping dari Laptop A ke Laptop B
  3. Lakukan juga ping dari laptop B ke laptop A dengan cara di atas, hanya saja perintah pada Command Prompt: ping 192.168.0.1

semoga berhasil .... 

0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP