Friday, June 6, 2014

Cara Menghubungkan Dua Laptop Dengan WiFi



Cara menghubungkan dua laptop dengan wifi harus memperhatikan beberapa langkah-langkah yaitu sebagai berikut :


SETTING PADA LAPTOP PERTAMA 


A. Lihat pada bagian pojok kanan bawah layar desktop Anda, terdapat icon signal dan system try. Untuk lebih jelas, bisa lihat pada gambar di bawah ini.


NB: Jika pada layar desktop tidak terlihat icon signal, Anda bisa mencarinya pada system try, untuk letak dari system try ini bisa dilihat pada gambar pertama diatas. 


NB : Jika didapati tampilan icon signal seperti diatas yaitu terdapat silang merah, itu berarti Anda tidak sedang berada pada area yang terdapat jaringan wifi atau hotspot, yang jelas Anda tidak bisa mengakses wifi di daerah yang tidak terdapat wifinya. Jika ditempat Anda sedang berada terdapat jaringan wifi yang terjangkau oleh sistem, maka gambar signal akan terlihat seperti dibawah ini.

NB : Jika Anda sudah di daerah yang terdapat jaringan wifi tetapi tetapi icon signal tetap bertanda silang merah, maka Anda belum mengaktifkan wireless Anda. Aktifkan wireless Anda dengan menekan Fn + F5 atau F2 sesuai merek laptopmu 

B. Kemudian akan muncul jendela dengan tampilan seperti gambar di bawah, Anda klik saja Open Network and Sharing Center.

C. Di jendela Windows baru, Anda klik Set up a new connection or network.


D. Kemudian akan muncul jendela lagi, Anda scroll ke bawah dan pilih Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network, lihat tanda panah merah di gambar bawah ini, setelah itu Anda klik Next untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

E. Maka akan jendela Setup an Ad Hoc Network, langsung aja klik Next.

F. Di jendela berikutnya Anda diminta untuk mengisi nama jaringan dan password, silahkan isi dengan nama dan pasword yang Anda inginkan, jangan lupa centang Hide characters dan Save this network, setelah selesai semua klik Next.


NB : Pada Security type terdapat 3 pilihan : No autenthication (Open), di mana semua laptop yang mendapatkan sinyal akan bisa terhubung ke jaringan tersebut tanpa halangan apapun. WEP, dimana semua laptop yang mendapatkan sinyal dan ingin terhubung ke jaringan terlebih dahulu harus memasukkan sandi yang sudah diset sebelumnya.  WPA2-Personal, hampir sama dengan WEP tetapi proteksi dan tingkat kerumitan pada WPA2-Personal lebih tinggi. 

G. Pada saat muncul jendela seperti gambar di bawah ini, tinggal klik Close aja.

H. Sampai di sini Anda sudah berhasil membuat induk dari Ad Hoc yang dibangun, namun masih belum bisa melakukan koneksi dengan laptop lain. Jika Anda mengklik pada icon jaringan di sudut kanan bawah seperti gambar di bawah ini : 

Maka Anda akan melihat terdaoat sebuah koneksi Wireless Network Connection dengan nama My_Connection dan memiliki status Waiting for users, seperti gambar di bawah ini :

I. Langkah selanjutnya adalah memberikan IP Address pada Wireless Adapternya. Caranya klik Windows --> View network status and tasks. Lihat pada gambar di bawah ini :


J. Pada bar kiri jendela Network and Sharing Center, klik Change adapter setting. Klik kanan pada Wireless Network Connection, pilih Properties. Lihat pada gambar di bawah ini :



K. Double klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4). Klik Properties lalu centang radio button Use the following IP Address, lalu masukkan IP Address, Subnet mask dan Default gateway nya. Lihat pada gambar di bawah ini :





L. Pada contoh ini, saya menggunakan IP Address: 192.168.1.3, Subnet mask: 255.255.255.0,  dan Default gateway: 192.168.1.1 seperti pada gambar dibawah ini:


M. Setelah itu klik Ok dan Close.

Setting di laptop yang memberikan sinyal (laptop pertama) sudah selesai. Selanjutnya kita beralih pada komputer yang akan meminta koneksi (laptop kedua). Langkah yang harus dilakukan adalah:

SETTING PADA LAPTOP KEDUA :


A. Klik pada icon signal yang ada di kanan pojok bawah, pilih koneksi yang telah Anda buat pada laptop pertama “My Connection”, klik Connect. Lihat pada gambar di bawah ini.


B. Setelah itu masukkan password yang sebelumnya sudah dibuat pada laptop pertama. Lihat pada gambar di bawah ini :


C.  Selanjutnya tinggal setting IP Addressnya beserta Subnet mask dan Default gateway(Cara ini seperti settingan pada laptop pertama). Seperti pada gambar di bawah ini :


D. Setelah itu tinggal klik Ok dan Close.

Setelah semuanya sudah tersetting, maka dua laptop tersebut sudah terhubung.

Manfaat kita menghubungkan dua laptop adalah :

1.   Memudahkan sharing data dan komunikasi.
2.   Mengontrol laptop lain.

Semoga tutorial ini bermanfaat untuk semuanya. 

Sumber: http://tanyadedyaja.blogspot.com/2013/08/cara-menghubungkan-dua-laptop-dengan_31.html

0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP