Wednesday, August 21, 2013

Mengenal Perangkat Jaringan Komputer (Hardware) dan Fungsinya

Perangkat jaringan komputer merupakan komponen-komponen yang di perlukan untuk membuat sebuah jaringan komputer. Komponen yang di maksud adalah media hardware.
Dalam membuat sebuah jaringan komputer kita harus mengetahui perangkat-perangkat hardware, seperti kabel atau perangkat wifi, Ethernet card, hub atau switch,repeater , bridge atau router.
Mengenal Perangkat Jaringan Komputer (Hardware) dan Fungsinya
router-Mengenal Perangkat Jaringan Komputer (Hardware) dan Fungsinya
Sebelunnya sudah saya sampaikan apa pengertian jaringan komputer, nah disini saya akan sampaikan hardware dari jaringan komputer. Perlu kita ingat bahwa 75% kegagalan yang terjadi dalam sebuah jaringan komputer disebabkan karena adanya kesalahan media komunikasi yang digunakan termasuk kabel dan konektornya serta kualitas pemasangan. Faktor lain juga dipengaruhi oleh teknis dan kondisi sekitar. Selengkapnya akan kita bahas satu-persatu tentang apa saja perangkat hardware dalam jaringan komputer.
Perangkat jaringan komputer
1. Kabel
banyak jenis kabel untuk membuat jaringan, namun kita harus mengetahui standar dalam penggunaan untuk komunikasi data dalam jaringan komputer. Jenis-jenis kabel mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Secara umum ada dua jenis kabel dan seringkali di pakai dalam LAN, yaitu Coaxial dan Twisted pair (UTP unshielded twisted pair dan STP( shielded twisted pair).
2. Ethernet Card/ Network Interface Card (Network Adapter)
Cara kerja Ethernet card berdasarkan broadcast network yaitu setiap node dalam suatu jaringan menerima setiap transmisi data yang di kirim oleh suatu node yang lain.setiap Ethernet card mempunyai alamat sepanjang 48 bit yang dikenal sebagai Ethernet Address(MAC Address).
Alamat tersebut sudah ditanam dalam setiap rangkaian kartu jaringan (NIC) yang telah di kenal dengan ‘media access control’ (MAC) dikenal juga dengan istilah ‘hardware address’.
3. Hub dan Switch
Hub dan Switch (konsentrator) merupakan sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap workstation,server atau client.
4. Repeater
Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal dengan menerima sinyal dari suatu segmen kabel LAN lalu memancarkan lagi dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel lain. Dengan adanya perangkat ini jarak kabel dapat di perjauh.
5. Bridge
Fungsinya hamper sama dengan repeater akan tetapi bridge lebih fleksibel mempunyai kecerdasan dari repeater. Yang di maksud adalah bridge dapat menghubungkan jaringan dengan menggunakan metode transmisi yang berbeda misalnya bridge menghubungkan base band dan broad band. Bridge juga dapat di gunakan untuk mengkoneksikan network dengan menggunakan tipe kabel yang berbeda atau topologi yang berbeda. Perangkat jaringan ini juga bisa mengutahui alamat masing-masing komputer.
6. Router
Sebuah router mampu mengirim data atau informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Memiliki fungsi yang sama dengan bridge meski tidak lebih pintar dengan bridge tetapi pengembangan perangkat ini sudah melampaui batas tuntunan teknologi yang di harapkan.
Kemampuan yang di miliki Router antara lain
  1. Router dapat menerjemahkan informasi diantara LAN anda dan Internet.
  2. Router akan mencarikan alternative jalur yang terbaik untuk mengirim data melewati internet.
  3. Mengatur jalur sinyal yang efisien dan dapat mengatur data yang mengalir diantara dua buah protocol.
  4. Dapat mengatur data diantara topologi jaringan
  5. Dapat mengatur aliran data melewati kabel fiber optic, kabel coaxial atau kabel twisted pair.
Demikian mengenai perangkat jaringan komputer. Saya tahu banyak kekurangan dalam artikel ini namun saya berharap anda dapat mengerti tentang macam-macam perangkat-perangkat hardware jaringan dan semoga sedikit menjadi ilmu untuk masalah jaringan komputer.




Pengertian jaringan komputer adalah interkoneksi antara dua komputer atau lebih yang terhubung dengan sebuah media transmisi yaitu menggunakan kabel atau tanpa kabel bisa juga di sebut Wireless.
Di atas di katakan interkoneksi artinya dua unit komputer saling berkoneksi, di katakana berkoneksi jika keduannya saling bertukar data atau informasi, berbagi resource yang di miliki, seperti file,printer, media penyimpanan( harddisk,flasdisk,cd-rom dan lain-lain.
Pada tahun 1950 saat jenis komputer semakin membesar sampai terciptannya super komputer. Maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. Oleh karena itu semakin berjalannya waktu di kenal dengan istilah TSS ( Time Sharing System ), dan untuk yang pertama kali jaringan komputer dengan lapis aplikasi.
pengertian jaringan komputer time sharing system
jaringan komputer time sharing system
Pada tahun 1957 Departement of Defience (DoD) USA membentuk yang namanya ARPA ( Advanced Research Project Agency ) . pada tahun 1967 desain ARPANET di terbitkan, dan pada tahun 1969 DoD mengadakan beberapa riset sehingga membentuk sebuah jaringan organik ( program ini di sebut dengan ARPANET).
pengertian jaringan komputer Distributed_Processing
jaringan komputer Distributed_Processing
Semakin berkembang pesatnya pengguna komputer, maka penggunaan komputer dan jaringan computer juga mulai beragam. Sehingga di dalam jaringan komputer di kenal dengan sebuah system koneksi antar node (komputer) yaitu:
1. Peer to Peer
Adalah suatu model di mana tiap komputer dapat memakai resource pada computer lain atu memberikan resourcenya untuk komputr lain. Di dalam model ini tidak ada yang bertindak sebagai server yang mengatur system komunikasi dan penggunaan resource computer yag ada dalam sebuah jaringan. Sehingga semua bisa menjadi server dan client di saat yang sama.
pengertian jaringan komputer peer to peer
jaringan komputer peer to peer
2. Client Server
Merupakan sebuah model jaringan yang menggunakan satu atau lebih sebagai server untuk memberikan resource computer kepada computer lain atau yang di sebut client.
pengertian Jaringan komputer client server
Jaringan komputer client server
Jenis-jenis jaringan komputer
Secara umum sebuah jaringan komputer memiliki 3 jenis computer yaitu:
1. Local Area Network (LAN)
Merupakan jaringan dengan lingkungan kecil, di mana jaringan ini di batasi oleh sebuah area atau lingkungan. Contoh: sebuah ruangan dalam sebuah gedung.
pengertian Jaringan komputer LAN
Jaringan komputer LAN
2. Metropolitan Area Network (MAN)
jaringan dengan area yang lebih luas dari LAN, dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan kecil. misalnnya jaringan beberapa kantor cabang dalam satu kota dengan yang lain.
pengertian jaringan komputer MAN
jaringan komputer MAN
3. Wide Area Network (WAN)
Adalah jaringan yang memiliki jangkauan lebih luas biasanya dalam jaringan ini sudah memiliki media wireless , sarana satelit, atau pun kabel serat optic. Contoh: bank di Indonesia dengan bank di Negara-negara lain.
pengertian Jaringan komputer WAN
Jaringan komputer WAN
Demikian yang bisa saya jelaskan mengenai jaringan komputer. Semoga dengan adanya artikel ini kita dapat memahami pengertian jaringan komputer , model koneksi yaitu peer to peer dan client server, serta memahami tentang defines dari jenis-jenis jaringan seperti LAN,MAN,WAN.

0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP