Wednesday, August 21, 2013

Cara Kerja Teknologi Touchscreen ( Layar Sentuh )

Touchscreen merupakan sebuah perangkat atau tampilan visual yang dimana pengguna dapat mengontrol melalui gerakan sederhana atau multi-touch dengan menggunakan sentuhan jari kita. Layar sentuh ini mempermudah pengguna untuk langsung berinteraksi langsung dengan sebuah tampilan tanpa menggunakan mouse, touchpad, atau perangkat yang lainnya.
Perkembangan touchscreen sangatlah pesat, umumnya tampilan visual ini digunakan pada perangkat seperti konsol game, all-in-one computer, komputer tablet dan juga smartphone. Namun layar sentuh ini juga ditemukan di bidang medis, industry,ATM ( anjungan tunai mandiri ) dan masih banyak lagi.
mempelajari cara kerja teknologi touchscreen ( layar sentuh )
mempelajari cara kerja teknologi touchscreen ( layar sentuh )
Secara menyeluruh produsen layar dan produsen chip tingkat dunia telah mempelajari cara kerja teknologi touchscreen(layar sentuh) mengakui bahwa kecenderungan penerimaan touchscreen sebagai komponen user interface yang sangat di inginkan dan telah memulai mengembangkan layar sentuh kedalam desain dasar produk mereka, seberapa canggihnya teknologi touchscreen kita lihat yang di bawah ini.

Cara Karja Touchscreen ( layar sentuh)

Touchscreen memiliki tiga komponen utama dalam kegunaannya yaitu Touch Sensor, Controller, Software Driver. Berikut definisi dari tiga teknologi dari touchscreen.
1. Touch sensor
Komponen ini terletak di bagian luar tampilan sebagai lapisan penerema inputan dari user atau sentuhan. Bagian yang di sentuh akan menimbulkan aliran listrik.
2. Pengontrol (controller)
Merupakan sebuah perangkat yang memproses dan mengubah voltase sinyal yang di terima dari komponen touch sensor yang berupa alus listrik dan di hubungkan ke prosessor atau perangkat yang lain.
3. Software Driver
Sebagai alat penerjemah data dari proses diatas tadi yang memungkinkan proses di atas sudah bekerja dengan baik dan di tampilkannya ke antar muka melalui system operasi.

Teknologi Touchscreen

Capacitive touchscreen

Panel touchscreen kapasitif terdiri dari isolator seperti kaca, yang di lapisi dengan konduktor seperti indium tin oxide (ITO).manusia yang sebagai penghantar listrik, menyentuh permukaan layar dalam distorsi dari medan elektrostatik layar tersebut, dan di unur sebagai perubahan kapasitansi.Teknologi yang berbeda dapat digunakan untuk menentukan lokasi sentuhan yang kemudian di kirim ke controller untuk di proses.
Layar kapasitif ini terus di kembangkan oleh produsen terbesar dengan mengembangkan layar sentuh tipis dan lebih akurat. Dengan teknologi in-cell yang menghilangkan lapisannya. Seperti layar sentuh pada Samsung super AMOLED.

Surface Wave touchscreen

Teknologi Surface acoustic wave (SAW) menggunakan gelombang ultrasonic yang melewati panel touchscreen. Cara kerjannya ketika layar disentuh maka sebagian gelombang akan di serap. Perubahan dalam gelembung ultrasonic mencatat posisi dimana pengguna menyentuhnya dan mengirimkaninformasi tersebut ke controller untuk dilakukan pemrosesan.

Resistive touchscreen

Merupakan panel touchscreen resitif yang terdiri dari lapisan elektrik dan resitif transparan yang di pisahkandengan jarak yang sangat tipis. Bagian atas layar ( bagian yang di sentuh) memiliki lapisan permukaan bawah layar. Hanya dibawahnya adalah lapisan resitif di atas substratnya. Satu lapisan memiliki koneksi konduktif di bagian sisinya yang lain di atas dan di bagian bawah.
Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai informasi tentang mempelajari cara kerja teknologi touchscreen ( layar sentuh ). Semoga dengan adanya informasi ini pembaca dapat menggunakan touchscreen dengan benar dan memilih handphone touchscreen dengan baik.


0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP