Wednesday, May 15, 2013

‘Copy To’ & ‘Move To’ Pada Menu Klik Kanan

Cara Menambahkan ‘Copy To’ & ‘Move To’ Pada Menu Klik Kanan
Cara Menambahkan 'Copy To' & 'Move To' Pada Menu Klik Kanan
Ilmu Komputer – Jika anda sering men-copy, memindahkan atau menghapus file dikomputer anda, dengan menambahkan fitur ‘Copy To’ atau ‘Move To’ pada menu di Windows Explorer tentunya akan sangat menghemat waktu anda. Trik ini berfungsi untuk menambah opsi tambahan berupa ‘Copy To’ dan ‘Move To’ pada menu klik kanan seperti yang tampak pada gambar disamping.

Cara Menambahkan ‘Copy To’ & ‘Move To’ Pada Menu Klik Kanan

Pastikan agar anda melakukan back-up terlebih dahulu registry komputer anda. Anda dapat membaca tulisan sebelumnya tentang Cara Melalukan Back Up dan Restore Registry Windows.
Setelah itu kita mulai dengan menambahkan menu ‘Copy To’ terlebih dahulu:
  1. Klik Start Menu > Run. Ketikkan Regedit lalu tekan Enter
  2. Setelah jendela registry editor terbuka, browse key berikut: HKEY_CLASSES_ROOT/AllFilesystemObjects/Shellex/ContextMenuHandlers. (Bila anda kesulitan menemukan AllFilesystemObjects diatas, klik Edit > Find lalu ketikkan AllFilesystemObjects dan tekan Next maka anda akan segera menemukannya)
  3. Setelah menemukan lokasi Key diatas, klik kanan pada jendela kosong disebelah kanan > pilih New > Key. Lalu Paste-kan kode berikut: {C2FBB630-2971-11D1-A18C-00C04FD75D13}Cara-Menambahkan-'Copy-To' ke Windows Explorer
  4. Setelah itu akan tercipta folder kosong bernama {C2FBB630-2971-11D1-A18C-00C04FD75D13} dibawah ContextMenuHandlers. (lihat gambar no.1 dibawah). Anda dapat me-rename nya menjadi Copy To melalui klik kanan > rename
    Cara-Menambahkan-'Copy-To' 2- ke Windows Explorer
  5. Kemudian klik kanan pada tulisan Default yang terdapat disebelah kanan (gambar no.2) dan isikan nilai yang sama seperti sebelumnya yaitu: {C2FBB630-2971-11D1-A18C-00C04FD75D13}. Lalu tekan Ok.

Cara Menambahkan ‘Move To’ Pada Menu Klik Kanan

  1. Caranya hampir sama seperti menambahkan ‘Copy To’ pada langkah no1 & 2 diatas. Pada langkah no3 & 5, kode yang di-paste-kan adalah {C2FBB631-2971-11D1-A18C-00C04FD75D13}.
  2. Pada langkah no4, anda dapat merename folder ini menjadi Move To
Setelah selesai, tutup jendela registry dan refresh komputer anda. Bila berhasil akan terdapat opsi pilihan Copy to dan Move to pada menu klik kanan.
Tutorial pada tulisan ini diujikan pada Windows XP. Bila anda merasa malas untuk mengikuti langkah-langkah diatas, dapat mendownload key registry yang telah disiapkan melalui link berikut: Copy-To-Move-To.
Klik 2x pada masing-masing registry tersebut lalu klik Ok untuk menambahkan string / fungsi tersebut secara otomatis pada registry.


sumber:

0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP