Wednesday, April 21, 2010

Momen Paling Bersejarah di Internet

Beberapa inovasi yang merupakan momen paling bersejarah di bidang internet diantaranya :

Craiglist

Pada tahun 2000 Craiglist berekspansi keluar San Francisco menjadi situs yang melayani jasa informasi di luar perspektif bisnis dan dalam pola komunitas yang sangat sukses. Kini Craiglis mampu melayani 500 kota di 50 negara.

Google Adwords

Pada bulan Oktober di tahun yang sama, Google menyelenggarakan Google Adwords, membuatnya sebagai tempat beriklan paling potensial.

Wikipedia

Setahun kemudian di 2001, Wikipedia diluncurkan dalam 18 bahasa dan terdapat 20 ribu artikel di tahun pertamanya. Kini situs tersebut telah melayani dalam 271 bahasa dunia dan memiliki 14 juta artikel.

Napster

Langkah Wikipedia berbanding terbalik dengan Napster yang tutup di tahun itu. Namun penutupan Napster itu membuka jalan bagi situs berbagi file lainnya.

IPO Google

IPO Google dinobatkan sebagi paling berpengaruh di tahun 2004. Layanannya mulai dari Gmail hingga Youtube, Google maps hingga Google Android berhasil menempatkan raksasa internet tersebut sebagai inovator yang konsisten dalam kehidupan sehari-hari.

Video Online

Di tahun 2006, sebuah badai revolusi video online menghantam dan membuka jalan bagi bandwdith yang lebih cepat, kamera video yang lebih murah hingga penggunaan Adobe Flash oleh YouTube.

Facebook dan Twitter

Di tahun yang sama Facebook dan Twitter juga terbuka untuk kalangan di luar kampus, dengan menurunkan standar kualifikasi sehingga membuat jejaring sosial itu meledak di masyarakat. Hal ini merubah cara silaturahmi dan berkomunikasi dengan orang-orang mulai dari teman hingga rekan kerja, bahkan konsumen.

iPhone

Tahun berikutnya, 2007, iPhone melakukan debutnya dan dalam waktu seminggu, setengah juta perangkat sudah terjual.

Kampanye & Protes Online

Tahun 2008, internet menjadi saluran kampanye baru bagi para politisi. Dan di tahun 2009, pemilu presiden Iran melahirkan sebuah revolusi Twitter yang menyuarakan protes tehadap hasil pemilu. Perusahaan jejaring sosial tersebut sampai harus menunda perawatan mesinnya karena hal ini.

Sumber : www.inilah.com

0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP