Wednesday, April 1, 2009

PASKAH & ALAM SEKITAR



PASKAH DAN BUNGA SAKURA

Buat orang-orang dibelahan bumi sini, datangnya paskah itu bertepatan dengan datangnya musim semi. Rasanya Tuhan sendiri mengatur supaya alam menyanyikan puisi yang indah sehubungan dengan bangkitnya Yesus dari kematian. Datangnya musim semi ditandai dengan berlalunya kedinginan dan datangnya semarak bunga dan warna.

Alam berpesta karena kebangkitannya!
Pohon sakura yang didepan rumah juga ikut berpesta dengan Yesus. Yang tadinya hanya pohon dan ranting kering yang membosankan, tiba-tiba meledak dengan warna dan bau-bauan harum. The jubilant celebration colors! The sweet fragrance in the air!

Di Jepang, mekarnya bunga Sakura harus dirayakan dengan festival Hanami. Orang-orang di Jepang dengan berdebar-debar menunggui kapan bisa menikmati mekarnya bunga Sakura. Mereka mengikuti berita cuaca dari malam ke malam untuk bisa menebak, kapan bunga sakura ini akan mekar. Orang-orang diluar Jepang berani membayar puluhan juta hanya untuk bisa pergi ke Jepang tepat waktu untuk mekarnya bunga Sakura. Pulang dengan penuh cerita akan meriahnya Jepang waktu mekarnya bunga Sakura, atau penuh gerutu karena tidak sempat melihat mekarnya bunga Sakura.

Jadi bertanya-tanya, apa ada kejadian yang lebih penting dalam sejarah manusia sampai-sampai alam juga ikut bersukacita ?

Kebangkitan Yesus juga ditandai dengan berlalunya masa yang suram dan dingin dan datangnya kehidupan baru yang semarak. Paskah ngga hanya berarti untuk Yesus yang berhasil memenangkan peperangan melawan maut, tapi juga berarti untuk orang-orang yang dari kemenangan Yesus beroleh pengharapan baru. Yang tadinya kering dan tidak berwarna boleh mendapat warna baru dan wangi-wangian baru dalam Kristus. Ada ledakan hidup yang baru yang tadinya terhimpit oleh dinginnya dunia. Sesuatu yang tadinya tidak menarik menjadi tontonan utama dunia. Amazing!

Rasanya ini pertama kalinya merenungkan Paskah dari ledakan kehidupan baru yang ada dalam Kristus dan lewat Kristus. Lebih dari pentingnya acara-acara dan kebaktian-kebaktian dan ucapan-ucapan Paskah, untuk bisa mengerti dan menghidupi ledakan hidup baru adalah a reason to celebrate!

Yesus tidak bangkit untuk menawarkan perubahan status, atau perubahan tata cara, atau perubahan sistim. Dia datang supaya kita memiliki hidup, dan hidup yang semarak. Hidup yang semarak penuh warna dan penuh wewangian pada ranting yang tadinya mati.
Kadang-kadang kita meluluhkan, men-tawar-kan, me-normal-kan arti kehidupan baru yang diberikan Tuhan Yesus, tapi biar bunga Sakura boleh mengingatkan kita akan apa yang dijanjikan Tuhan Yesus lewat kebangkitannya.

0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP