Sunday, April 12, 2009

ISTILAH KOMPUTER

Clustering adalah teknik atau metode menghubungkan beberapa komputer dan menjadikannya bertindak seperti sebuah mesin. Perusahaan-perusahaan besar sering meng-cluster server-servernya untuk mendistribusikan tugas komputasi yang intensif dan berisiko. Jika satu server dalam sebuah cluster gagal, maka sistem operasi dapat memindahkan proses ke server lainnya. Dengan demikian, pengguna dimungkinkan untuk dapat terus bekerja di saat server yang gagal sedang dalam proses pemulihan kembali.

Codec digunakan untuk menyandikan dan membaca sandi, atau mengompresi dan dan mengurai kompresi berbagai jenis data, terutama yang akan menghabiskan kapasitas ruang disk, seperti file suara dan video. Codec yang umum digunakan antara lain untuk mengubah sinyal video analog menjadi file video terkompresi (seperti MPEG), atau mengubah sinyal suara analog menjadi suara digital (seperti RealAudio).

Partition atau partisi adalah bagian dari hard disk yang berfungsi sebagai unit terpisah. Sebuah hard disk dapat dibagi menjadi beberapa partisi. Masing-masing partisi berfungsi sebagai drive yang terpisah dan memiliki volume nama (misalnya di Windows bernama D:, E:, F:, dan sebagainya).
Tujuan pemartisian hard disk adalah untuk membuat ruang penyimpanan komputer menjadi lebih efisien. Dengan membagi ruangan sebuah hard disk, maka data dan sistem operasi dapat dipisahkan, sehingga penanganan kesalahan sistem operasi dan backup data menjadi lebih mudah. Dengan mempartisi sebuah hard disk, maka dalam satu komputer juga dapat diinstal beberapa sistem operasi yang berlainan (misalnya Windows dan Linux).
Ping adalah sebuah program yang membalas permintaan dari komputer lain melalui jaringan untuk melihat apakah sebuah komputer masih merespon. Jika ping mendapatkan balasan, berarti komputer yang dituju masih hidup atau terhubung. Ping dilakukan dengan jalan mengirimkan data dalam ukuran kecil.
Ping lazim digunakan untuk memeriksa koneksi antar komputer di dalam jaringan atau di internet. Sebagai contoh, Anda dapat melakukan ping ke sebuah komputer dengan cara menjalankan Start > Run dan mengisikan baris perintah berikut: ping namadomain.com atau ping nomor-ip. Misalnya ping smitdev.com atau ping 68.180.206.184 (ini contoh IP Yahoo.com). Jika Anda terkoneksi, maka akan muncul baris Reply from ..., jika koneksi lambat maka akan muncul Timeout, dan jika tidak terkoneksi maka akan muncul pesan Destination host unreachable.
Perangkat modem internal atau eksternal yang digunakan untuk melakukan koneksi internet via saluran telepon reguler. Modem hanya mampu menangani data masuk dan keluar dengan kecepatan 56k per detik. Kecepatan ini biasanya menjadi lebih rendah lagi karena faktor kualitas saluran telepon dan jarak tempuh yang harus dilalui data.

AKTIVE X

Sebuah teknologi yang dikembangkan Microsoft. ActiveX menyediakan tool untuk menghubungkan aplikasi desktop ke world wide web. Dengan memanfaatkan berbagai tool pemrograman (seperti Java, Visual Basic, dan C++), para pengembang perangkat lunak dapat menciptakan konten web yang interaktif. Sebagai contoh implementasi, ActiveX memungkinkan pengguna komputer untuk membuka dokumen Word dan Excel secara langsung di browser.

ADD-ONS
Software atau hardware tambahan yang berfungsi melengkapi kemampuan software atau hardware lain yang menjadi induknya. Add-ons juga lazim disebut sebagai plugins, extensions, snap-ins, atau istilah spesifik lainnya sesuai dengan nama yang diberikan vendornya. Contohnya Mozilla Firefox menggunakan add-ons dari vendor pihak ketiga untuk meningkatkan kemampuan web browsernya.

ADOBE
Adobe Systems Incorporated (Adobe Inc.) adalah perusahaan yang dikenal luas sebagai vendor atau pembuat program-program komputer multimedia & internet. Adobe didirikan tahun 1982 dan kini berkantor pusat di San Jose, California, USA. Software yang dirilis Adobe umumnya sangat terkenal di seluruh dunia. Format PDF adalah salah satu hasil inovasi Adobe, yang kini telah menjadi standar internasional dalam pertukaran dokumen.
Adobe Inc. pada tahun 2005 telah mengakuisisi Macromedia, sebuah perusahaan software yang juga cukup ternama. Sejak saat itu, software-software yang berlabel Macromedia (misalnya Flash dan Dreamweaver) pun berganti label dan menjadi jajaran produk Adobe.
Beberapa software populer yang termasuk dalam jajaran produk Adobe antara lain : Acrobat & Acrobat Reader, Illustrator, Flash, After Effects, Photoshop & Photoshop Element, Dreamweaver, Premiere & Premiere Element, InDesign, Audition, Authorware, Director, Captivate, Fireworks, Freehand, HomeSite, InCopy, ColdFussion, Contribute, dan Flex.
American Standard Code for Information Interchange (ASCII)
ASCII merupakan standar untuk menetapkan bagaimana komputer menulis dan membaca karakter. ASCII digunakan untuk menyimpan file teks tanpa pemformatan. Standar ini dikembangkan oleh American National Standards Institute (ANSI). ASCII terdiri dari 128 karakter, baik berupa huruf, angka, tanda baca, dan kode khusus (biasanya pengetikannya disertai penekanan tombol Shift). Pada umumnya sistem operasi komputer menggunakan standar ASCII, kecuali Windows NT yang menggunakan standar Unicode.


Aspect Ratio
Aspect Ratio adalah perbandingan lebar dan tinggi dari sebuah gambar video. Standar aspect ratio yang digunakan dewasa ini sangat beragam. Pada umumnya layar monitor komputer memiliki aspect ratio 4:3 dan 5:4. Aspect ratio 16:10 juga mulai banyak digunakan.

Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL)
Teknologi yang memungkinkan pengguna internet memperoleh akses berkecepatan tinggi menggunakan jaringan telepon yang telah ada. ADSL membagi saluran telepon menjadi dua bagian sehingga komunikasi data dan komunikasi suara dapat dilakukan secara bersamaan. ADSL merupakan bentuk penerapan teknologi DSL yang paling banyak digunakan. Pengguna internet rumahan dan UKM lazim menggunakan ADSL, Telkom Speedy adalah contoh ADSL yang paling populer di Indonesia. Disebut "asymmetric (tidak simetris)" karena kecepatan pengiriman data tidak sama, data yang diterima pengguna (downstream) lebih cepat dibandingkan data yang dikirimkan pengguna (upstream).

Avatar
Avatar adalah tampilan grafis berupa mahluk hidup, objek, atau simbol, yang menjadi lambang mewakili jati diri seseorang, biasanya di layanan chating atau forum. Pemakaian avatar biasanya difungsikan untuk menampilkan citra diri atau mood seseorang kepada publik di internet, tanpa harus menampilkan wajah / foto asli sang pengguna.

0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP