Tuesday, April 21, 2009

BAGIAN 3 ISTILAH KOMPUTER

Google SketchUp
Google SketchUp merupakan program modeling yang diperuntukkan bagi para profesional di bidang arsitektur, teknik sipil, pembuat film, pengembang game, dan profesi terkait. Program ini disediakan Google untuk dapat didownload secara gratis. Google SketchUp memiliki kelebihan pada kemudahan penggunaan dan kecepatan dalam melakukan desain, berbeda dengan program 3D CAD lainnya.

Hardware
Hardware merupakan perangkat keras yang berupa perlengkapan fisik atau piranti nyata yang menjadi bagian dari sebuah produk teknologi, misalnya komputer. Komputer sendiri dapat bekerja karena tersusun dari berbagai hardware, misalnya motherboard, power supply, sound card, dan sebagainya. Selain itu, terdapat juga hardware pendukung yang lazim disebut sebagai peripheral, yang memiliki fungsi khusus melengkapi fungsi hardware utama. Contohnya adalah printer, scanner, headset, dan sebagainya.

HyperText Markup Language (HTML)
Standar tata cara penulisan kode yang digunakan dalam menyusun halaman web. Melalui HTML, teks dokumen web dapat disusun, diatur formatnya, diberi gambar, suara, maupun rujukan ke sumber-sumber lain di Internet.

IP Address
Alamat atau nomor protokol Internet. Nomor khusus yang terdiri dari 4 bagian yang dipisahkan dengan tanda titik. misalnya 165.113.245.2. Setiap komputer yang terhubung ke Internet memiliki nomor IP tersendiri. Nomor IP mempermudah Internet dan penggunanya untuk mengidentifikasi setiap komputer yang terhubung ke sana. Untuk mengetahui IP Address komputer Anda secara cepat, klik link ini: Whatismyip.com.

Javascript
Bahasa pemrograman sederhana yang dikembangkan oleh Netscape untuk meningkatkan interaktivitas halaman web. Javascript menggunakan karakteristik bahasa Java, namun tetap independen. Javascript diterapkan pada HTML untuk menghasilkan konten web yang dinamis dan atraktif.

Kernel
Kernel merupakan perangkat lunak inti atau dasar dari sebuah sistem operasi yang berperan sebagai pengelola sumber daya sistem di komputer. Kernel mengatur komunikasi antar komponen hardware dan software. Contoh kernel yang populer saat ini adalah GNU/Linux.

Keyword
Kata kunci pada sebuah perintah pencarian. Keyword ditelusuri dalam berbagai tata urutan. Berikan spasi untuk memisahkan beberapa kata kunci dalam sebuah operasi pencarian.

Link, hyperlink
Alamat sebuah lokasi di internet (URL) yang disisipkan pada dokumen untuk menghubungkan dokumen ke dokumen di lokasi lain. Link biasanya dapat ditengarai dari munculnya perubahan warna pada sebuah teks atau munculnya ikon telapak tangan saat pointer mouse diarahkan pada sebuah link. Tindakan klik pada link akan menghasilkan tampilan dokumen di lokasi tujuan. Link dapat merujuk sebuah lokasi lain di halaman yang sama, halaman yang berbeda, atau sebuah alamat email.

Linux (GNU/Linux)
GNU/Linux atau sering disingkat Linux adalah sistem operasi yang bersifat Open Source. Kernel (inti dasar sistem operasi) Linux dikembangkan pertama kali pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Kernel Linux selanjutnya menggunakan utility dan library sistem operasi GNU yang telah dikembangkan sejak tahun 1983 oleh Richard Stallman. Maka selanjutnya Linux diberi nama alternatif GNU/Linux sebagai tanda bahwa Linux dikembangkan menggunakan lisensi publik GNU (GPL).

Linux kini telah berkembang menjadi sistem operasi Open Source yang sangat populer, yang dikembangkan secara gotong-royong oleh berbagai kalangan di seluruh dunia. Mengingat Linux dikembangkan secara terbuka, maka hadirlah berbagai jenis Linux, yang disebut dengan Distro (distribusi). Berbagai distro Linux yang ada saat ini tetap menggunakan GNU/Linux sebagai sistem operasi utama, adapun perbedaan distro-distro yang ada hanya terletak pada paket aplikasi komputer dan cara pengelolaan sistemnya.

Beberapa distro Linux yang populer dewasa ini adalah Ubuntu, Debian, Fedora (RedHat), SuSE, Mandriva, dan Slackware. Informasi terkini tentang berbagai distro Linux dan rilis-rilisnya dapat ditemukan di situs DistroWatch.

Microsoft
Microsoft Corporation adalah raksasa industri pembuatan software komputer. Microsoft yang berkantor pusat di Redmond, Washington, USA, didirikan pada tahun 1975 oleh Bill Gates dan Paul Allen, dan mulai dikenal berkat sistem operasi MS-DOS-nya.

Microsoft sangat populer bagi setiap pengguna komputer, baik yang menggunakan sistem operasi Windows buatan Microsoft, maupun kalangan non pengguna. Microsoft juga sangat dikenal karena paket aplikasi perkantoran, Microsoft Office. Microsoft juga telah melebarkan sayap bisnisnya di dunia publishing, hardware, bahkan video game.

Beberapa software populer yang termasuk di jajaran produk Microsoft antara lain : OS Windows (dalam berbagai rilis dan versi untuk PC, Server, dan PDA), Office (di antaranya Word, Excel, dan Powerpoint), game Age of Empires, Halo, dan Flight Simulator, dan berbagai aplikasi lingkungan pemrograman visual (di antaranya Visual Basic, Visual Foxpro, dan seri paket Visual Studio .NET).

Modem (MOdulator, DEModulator)
Perangkat yang menghubungkan komputer dengan saluran telepon. Modem memungkinkan komputer untuk berhubungan dengan komputer lain melalui jaringan telepon. Modem berfungsi mengubah sinyal digital ke sinyal analog agar dapat mengirimkan data melalui saluran telepon. Demikian sebaliknya, modem akan mengembalikan sinyal analog yang diterimanya menjadi sinyal digital agar data dapat disajikan di komputer.

Netscape
Sebuah program web browser dan nama sebuah perusahaan. Netscape dikembangkan berdasarkan program MOSAIC yang dikembangkan oleh NCSA. Netscape dulu menjadi web browser terpopuler sebelum Internet Explorer mengambil alih donimasi pangsa pengguna.



Open Source Software
Perangkat lunak yang kode sumber pemrogramannya terbuka bagi setiap pengguna, sehingga tiap orang dapat melihat, mengubah, atau memodifikasinya. Ada berbagai jenis perangkat lunak Open Source, umumnya dibedakan berdasarkan ketentuan mengenai penyertaan kembali salinan kode sumber atau perubahannya. Pengertian software Open Source sering dirancukan oleh istilah software gratis.

Optical Character Recognition (OCR)
Kemampuan yang dimiliki program khusus untuk membaca dan mengubah materi teks pada file objek gambar menjadi file teks biasa. Jika sebuah dokumen di-scan, maka output yang diperoleh di komputer adalah file gambar. Program OCR berfungsi membantu Anda mengubah secara otomatis materi teks di dalam gambar hasil scan agar menjadi file teks yang bisa diolah. Tujuannya agar sumber teks dapat diambil tanpa harus menulis ulang secara manual. Tingkat ketelitian dan keakuratan hasil pembacaan program OCR sangat beragam dan tergantung juga pada sumber dokumen. Jika teks pada gambar terlalu kecil, buram, atau tidak bersih, maka kesalahan pembacaan mungkin saja terjadi. Meskipun demikian, pengeditan hasil OCR dianggap tetap lebih efisien dibandingkan jika menulis ulang sejumlah dokumen atau lembar kiriman fax secara manual. Contoh software OCR adalah ReadIris dan OmniPage.

PageRank
PageRank adalah algoritma tertentu yang digunakan mesin pencari Google untuk menentukan tingkat popularitas sebuah halaman web. Rentang nilai ranking yang diberikan adalah antara 0 hingga 10. Nilai 0 merupakan nilai terendah, biasanya dimiliki oleh situs baru. Nilai 10 merupakan nilai tertinggi, biasanya dimiliki situs terpopuler di dunia (tentunya antara lain Google.com).

Perhitungan nilai ranking popularitas sebuah situs antara lain berdasarkan jumlah dan kualitas link di situs-situs lain yang mengarah ke situs tersebut. Untuk mengetahui nilai ranking sebuah halaman web dapat dilakukan melalui berbagai tool online yang ada di internet (contoh Pemeriksaan PageRank), atau dengan menginstal Google Toolbar.

PHP
PHP adalah singkatan berulang dari "PHP Hypertext Preprocessor". PHP merupakan bahasa pemrograman yang memungkinkan para pengembang web untuk membuat konten web yang dinamis dan dapat berinteraksi dengan database. PHP merupakan bahasa pemrograman yang bersifat Open Source. Teknologi PHP disebut dengan bahasa pengkodean server side, karena pemrosesan kode dilakukan di server web dan pengguna cukup mendapatkan hasilnya di tampilan browser. Teknologi sejenis lain yang cukup terkenal adalah JSP (Java Server Pages) dan ASP (Active Server Pages).

4 comments:

Anonymous April 21, 2009 at 6:02 AM  

QUIS ARKOM I


Nama : Kresensiana I.R Mantur
Nim : 07220149
Kelas : A
Jur\Jen : TI\D3


Soal!!!!!!!!!

1. Jelaskan organisasi&arsitektur komputer ?
2. Jelaskan struktur & fungsi komputer ?
3. Jelaskan MBR,MAR,PC,IR,IBR ?
4. Perkembangan komputer Generasi Pentium ?
5. Ciri-ciri komputer generasi komputer I ?
6. Jelaskan tentang Procesor ?
7. Sebutkan Perkembangan Sistem Operasi ?




Jawaban!!!!!!!!

1. Organisasi lebih cendrung kearah perangkat keras, sedangkan Arsitektur lebih cendrung kearah perangkat lunak.
2. Struktur adalah cara computer saling terhubung, Sedangkan Fungsi adalah Operasi dari setiap komponen sebagai bagian dari struktur
3. Yang dimaksud dengan:
• MBR (Memory Buffer Register) yaitu: berisi sebuah word yang akan disimpan didalam memori, atau digunakan untuk menerima word dari memori.
• MAR (Memori Address Register) yaitu: menentukan alamat word di memori untuk dituliskan dari MBR atau dibaca ke MBR
• PC (Program Counter) yaitu: berisi alamat pasangan instruksi berikutnya yang akan diambil dari memori
• IR (Instruction Register) yaitu: berisi instruksi 8-bit op code yang akan dieksekusi
• IBR (Instruction Buffer Register) yaitu:digunakan untuk menyimpan sementara instruksi sebelah kanan word didalam memori
4. Pentium berhasil memberikan hasil rancangan complex instruction set computers ( CISC ) dalam beberapa decade ini. Pentium memberikan prinsip-prinsip rancangan canggih yang hanya dapat ditemukan pada computer super saja dan merupakan contoh yang sempurna bagi rancangan CISC. Berikut ini uraian tentang evolusi produk-produk intel terlebih dahulu:
• 8080: Microprosesor kebutuhan umum pertama didunia. Prosesor ini merupakan mesin 8-bit, dengan lintasan data 8-bit ke memori
• 8086: Micoprosesor yang jauh lebih handal, yaitu mesin 16 bit. Selain lintasan data yang lebih lebar dan register-register yang lebih besar, 8086 memiliki cache instruksi atau antrean yang akan melakukan pengambilak awal instruksi sebelum dieksekusi.
• 80286: Prosesor ini merupakan pengembangan dari 8086 yang dapat melakukan pengalamatan memori sampai 16 MB, tidak hanya 1 MB lagi.
• 80386: mesin 32-bit intel yang pertama, serta perombakan pertama terhadap produk.
• 80486: Memperkenalkan penggunaan teknologi cache yang jauh lebih canggih dan handal dan pipelining instruksi yang canggih.
• Pentium: Dengan Pentium intel memperkenalkan penggunaan teknik-teknik superscalar yang memungkinkan sejumlah instruksi dieksekusi secara parallel.
5. Ciri-ciri computer generasi 1 antara lain:
• Vacum Tubes
• Memerlukan banyak haba dan tenaga
• Storage computer berupa alat magnetic, yaitu: magnetic tapes dan magnetic drum
• Bahasa mesin dan bahasa penghimpunan berupa Nemonic names dan symbolic names
• Sukar digunakan
• Sukar dipahami oleh manusia
• Dikawal suis dan pandawaian
• Kad tebuk untuk memasukan data( input ) berupa kad tebuk serta pengeluaran data ( output ) berupa kertas.

6. Prosesor 8088
Prosesor jenis ini mampu mengalamati memori sampai 1mb. Memoriini digunakan untukk menyimpan kode biner dari instruksi yang akan dijalankan oleh , selain iu memori juga digunakan untuk menyimpan data secara sementara. Dengan tambahan unit input atau output memungkinkan 8088 untuk menerima data dari luar ( operasi input ) ataupun mengirim data keluar ( operasi output ).

7. OS adalah sebuah program penghubung antara user komputer dan hardware komputer.
Operating sistem merupakan kumpulan program yang dibuat oleh pabrik komputer dengan memperhatikan bentuk dan cara kerja hardware yang mereka miliki.
Operating System berdasar American National Standart Institute (ANSI) adalah: Software yang mengontrol pelaksanaan program-program komputer, yaitu dengan mengatur waktu proses, pengecekan kesalahan, mengontrol input dan output, melakukan perhitungan, kompilasi, penyimpanan, pengolahan data serta pelbagai bentuk layanan yang terkait.

Anonymous April 24, 2009 at 2:56 AM  

QUIS ARKOM


Nama : PAULA RITA VIANA
Nim : 07220208
Kelas : A
Jur\Jen : TI\D3


Soal!!!!!!!!!

1. Jelaskan organisasi & arsitektur komputer ?
2. Jelaskan struktur & fungsi komputer ?
3. Jelaskan MBR,MAR,PC,IR,IBR ?
4. Perkembangan komputer Generasi Pentium ?
5. Ciri-ciri komputer generasi komputer I ?
6. Jelaskan tentang Procesor ?
7. Sebutkan Perkembangan Sistem Operasi ?




Jawaban!!!!!!!!

1. Organisasi lebih cendrung atau lebih khusus kearah perangkat keras, sedangkan Arsitektur lebih cendrung kearah perangkat lunak.
2. Struktur adalah cara computer saling terhubung, Sedangkan Fungsi adalah Operasi dari setiap komponen sebagai bagian dari struktur
3. Yang dimaksud dengan:
• MBR (Memory Buffer Register) yaitu: berisi sebuah word yang akan disimpan didalam memori, atau digunakan untuk menerima word dari memori.
• MAR (Memori Address Register) yaitu: menentukan alamat word di memori untuk dituliskan dari MBR atau dibaca ke MBR
• PC (Program Counter) yaitu: berisi alamat pasangan instruksi berikutnya yang akan diambil dari memori
• IR (Instruction Register) yaitu: berisi instruksi 8-bit op code yang akan dieksekusi
• IBR (Instruction Buffer Register) yaitu:digunakan untuk menyimpan sementara instruksi sebelah kanan word didalam memori
4. Pentium berhasil memberikan hasil rancangan complex instruction set computers ( CISC ) dalam beberapa decade ini. Pentium memberikan prinsip-prinsip rancangan canggih yang hanya dapat ditemukan pada computer super saja dan merupakan contoh yang sempurna bagi rancangan CISC. Berikut ini uraian tentang evolusi produk-produk intel terlebih dahulu:
• 8080: Microprosesor kebutuhan umum pertama didunia. Prosesor ini merupakan mesin 8-bit, dengan lintasan data 8-bit ke memori
• 8086: Micoprosesor yang jauh lebih handal, yaitu mesin 16 bit. Selain lintasan data yang lebih lebar dan register-register yang lebih besar, 8086 memiliki cache instruksi atau antrean yang akan melakukan pengambilak awal instruksi sebelum dieksekusi.
• 80286: Prosesor ini merupakan pengembangan dari 8086 yang dapat melakukan pengalamatan memori sampai 16 MB, tidak hanya 1 MB lagi.
• 80386: mesin 32-bit intel yang pertama, serta perombakan pertama terhadap produk.
• 80486: Memperkenalkan penggunaan teknologi cache yang jauh lebih canggih dan handal dan pipelining instruksi yang canggih.
• Pentium: Dengan Pentium intel memperkenalkan penggunaan teknik-teknik superscalar yang memungkinkan sejumlah instruksi dieksekusi secara parallel.

5. Ciri-ciri computer generasi 1 antara lain:

• Vacum Tubes
• Memerlukan banyak haba dan tenaga
• Storage computer berupa alat magnetic, yaitu: magnetic tapes dan magnetic drum
• Bahasa mesin dan bahasa penghimpunan berupa Nemonic names dan symbolic names
• Sukar digunakan
• Sukar dipahami oleh manusia
• Dikawal suis dan pandawaian
• Kad tebuk untuk memasukan data( input ) berupa kad tebuk serta pengeluaran data ( output ) berupa kertas.


6. Prosesor 8088

Prosesor jenis ini mampu mengalamati memori sampai 1mb. Memoriini digunakan untukk menyimpan kode biner dari instruksi yang akan dijalankan oleh , selain iu memori juga digunakan untuk menyimpan data secara sementara. Dengan tambahan unit input atau output memungkinkan 8088 untuk menerima data dari luar ( operasi input ) ataupun mengirim data keluar ( operasi output ).

7. OS adalah sebuah program penghubung antara user komputer dan hardware komputer.
Operating sistem merupakan kumpulan program yang dibuat oleh pabrik komputer dengan memperhatikan bentuk dan cara kerja hardware yang mereka miliki.
Operating System berdasar American National Standart Institute (ANSI) adalah: Software yang mengontrol pelaksanaan program-program komputer, yaitu dengan mengatur waktu proses, pengecekan kesalahan, mengontrol input dan output, melakukan perhitungan, kompilasi, penyimpanan, pengolahan data serta pelbagai bentuk layanan yang terkait.

Anonymous April 27, 2009 at 5:35 AM  

QUIS ARKOM


Nama : MAGDALENA FEBRY WITHIN
Nim : 07220157
Kelas : A
Jur\Jen : TI\D3


Soal

1. Jelaskan organisasi&arsitektur komputer ?
2. Jelaskan struktur & fungsi komputer ?
3. Jelaskan MBR,MAR,PC,IR,IBR ?
4. Perkembangan komputer Generasi Pentium ?
5. Ciri-ciri komputer generasi komputer I ?
6. Jelaskan tentang Procesor ?
7. Sebutkan Perkembangan Sistem Operasi ?




Jawaban

1. Organisasi lebih kearah perangkat keras, sedangkan Arsitektur lebih kearah perangkat lunak.
2. Struktur adalah cara computer untuk saling berhubungan, Sedangkan Fungsi adalah Operasi dari setiap komponen sebagai bagian dari struktur
3. Yang dimaksud dengan:
• MBR (Memory Buffer Register) yaitu: berisi sebuah word yang akan disimpan didalam memori
• MAR (Memori Address Register) yaitu: memberikan alamat word pada memori untuk dituliskan dari MBR atau dibaca ke MBR
• PC (Program Counter) yaitu: berisi alamat pasangan instruksi berikutnya yang akan diambil dari memori
• IR (Instruction Register) yaitu: berisi instruksi 8-bit op code yang akan diproses
• IBR (Instruction Buffer Register) yaitu:dipergunakan untuk menyimpan sementara instruksi sebelah kanan word didalam atau pada memori
4. Pentium berhasil memberikan hasil rancangan complex instruction set computers ( CISC ) dalam beberapa decade ini. Pentium memberikan prinsip-prinsip rancangan canggih yang hanya dapat ditemukan pada computer super saja dan merupakan contoh yang sempurna bagi rancangan CISC. Berikut ini uraian tentang evolusi produk-produk intel terlebih dahulu:
• 8080: Microprosesor kebutuhan umum pertama didunia. Prosesor ini merupakan mesin 8-bit, dengan lintasan data 8-bit ke memori
• 8086: Micoprosesor yang jauh lebih handal, yaitu mesin 16 bit. Selain lintasan data yang lebih lebar dan register-register yang lebih besar, 8086 memiliki cache instruksi atau antrean yang akan melakukan pengambilak awal instruksi sebelum dieksekusi.
• 80286: Prosesor ini merupakan pengembangan dari 8086 yang dapat melakukan pengalamatan memori sampai 16 MB, tidak hanya 1 MB lagi.
• 80386: mesin 32-bit intel yang pertama, serta perombakan pertama terhadap produk.
• 80486: Memperkenalkan penggunaan teknologi cache yang jauh lebih canggih dan handal dan pipelining instruksi yang canggih.
• Pentium: Dengan Pentium intel memperkenalkan penggunaan teknik-teknik superscalar yang memungkinkan sejumlah instruksi dieksekusi secara parallel.

5. Ciri-ciri computer generasi 1 antara lain:

• Vacum Tubes
• Memerlukan banyak haba dan tenaga
• Storage computer berupa alat magnetic, yaitu: magnetic tapes dan magnetic drum
• Bahasa mesin dan bahasa penghimpunan berupa Nemonic names dan symbolic names
• sulit digunakan
• Sulit dipahami oleh manusia
• Dikawal suis dan pandawaian


6. Prosesor 8088

Prosesor jenis ini mampu mengalamati memori sampai 1mb. Memori ini digunakan untuk menyimpan kode biner dari instruksi yang akan dijalankan oleh , selain iu memori juga digunakan untuk menyimpan data secara sementara. Dengan tambahan unit input atau output memungkinkan 8088 untuk menerima data dari luar atau mengirim data keluar.

7. OS adalah sebuah program penghubung antara user komputer dan hardware komputer.
Operating sistem merupakan kumpulan program yang dibuat oleh pabrik komputer dengan memperhatikan bentuk dan cara kerja hardware yang dimiliki oleh mereka.

Anonymous April 27, 2009 at 5:37 AM  

QUIS ARKOM


Nama : MARSELINA NAUF
Nim : 07220179
Kelas : A
Jur\Jen : TI\D3


Soal

1. Jelaskan organisasi&arsitektur komputer ?
2. Jelaskan struktur & fungsi komputer ?
3. Jelaskan MBR,MAR,PC,IR,IBR ?
4. Perkembangan komputer Generasi Pentium ?
5. Ciri-ciri komputer generasi komputer I ?
6. Jelaskan tentang Procesor ?
7. Sebutkan Perkembangan Sistem Operasi ?




Jawaban

1. Organisasi lebih kearah perangkat keras, sedangkan Arsitektur lebih kearah perangkat lunak.
2. Struktur adalah cara computer untuk saling berhubungan, Sedangkan Fungsi adalah Operasi dari setiap komponen sebagai bagian dari struktur
3. Yang dimaksud dengan:
• MBR (Memory Buffer Register) yaitu: berisi sebuah word yang akan disimpan didalam memori
• MAR (Memori Address Register) yaitu: memberikan alamat word pada memori untuk dituliskan dari MBR atau dibaca ke MBR
• PC (Program Counter) yaitu: berisi alamat pasangan instruksi berikutnya yang akan diambil dari memori
• IR (Instruction Register) yaitu: berisi instruksi 8-bit op code yang akan diproses
• IBR (Instruction Buffer Register) yaitu:dipergunakan untuk menyimpan sementara instruksi sebelah kanan word didalam atau pada memori
4. Pentium berhasil memberikan hasil rancangan complex instruction set computers ( CISC ) dalam beberapa decade ini. Pentium memberikan prinsip-prinsip rancangan canggih yang hanya dapat ditemukan pada computer super saja dan merupakan contoh yang sempurna bagi rancangan CISC. Berikut ini uraian tentang evolusi produk-produk intel terlebih dahulu:
• 8080: Microprosesor kebutuhan umum pertama didunia. Prosesor ini merupakan mesin 8-bit, dengan lintasan data 8-bit ke memori
• 8086: Micoprosesor yang jauh lebih handal, yaitu mesin 16 bit. Selain lintasan data yang lebih lebar dan register-register yang lebih besar, 8086 memiliki cache instruksi atau antrean yang akan melakukan pengambilak awal instruksi sebelum dieksekusi.
• 80286: Prosesor ini merupakan pengembangan dari 8086 yang dapat melakukan pengalamatan memori sampai 16 MB, tidak hanya 1 MB lagi.
• 80386: mesin 32-bit intel yang pertama, serta perombakan pertama terhadap produk.
• 80486: Memamerkan penggunaan teknologi cache yang jauh lebih canggih dan handal dan pipelining instruksi yang canggih.
• Pentium: Dengan Pentium intel memperkenalkan penggunaan teknik-teknik superscalar yang memungkinkan sejumlah instruksi dieksekusi secara parallel.

5. Ciri-ciri computer generasi 1 antara lain:

• Vacum Tub
• Memerlukan banyak haba dan tenaga
• Storage computer berupa alat magnetic, yaitu: magnetic tapes dan magnetic drum
• Bahasa mesin dan bahasa penghimpunan berupa Nemonic names dan symbolic names
• sulit digunakan
• Sulit dipahami oleh manusia
• Dikawal suis dan pandawaian


6. Prosesor 8088

Prosesor jenis ini mampu mengalamati memori sampai 1mb. Memori ini digunakan untuk menyimpan kode biner dari instruksi yang akan dijalankan oleh , selain iu memori juga digunakan untuk menyimpan data secara sementara. Dengan tambahan unit input atau output memungkinkan 8088 untuk menerima data dari luar atau mengirim data keluar.

7. OS adalah program penghubung antara user komputer dan hardware komputer.
Operating sistem merupakan kumpulan berbagai program yang diproduksi oleh pabrik komputer dengan memperhatikan bentuk dan cara kerja pada hardware.

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP