Wednesday, February 25, 2015

Perbedaan Mac OS dan Windows Beserta Keunggulannya



Machintosh atau sering disebut juga MacOS adalah sistem operasi yang dibuat oleh Apple Computer yang pada awalnya dirancang khusus untuk komputer dengan mesin machintosh, yaitu mesin komputer yang dirancang  memiliki arsitektur khusus untuk MacOS yang bersifat exclusive dan berlisensi tertutup dan khusus atau terbatas. Sehingga MacOS pada waktu itu tidak kompatibel dengan PC dengan arsitektur x86 yang ada.

Selain itu ada beberapa perbedaan mendasar yang membedakan antara MacOS dengan Ms. Windows sebagai market leader sistem operasi dewasa ini. Perbedaan itu antara lain :

1.            Kernel, MacOS adalah salah satu sistem operasi yang menggunakan kernel dari jenis Mikro Kernel, sedangkan Ms. Windows menggunakan Monolitik kernel. Perbedaan antara Mikro dan Monolitik kernel ialah Kernel monolitik mengintegrasikan banyak fungsi di dalam kernel dan menyediakan lapisan abstraksi perangkat keras secara penuh terhadap perangkat keras yang berada di bawah sistem operasi. Sedangkan Mikrokernel menyediakan sedikit saja dari abstraksi perangkat keras dan menggunakan aplikasi yang berjalan di atasnya—yang disebut dengan server—untuk melakukan beberapa fungsionalitas lainnya. Untuk pembahasan mengenai kernel lebih lanjut akan saya bahas pada postingan selanjutnya.
2.            Jenis Lisensi dan Penginstallan, MacOS pada awalnya adalah sistem operasi embeded atau sistem operasi yang ditanam atau diinstal langsung dari pabrikannya, dan lisensinya exclusive hanya untuk mesin-mesin buatan Apple Computer, seperti Macbook, MacPro PC, iPad, iBook. Sedangkan Ms. Windows kita bisa membeli berbagai jenis lisensi yang disediakan antara lain OEM, FPP (Full Package Program), Pre Installed dan bisa diinstal di mesin PC apa saja asal berarsitektur IBM PC x86 atau x86-64.
3.            Kemampuan Rendering, berkat menggunakan kernel berjenis Mikro Kernel MacOS memiliki performa yang luar biasa dalam masalah rendering dan kemampuan pada grafis yang menakjubkan. Maka tidak salah jika MacOS sering dijadikan pilihan bagi para Grafis Disainer Profesional. Sebagai perbandingan, jika kita melakukan rendering objek 3D pada MacOS dan Windows, maka MacOS akan jauh meninggalkan Windows dalam masalah performa. Tapi satu hal yang disayangkan, meski MacOS memiliki kemampuan luar biasa dalam rendering 3D dan disain grafis, tetapi MacOS tidak familiar dengan Games. Berbeda dengan Windows yang sangat familiar dengan Games.
4.            Keamanan, sudah jelas untuk keamanan MacOS jauh lebih aman dari pasa Windows walaupun MacOS berjalan tanpa Antivirus dan Firewall. Hal ini dikarenakan selain popularitas MacOS yang berbeda jauh dengan windows (pengguna MacOS tidak lebih dari 5% dari pengguna komputer di dunia). Sehingga diasumsikan para hacker dan pembuat virus lebih tertarik membuat malware yang bisa berjalan di Windows daripada di MacOS.
5.            Kehandalan Mengelola Jaringan, dalam masalah ini MacOS harus mengaku kalah dari Windows. Karena ternya MacOS lebih piawai dalam urusan single komputer daripada network komputer.Walau memang MacOS masih bisa terhubung dengan komputer lain via jaringan, tetapi Windows lebih piawai dan handal. Dan yang lebih membedakan lagi Server berbasis Windows jauh lebih powerful dan populer ketimbang MacOS.
6.            Harga, MacOS memiliki harga lisensi yang jauh lebih mahal daripada Windows. Jika kita bandingkan sebuah Notebook yang terinstall Windows 7 Home Edition Original dan spesifikasi standart bisa dibandrol sekitar 5 Juta sampai 7 Juta rupiah, beda halnya dengan MacOS pada MacBook dengan spesifikasi hampir sama bisa dibandrol sekitar 10 juta sampai 13 Juta.
7.            Maintenance, dalam masalah perawatan dan perbaikan jika ada kerusakan MacOS jauh lebih rumit daripada Windows. Dan tidak jarang jika ada kerusakan yang terjadi pada MacOS, hanya bisa diperbaiki oleh perusahaan Apple nya sendiri, atau dengan kata lain kita kirim ke Apple untuk diperbaiki. Dan jarang-jarang ada teknisi rumahan yang menyediakan jasa perbaikan MacOS.
8.            User Interface dan Desktop, untuk UI dan Desktop MacOS lebih bagus juga Multiple Desktop dan lebih menarik daripada Windows walaupun sebenarnya hal itu dikembalikan kepada masalah selera.
9.            Kompabilitas Hardware dan Software, untuk masalah kompabilitas MacOS memiliki dukungan jauh lebih sedikit daripada Windows, hal ini disebabkan dari masalah lisensi exclusive yang digunakan MacOS.
10.         Patch, karena kita sudah faham kalo Windows itu jauh lebih rapuh dalam soal keamanan maka sudah bisa dipastikan jumlah Patch untuk Windows jauh lebih banyak daripada MacOS
Kelebihan yang ditawarkan MacOS :
1.            Memiliki performance yang sangat bagus untuk desain grafis
2.            Memiliki sistem yang jauh lebih stabil
3.            User Interface dan Desktop yang menarik
4.            Memiliki kemampuan multi-tasking dan multiple desktop
5.            Bisa mengenali file dengan format populer ataupun tidak dari sistem operasi lain
6.            File yang dibuat di MacOS bisa dikenali oleh Windows
7.            Lebih aman dari virus malware dan kawan-kawannya
8.            Mudah untuk digunakan
9.            Memiliki dukungan vendor yang jelas

Kekurangan MacOS :
1.            Harga lisensi yang Sangat Mahal
2.            Tidak cocok untuk game dan digunakan Server
3.            Maintenance dan perbaikan jika terjadi kerusakan jauh lebih sulit dan rumit
4.            Hanya cocok untuk Desain Grafis dan Multimedia
5.            Dukungan hardware dan Software jauh lebih sedikit daripada Windows
Versinya MacOS hingga saat ini:
-. Mac OS X Version 10.0: "Cheetah"
-. Mac OS X Version 10.1: "Puma"
-. Mac OS X Version 10.2: "Jaguar"
-. Mac OS X Version 10.3: "Panther"
-. Mac OS X Version 10.4: "Tiger"
-. Mac OS X Version 10.5: "Leopard"
-. Mac OS X Version 10.6: "Snow Leopard"




0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP