Wednesday, February 25, 2015

Operating System Mac OS

Mac OS adalah system operasi (Operating System) yang biasa digunakan pada prangkat computer dengan brand Apple. Pada generasi pertama perakitan Apple, Mac OS sudah dirancang dan dilengkapi dengan perangkat GUI yang sangat menarik dan simple. Hal tersebut dapat kita perhatikan ketika Steve Jobs dan Steve Wozniak merancang desain pertama Apple pada tahun 1984 (pada saat itu nama Apple belum terpikirkan), mereka sudah memikirkan bagaimana agar perangkat yang mereka bentuk dapat memuaskan serta memudahkan penggunanya (pada saat itu dunia computer sedang dalam era pengembangan personal computer). Sebagai contoh mudah dimana system Mac OS memberikan kemudahan pagi pengguna dapat kita perhatikan dari cara installasi program/software yang tidak ada button install cukup drag to application dan otomatis program tersebut akan terpasang di dalam unit Apple. Mac OS itu sendiri berjalan pada system UNIX yang pada sifat dasarnya lebih mudah dari pada system bios MS-DOS dan proses penyortiran running program yang lebih baik dari pada DOS. 

Sejarah Singkat Mac OS Beserta Perangkat-Perangkat Pendukungnya

Versi awal dari Mac OS yang kompatibel hanya dengan procesor Motorola 68000-berbasis Macintosh. Seperti Apple memperkenalkan komputer dengan hardware PowerPC, OS porting untuk mendukung arsitektur ini juga. Mac OS 8.1 adalah versi terakhir yang bisa berjalan di prosesor "68K" (yang 68.040). Mac OS X, yang telah menggantikan "Classic" Mac OS, kompatibel dengan hanya prosesor PowerPC dari versi 10.0 ("Cheetah") untuk versi 10.3 ("Panther"). PowerPC dan prosesor Intel yang didukung di versi 10.4 ("Tiger", Intel hanya didukung setelah update) dan versi 10.5 ("Leopard"). Versi 10.6 ("Snow Leopard") dan kemudian dukungan hanya prosesor Intel. Sistem operasi Macintosh awal awalnya terdiri dari dua buah perangkat lunak, yang disebut "Sistem" dan "Finder", masing-masing dengan nomor versi sendiri. Sistem 7.5.1 adalah yang pertama untuk menyertakan logo Mac OS (variasi pada Selamat asli Mac startup ikon), dan Mac OS 7,6 adalah yang pertama diberi nama "Mac OS". Sebelum pengenalan G3 sistem berbasis PowerPC kemudian, bagian-bagian penting dari sistem disimpan dalam ROM fisik pada motherboard. Tujuan awal dari ini adalah untuk menghindari menggunakan sampai penyimpanan terbatas disket pada dukungan sistem, mengingat bahwa Mac awal tidak memiliki hard disk. (Hanya satu model Mac pernah benar-benar bootable dengan menggunakan ROM saja, model yang klasik Mac 1991.) Arsitektur ini juga memungkinkan untuk antarmuka grafis OS sepenuhnya pada tingkat terendah tanpa perlu untuk konsol teks saja atau mode command-line. Kesalahan saat boot, seperti menemukan fungsi tidak ada disk drive, yang dikomunikasikan kepada pengguna grafis, biasanya dengan ikon atau font Chicago khas bitmap dan berpadu of Death atau serangkaian beep. Hal ini berbeda untuk komputer waktu itu, yang ditampilkan pesan tersebut dalam font mono-spasi pada latar belakang hitam, dan diperlukan penggunaan keyboard, bukan tikus, untuk input. Untuk memberikan keindahan seperti pada tingkat rendah, Mac OS tergantung pada perangkat lunak sistem inti dalam ROM pada motherboard, sebuah fakta yang kemudian membantu untuk memastikan bahwa Apple hanya komputer atau klon berlisensi (dengan hak cipta yang dilindungi ROM dari Apple) bisa menjalankan Mac OS. Mac OS dapat dibagi menjadi dua keluarga: Klasik Mac OS keluarga, yang didasarkan pada kode Apple sendiri Mac OS X sistem operasi, yang dikembangkan dari Mac keluarga Klasik OS, dan NeXTSTEP, yang berbasis UNIX.
NeXTSTEP sendiri adalah perusahaan yang didirikan Steve Jobs (sendiri) setelah keluar dari Apple.Inc. Di era itu NeXT dibuat Steve J untuk membuat komputer2 dengan basis yang lebih hebat dari Apple karena di era itu Steve Jobs juga bekerja di Walt Desney untuk mengerjakan Toys Story 1. Maka kalo dapat disimpulkan produk-produk yang dibuat NeXT bersama Steve adalah komputer-komputer raksasa dengan spesifikasi hebat.



"Classic" Mac OS (1984-2001)

Sejarah Mac OS Asli 1984 Macintosh desktop yang "Klasik" Mac OS adalah ditandai oleh kurangnya total dari baris perintah, yang merupakan sistem operasi yang sepenuhnya grafis. Versi Mac OS sistem ke 4 hanya menjalankan satu aplikasi pada satu waktu. Meski begitu, hal tersebut ada keuntungannya yaitu kemudahan penggunaan. Mac OS membuat sistem multitasking pada sistem ke 5, yang berlari pada SE

Mac dan Macintosh II. Hal itu dikritik banyak pihak karena manajemen memori yang sangat terbatas, kurangnya memori yang dilindungi, dan kerentanan terhadap konflik antara "ekstensi" sistem operasi yang menyediakan fungsionalitas tambahan (seperti jaringan) atau dukungan untuk perangkat tertentu. Beberapa ekstensi mungkin tidak bekerja dengan baik bersama, atau bekerja hanya saat dimuat dalam urutan tertentu. Masalah Mac OS ekstensi bisa menjadi proses yang memakan waktu trial and error.

Macintosh awalnya menggunakan Sistem Macintosh File (MFS), sebuah sistem flat file dengan hanya satu tingkat folder. Ini segera diganti pada tahun 1985 oleh Sistem Hierarchical File (HFS), yang memiliki pohon direktori yang benar. Kedua sistem file yang lain yang kompatibel.
Sistem file yang paling sering digunakan dengan DOS, Unix, atau sistem operasi lain memperlakukan sebuah file hanya sebagai urutan byte, memerlukan aplikasi untuk mengetahui byte mewakili apa jenis informasi. Sebaliknya, MFS dan HFS memberikan dua file berbeda "tipe". Tipe data berisi jenis informasi yang sama sebagai sistem file lain, seperti teks dokumen atau bitmap dari sebuah file gambar. Sumber daya tipe berisi data terstruktur lainnya seperti definisi menu, grafik, suara, atau segmen kode. Sebuah file mungkin hanya terdiri dari sumber daya dengan tipe data kosong, atau hanya tipe data dengan tanpa tipe sumber daya (source). Sebuah file pengolah kata bisa berisi teks dalam tipe data dan informasi perintah dalam tipe sumber daya (source), sehingga aplikasi yang tidak mengenali model informasi masih dapat membaca teks mentah.

Di sisi lain, pembuatan tipe ini akan memberikan tantangan untuk interoperabilitas dengan sistem operasi lain: bagaimana satu salinan file dua-cabang ke dalam sistem file yang berbeda, atau di sistem file transfer, atau menanamkan ke dalam email? Dalam menyalin atau mentransfer file MacOS untuk sistem non-Mac, implementasi default hanya akan mengakses file tipe sumber dayanya (source).


Versi PowerPC

Mac OS X sampai dengan dan termasuk Mac OS X v10.4 Tiger menggunakan sistem yang tidak jauh berbeda dengan klasik, gunanya untuk tetap dapat menjalankan aplikasi Mac yang lebih tua. Seperti menjalankan salinan lengkap dari Mac OS yang lebih tua, versi 9.1 atau lambat, dalam proses Mac OS X. Mac berbasis PowerPC dikirimkan dengan Mac OS 9.2 serta Mac OS X. Mac OS 9.2 harus diinstal oleh pengguna karena tidak terinstal secara default pada perangkat keras yang dirilis. Beberapa hardware juga harus di install karena tidak bisa bisa di diteksi secara langsung oleh OS (Mac OS hanya membaca nama perangkat tidak dapat mendevenisikan kegunaan perangkat).

Pengguna Mac OS umumnya upgrade ke Mac OS X, tapi banyak dikritik sebagai yang lebih sulit dan kurang user-friendly dari Mac OS asli, karena kurangnya fitur tertentu yang belum kembali dilaksanakan di OS baru, atau untuk menjadi lebih lambat pada hardware yang sama (hardware terutama yang lebih tua), atau lainnya, kadang-kadang tidak kompatibel serius dengan OS yang lebih tua [6] Karena driver (untuk printer, scanner, tablet, dll) yang ditulis untuk Mac OS yang lebih tua tidak kompatibel. dengan Mac OS X, dan karena kurangnya dukungan Mac OS X untuk mesin Apple yang lebih tua, sejumlah besar pengguna Macintosh terus menggunakan lebih tua klasik Mac OS.

Pada bulan Juni 2005, Steve Jobs mengumumkan di keynote Worldwide Developers Conference bahwa Apple komputer akan transisi dari PowerPC ke prosesor Intel dan dengan demikian menjatuhkan kompatibilitas pada mesin-mesin baru yang berhubungan Mac OS Classic. Pada konferensi yang sama, Jobs mengumumkan Kit Transisi Pengembang yang mencakup versi beta dari perangkat lunak Apple termasuk Mac OS X menyatakan bahwa pengembang terus menguji aplikasi yang berjalan di Mac Intel-powered. Pada bulan Januari 2006, Apple merilis komputer Macintosh pertama dengan prosesor Intel, iMac dan MacBook Pro, dan pada bulan Februari 2006, Apple merilis Mac mini dengan Intel Core Solo dan Duo processor.

Pada 16 Mei 2006, Apple merilis MacBook, sebelum menyelesaikan transisi Intel pada tanggal 7 Agustus dengan Mac Pro. Untuk memudahkan transisi untuk pembeli (penguna) awal mesin-mesin baru, Mac berbasis Intel termasuk sebuah teknologi emulasi yang disebut Rosetta, yang memungkinkan mereka untuk menjalankan Mac OS X perangkat lunak yang dikompilasi untuk Macintosh berbasis PowerPC. Rosetta berjalan transparan, menciptakan pengalaman pengguna yang identik dengan menjalankan perangkat lunak pada mesin PowerPC, meskipun eksekusi biasanya lebih lambat dibandingkan dengan kode asli. Rosetta adalah instalasi opsional di Mac OS X 10,6 Snow Leopard dan tidak tersedia di Mac OS X 10.7 Lion.

Mac OS X

Mac OS X adalah terbaru dari Apple Inc 's baris Mac OS sistem operasi. Meskipun secara resmi ditetapkan sebagai hanya "versi 10" dari Mac OS, memiliki sejarah yang sebagian besar tergantung pada OS rilis sebelumnya Mac.

Sistem operasi adalah penerus Mac OS 9 dan "klasik" Mac OS. Ini adalah sebuah sistem operasi Unix, didasarkan pada sistem NeXTSTEP operasi dan kernel Mach yang Apple diperoleh setelah membeli NeXT Computer (perusahaan lain Steve Jobs), kembali ke Apple pada saat ini. Mac OS X juga memanfaatkan basis kode BSD.

Ada enam rilis signifikan dari versi klien, yang paling terbaru yang Mac OS X 10.7, disebut sebagai Lion. Seperti halnya versi klien, Mac OS X juga memiliki enam rilis signifikan sebagai versi server, disebut Mac OS X Server. Yang pertama, Mac OS X Server 1.0, dirilis dalam versi beta pada tahun 1999. Versi server arsitektur identik dengan versi client, dengan diferensiasi beberapa perangkat alat manajemen server, termasuk alat-alat untuk mengelola Mac OS X berbasis kelompok kerja, mail server, dan web server. Ada sistem yang membuat konektivitas dengan produk mac lainnya dan itu adalah sistem operasi default Xserve (yang sekarang telah dihentikan), merupakan fitur opsional pada Mac Mini dan Mac Pro, dan itu juga diinstal pada Mac yang lain.

Berbeda dengan versi klien, Mac OS X Server dapat berjalan dalam mesin virtual menggunakan perangkat lunak emulasi seperti Parallels Desktop dan VMWare Fusion.

Mac OS X juga merupakan dasar untuk IOS, (OS iPhone sebelumnya) yang digunakan pada iPhone Apple, iPod Touch, dan iPad.
Mac OS adalah singkatan dari Machintosh Operating System. Di buat ole Apple Computer khusus untuk komputer Machintosh dan tidak kompatibel dengan PC IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompabilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86. Dan Mac OS versi 10.6 (Snow Leopard) adalah SO terbaru. Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Machintosh. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001.
MAC OS Contohnya adalah fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain.[rujukan?] Rilis terakhir Mac OS diluncurkan sekitar bulan Mei 2005 dengan kode Tiger dengan versi 10.4. Tahapan-tahapan OSX:.
Apple baru-baru ini merilis versi terbaru dari sistem operasi mereka yaitu OS X Lion. Versi teranyar dari rangkaian OS X yang menjanjikan lebih dari 250 fitur baru ini cukup banyak membuat penasaran banyak orang. Apalagi dijual dengan harga yang cukup murah dan langsung bisa didapatkan di Mac App Store. Dibalik Mac OS X Lion tentu pasti ada versi pendahulunya. Nah, sekarang kita akan mundur kebelakang, untuk mengenang beberapa versi OS X sebelumnya.

Progam Apple sengaja berusaha untuk meminimalkan kesadaran konseptual pengguna dari sistem operasi:  jadi tugas yang diperlukan dalam  pengetahuan sistem operasi lebih pada sistem lain akan tetapi dilakukan dengan gerakan mouse intuitif dan kontrol grafis sederhana pada Macintosh, membuat sistem lebih user-friendly dan mudah untukdikuasai. Ini akan membedakannya dari sistem maka saat ini seperti MS-DOS yang lebih teknis menantang untuk beroperasi.
Inti dari perangkat lunak sistem diadakan di ROM, dengan update disediakan secara gratis oleh dealer Apple (pada floppy disk). Keterlibatan pengguna dalam upgrade dari sistem operasi juga diminimalkan untuk menjalankan installer, atau hanya mengganti file sistem, kesederhanaan yang lagi dibedakan produk dari orang lain.

Mac OS adalah serangkaian grafis antarmuka berbasis sistem operasi pengguna yang dikembangkan oleh Apple Inc untuk baris Macintosh mereka sistem komputer. Mac OS dikreditkan dengan mempopulerkan antarmuka pengguna grafis. Bentuk asli dari apa yang Apple sekarang memanggil OS X adalah perangkat lunak sistem integral dan tidak disebutkan namanya pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 dengan Macintosh yang asli, dan disebut hanya sebagai perangkat lunak Sistem.


Urutan Versi-Versi Mac OS X :

Mac OS X 10.0.0 – Cheetah


  “Cheetah” adalah versi pertama dari Mac OS X. Cheetah juga dikenal sebagai Mac OS X versi 10.0.0. Dirilis di tahun 2001, Cheetah menandai perubahan besar dari versi Mac OS sebelumnya. Dengan kode program yang benar-benar baru, gaya desktop dan sistem manajemen memori yang juga baru, cheetah merupakan evolusi di dunia PC dan Laptop dari Apple. Meskipun tidak sedikit yang memberikan kritik Cheetah pada masalah performa dan fitur-fitur yang “hilang” dari Mac OS, tetapi tidak dapat disangkal, Cheetah merupakan OS paling stabil yang dimiliki Mac pada waktu itu. Sedikit tambahan, di versi kali ini pihak Apple tidak menggunakan kata-kata Cheetah untuk media promosi, mereka lebih memilih Mac OS X.

  Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf "X" yang terdengar seperti "eks". Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran "x" (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix). dan Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbedaan bahwa versi Serverworkgroup dalam komputer berskala besar
Pada tanggal 24 Maret 2001, Apple merilis Mac OS X v10.0 (Cheetah internal CODEC). Versi awal lambat, tidak lengkap, dan memiliki aplikasi yang sangat sedikit tersedia pada saat peluncurannya, sebagian besar dari para pengembang independen. Sementara banyak kritikus menyarankan bahwa sistem operasi tidak siap untuk adopsi mainstream, mereka mengakui pentingnya peluncuran awal sebagai dasar yang untuk meningkatkan. Cukup melepaskan Mac OS X telah diterima oleh komunitas Macintosh sebagai prestasi besar, untuk upaya untuk merombak Mac OS telah berlangsung sejak tahun 1996, dan tertunda oleh kemunduran yang tak terhitung jumlahnya. Berikut beberapa perbaikan bug, panik kernel menjadi jauh lebih jarang.
  
Mac OS X 10.1 – Puma

  Puma, atau Mac OS X versi 10.1, merupakan versi update gratis dari Mac OS X 10.0 / Cheetah. Puma sendiri diluncurkan juga di tahun 2001. Apple juga meluncurkan update minor dari Puma yang akhirnya menjadi OS bawaan untuk produk Machintos Computer mereka. Perkembangan baru yang ditawarkan adalah kemudahan dan kecepatan “burning” CD / DVD, peningkatan kualitas DVD player, dan tambahan kompatibilitas terhadap driver printer. Pada waktu itu banyak kalangan yang menilai tidak banyak perubahan yang ditawarkan di Puma dan pada saat itu banyak juga orang yang mengeluhkan banyaknya bug yang membuat sistem crash di versi Puma ini.

Belakangan tahun itu pada 25 September 2001, Mac OS X v10.1 (Puma internal CODEC) dirilis. Ia memiliki kinerja yang lebih baik dan memberikan fitur yang hilang, seperti pemutaran DVD. Apple merilis 10.1 sebagai CD upgrade gratis untuk 10,0 pengguna, di samping versi kemas US $ 129 untuk orang yang menjalankan Mac OS 9. Hal ini ditemukan bahwa CD adalah CD meng-upgrade instalasi penuh yang bisa digunakan dengan Mac OS 9 sistem dengan menghapus file tertentu. Apple kemudian kembali merilis CD dalam format yang sebenarnya yang tidak memudahkan instalasi pada sistem tersebut. Pada tanggal 7 Januari 2002, Apple mengumumkan bahwa Mac OS X adalah untuk menjadi sistem operasi standar untuk semua produk Macintosh pada akhir bulan itu.

Mac OS X 10.2 – Jaguar

Versi selanjutnya dari Mac OS muncul di tahun 2001 dengan nama Jaguar. Jaguar berhasil memberikan perbedaan besar dari versi Puma dengan adanya peningkatan kecepatan, stabilitas, kompatibilitas dengan dan fitur-fitur baru lainnya. Address Book, Handwriting recognition software Inkwell, dan Mail program merupakan fitur tambahan yang memiliki daya tarik sendiri saat Jaguar di luncurkan. Jaguar sendiri merupakan produk OS Apple yang dipasarkan dengan nama kodenya (Jaguar) dan bukan dari nama versinya (Mac OS X versi 10.2).

 Pada tanggal 23 Agustus 2002, Apple ditindaklanjuti dengan Mac OS X v10.2 "Jaguar", rilis pertama yang menggunakan kode nama sebagai bagian dari branding. Ini membawa peningkatan kinerja yang hebat, terlihat lebih ramping, dan banyak perangkat tambahan yang kuat (lebih dari 150, menurut Apple), termasuk Ekstrim Kuarsa untuk grafis compositing langsung pada ATI Radeon atau Nvidia GeForce2 MX AGP berbasis kartu video dengan minimal 16Mb VRAM, sistem repositori lebar untuk informasi kontak di Buku Alamat baru, dan klien instant messaging bernama iChat. Mac yang telah muncul selama urutan startup untuk Mac OS hampir 18 tahun itu diganti dengan logo Apple yang besar abu-abu dengan pengenalan Mac OS X v10.2.

Mac OS X 10.3 – Panther

  Versi keempat dari rangkaian seri Mac OS X hadir dengan nama kode Panther. Dirilis setahun setelah versi Jaguar yaitu pada 2003, Panther dipromosikan memiliki lebih dari 150 fitur baru, termasuk live search engine di finder, Expose, TextEdit, Preview, dan Quick Time. Panther juga menandai peluncuran dari web browser keluaran Apple yaitu Safari. Safari sendiri di versi ini secara resmi menggantikan Internet Explorer untuk Mac.
Mac OS X v10.3 "Panther" dirilis pada tanggal 24 Oktober 2003. Selain memberikan peningkatan kinerja banyak, itu juga memasukkan update paling luas belum user interface. Panther dimasukkan sebagai banyak atau lebih banyak fitur baru sebagai Jaguar telah tahun sebelumnya, termasuk Finder diperbarui, menggabungkan antarmuka disikat-logam, pengguna beralih Cepat, Expose (manajer Window), FileVault, Safari, iChat AV (yang menambahkan fitur videoconference untuk iChat), peningkatan Portable Document Format (PDF) rendering dan jauh lebih besar Microsoft interoperabilitas Windows dukungan untuk beberapa komputer G3 awal seperti "Beige" Mac Power dan "Wallstreet"PowerBook”dihentikan.


MAc OS X 10.4 – Tiger

  Versi berikutnya adalah Mac OS X v10.4 atau dikenal dengan Tiger. Dirilis di tahun 2005, dan merupakan Mac OS X yang bertahan paling lama sebelum digantikan oleh versi Leopard di lebih dari 2 tahun berikutnya. Spotlight search engine diperkenalkan Apple pada versi Tiger ini. Kemudian mereka juga memperkenalkan beberapa fitur seperti Dashboard (sebuah sistem widget), versi terbaru dari Safari dan lain sebagainya.

Mac OS X v10.4 "Tiger" dirilis pada tanggal 29 April 2005. Apel menyatakan bahwa Tiger berisi lebih dari 150 fitur baru seperti Panther, mesin yang lebih tua tertentu tidak lagi didukung. Tiger membutuhkan Mac dengan built-in FireWire port di antara fitur-fitur baru, Tiger diperkenalkan spotlight. dashboard, Folder Smart, update program dengan Kotak Surat Smart, QuickTime 7, Safari 2, Pengotomasi, VoiceOver, Gambar dan Video Inti Core. Rilis awal dari Apple TV menggunakan versi modifikasi dari Tiger dengan antarmuka grafis yang berbeda dan aplikasi yang lebih sedikit dan jasa. Pada tanggal 10 Januari 2006, Apple merilis Mac berbasis Intel pertama bersama dengan update 10.4.4 untuk Tiger. Sistem operasi berfungsi identik pada Mac berbasis PowerPC dan Intel baru berbasis mesin, dengan pengecualian dari rilis Intel menjatuhkan dukungan untuk lingkungan Klasik.Hanya PowerPC Mac dapat di-boot dari salinan ritel dari Macan klien DVD , tapi ada sebuah DVD Universal Tiger Server 10.4.7 (8K1079) yang bisa boot baik PowerPC dan IntelMac.

Mac OS X 10.5 – Leopard

 Di tahun 2007, akhirnya Tiger harus memberikan tahtanya ke Leopard. Leopard adalah nama lain dari Mac OS X versi 10.5. Di versi Leopard kali ini, Apple melakukan banyak perubahan di tampilan desktop, dock, menu bar, dan juga finder. Leopard juga di senjatai dengan fitur baru seperti Backup utility time machine, kemudian upgrade dari spotlight dan photobooth. Leopard juga meningkatkan faktor keamanan dari Mac OS X.
Mac OS X v10.5 "Leopard" dirilis pada tanggal 26 Oktober 2007. Itu disebut oleh Apple "update terbesar dari Mac OS X". Hal ini membawa lebih dari 300 fitur baru [93] Leopard mendukung kedua PowerPC dan x86 berbasis Intel komputer Macintosh;. Dukungan untuk prosesor G3 dijatuhkan dan prosesor G4 diperlukan clock rate 867 MHz minimum, dan setidaknya 512 MB RAM yang akan diinstal. DVD tunggal bekerja untuk semua Mac yang didukung (termasuk mesin 64-bit). Fitur baru termasuk tampilan baru, sebuah Finder diperbarui, Time Machine, Spaces, Boot Camp pra-instal, [94] dukungan penuh untuk aplikasi 64-bit (termasuk aplikasi grafis), fitur baru di Mail dan iChat, dan sejumlah baru fitur keamanan. Leopard adalah UNIX Merek Terbuka 03 produk terdaftar pada platform Intel. Ini juga OS berbasis BSD UNIX pertama yang menerima sertifikasi 03. Leopard menjatuhkan dukungan untuk Lingkungan Classic dan semua aplikasi Classic. Ini adalah versi terakhir dari Mac OS X untuk mendukung arsitektur PowerPC.

Mac OS X 10.6 – Snow Leopard

  Versi ke-6 dari Mac OS X adalah Snow Leopard. Dirilis di tahun 2009 dengan kisaran harga £26. Snow Leopard di luncurkan dengan fokus di pembenahan performa. Apple menawarkan peningkatan performa, efisiensi, dan optimalisasi penggunaan memori. Di Snow Leopard sendiri fitur baru tidak terlalau menonjol.
Mac OS X v10.6 "Snow Leopard" dirilis pada tanggal 28 Agustus 2009. Daripada memberikan perubahan besar terhadap penampilan dan fungsionalitas pengguna akhir seperti rilis sebelumnya dari Mac OS X, Snow Leopard berfokus pada "bawah tenda" perubahan, meningkatkan kinerja, efisiensi, dan stabilitas dari sistem operasi. Untuk kebanyakan pengguna, perubahan yang paling mencolok adalah: ruang disk yang membebaskan sistem operasi setelah bersih menginstal dibandingkan dengan Mac OS X 10.5 Leopard, sebuah Finder lebih responsif ditulis ulang di Cocoa, backup Mesin Waktu lebih cepat, lebih ramah disk yang handal dan user menyemburkan, versi yang lebih kuat dari aplikasi Pratinjau, serta browser Safari web lebih cepat.
Menulis ulang dari Finder di asli Apple Cocoa API memungkinkan Finder untuk mengambil keuntungan dari teknologi baru yang diperkenalkan di Snow Leopard. Sebuah update dari web browser, Safari 4, termasuk meningkatkan kinerja dalam JavaScript dan HTML, yang menghasilkan web browsing lebih cepat. Mayoritas ini meningkatkan kinerja diaktifkan oleh interpreter JavaScript SquirrelFish baru, meningkatkan kinerja rendering JavaScript Safari oleh lebih dari 50%. The Top Sites baru juga menampilkan yang paling sering dikunjungi dan atau situs bookmark dalam tampilan panorama, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengakses situs favorit mereka bersama dengan Cover Flow tampilan baru untuk sejarah browsing pengguna. Safari 4 sekarang juga lebih tahan kecelakaan, mampu mengisolasi plug-in yang merupakan penyebab utama dari web browser crash.
Mac OS X v10.6 juga memiliki fitur Microsoft Exchange Server dukungan untuk Mail, iCal, dan Buku Alamat, baru 64-bit teknologi mampu mendukung jumlah yang lebih besar dari RAM, suatu semua baru QuickTime X dengan user interface dan fungsionalitas yang lebih segar yang digunakan untuk hanya tersedia untuk pemilik QuickTime Pro.
Back-end platform yang mencakup perubahan meningkatkan dukungan untuk prosesor multi-core melalui Grand Central Dispatch yang mencoba untuk memudahkan pengembangan aplikasi dengan dukungan multi-core, dan dengan demikian meningkatkan utilisasi CPU mereka. Dulu bahwa pengembang diperlukan untuk kode program mereka sedemikian rupa bahwa perangkat lunak mereka secara eksplisit akan mengambil keuntungan dari beberapa core, yang dengan mudah bisa menjadi tugas yang membosankan dan merepotkan, terutama dalam perangkat lunak yang kompleks. Ini juga mencakup kinerja GPU maju dengan OpenCL (lintas platform standar terbuka untuk GPGPU berbeda dari CUDA, DX11 Hitung Shader atau STREAM) dengan memberikan dukungan kepada offload bekerja biasanya hanya ditujukan untuk CPU ke kartu grafis GPU. Hal ini dapat sangat berguna dalam tugas-tugas yang dapat sangat diparalelkan. menjalankan aplikasi PowerPC.
Perubahan yang dilakukan ke GUI (Graphical User Interface) meliputi Launchpad (mirip dengan layar rumah IOS perangkat), auto-menyembunyikan scrollbar yang hanya muncul ketika mereka sedang digunakan, dan Kontrol Misi, yang menyatukan Expose, Spaces, Dashboard, dan aplikasi layar-penuh dalam antarmuka tunggal Apple juga membuat perubahan pada aplikasi. mereka melanjutkan di negara yang sama seperti mereka sebelum mereka tertutup (mirip dengan IOS). Selain itu, dokumen auto-save secara default sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang manual mengelola dokumen mereka.

Mac OS X 10.7 – Lion

Dan akhirnya kita sampai pada OS terbaru keluaran Apple, yaitu MAC OS X Lion (Versi 10.7). Mac OS ini baru saja resmi dirilis pertengahan bulan ini. Pertama kali Apple mengeluarkan isu soal OS ini di public yaitu pada sebuah acara bertajuk “Back to the Mac” di tahun 2010. Lion sendiri memiliki fitur andalan seperti gesture control, AirDrop (fitur sharing file antara mac).



Sumber: http://churniatipahona88.blogspot.com/



0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP