Wednesday, November 20, 2013

Website Dinamis dan Statis

"Web Site adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali

Jika anda seorang yang sudah cukup lama mengenal dunia internet tentunya tidak asing lagi dengan Website, Seperti diketahui ada website statis ataupun website dinamis. Beberapa pengertian mengenai tentang apa itu web statis dandinamis seperti dibawah ini. Langsung aja :
istilah 

Pengertian Website Dinamis :
Web Dinamis adalah Web yang content atau isinya dapat berubah – ubah setiap saat. Karena dalam teknologi pembuatan web dinamis sudah dirancang semudah mungkin bagi user yang menggunakan web dinam

Contoh Website Dinamis : situs Yahoo!Mail atau mail.yahoo.com dimana setiap pengguna login disapa dengan nama sesuai nama login pengguna.

Untuk perubahan content atau isi dokumen dalam sebuah web dinamis dibilang mudah ketimbang web statis yang harus memiliki keahlian khusus pada bagian scripting webtersebut. Ketika kita akan mengubah content atau isi dari sebuah web dinamis kita hanya perlu masuk kebagian control panel atau bagian administrator web yang telah disediakan oleh script web dinamis.

Jadi untuk pengubahan content atau isi dokumen dalam sebuah web dinamis tidak perlu memiliki keahlian programming atau seorang programmer saja yang dapat mengubah isi dokumen pada web dinamis.

Untuk membuat web dinamis diperlukan beberapa komponen yaitu client side scripting ( HTML, JavaScript, Casing Style Sheet atau CSS) dan server side scripting seperti PHP dan program basis data seperti database MySQL untuk menyimpan data – data yang ada di web dinamis. 


Pengertian Website Statis

Web statis adalah web yang isinya tidak dapat dirubah-rubah karena tidak memiliki database sebagai tempat penyimpanan contentnya. Jika ingin merubah isi dari website tersebut orang itu harus merubah tulisan berupa code yang sudah tertanam pada file tersebut atau biasa disebut juga dengan coding. Pemrograman website ini biasanya adalah HTML dan CSS.

Contoh Website Statis : Website Profil Perusahaan (Hanya menampilkan Info Kontak, Profil, Produk, Galery, yang semua itu sudah fix dan hanya diupdate jika ada perubahan profil perusahaan tersebut) 

Keuntungan Web Statis
  • Cepat dan mudah dalam pengaksesan bahkan oleh orang yang tidak punya pengalaman
  • Ideal untuk menunjukkan cara kerja sebuah situs
  • Cukup satu salinan untuk semua orang
Kekurangan Web Statis
  • Susah dikelola jika situs semakin besar
  • Sulit untuk up to date
  • Kesulitan untuk personalisasi pengunjung

Lebih lengkapnya dari kekurangan dan kelebihan dari kedua Website tersebut diatas,  seperti tabel berikut ini :

HTML = Hyper Text Markup Language
Yaitu bahasa yang biasanya digunakan sebuah halaman website. Kode-kode bahasa ini nantinya diterjemahkan oleh Browser, sehingga tampil seperti halaman yang sedang anda lihat saat ini. Browser 
sendiri bisa macam-macam, contohnya : Mozilla, Internet Explorer, Opera, Netscape Navigator dll.

URL (Uniform Resource Locator,Uniform Resource Locator) (diterjemahkan bebas: Pelokasi Sumber Daya Seragam), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber - seperti dokumen dan gambar – diInternet. 
Contoh dari URL : http://www.depkeu.go.id

http : hyper text transfer protocol; sederhananya adalah protokol (kumpulan aturantransfer file dalam bentuk hyper text), lebih sederhanannya lagi : biasanya dipakai untuk file-file dengan format HTML atau HTM untuk tampil di browser
  

Domain :
.com = ini ekstension sebuah website yang awalnya untuk menunjukkan bahwa website itu bertujuan komersil. Tapi aturan ini tidak baku, bisa saja sebuah lembaga non profit membeli dot com.

.org = ekstensi website untuk organisasi. Biasanya untuk lembaga non profit, tapi sama seperti diatas sekarang sudah tidak ada aturan baku lagi untuk itu.
.net = untuk komunitas, sama dengan yang diatas, tidak ada aturan baku.
.edu = untuk lembaga pendidikan. Kalau yang ini sedikit teratur, karena ada etika bahwa yang menggunakannya harus benar-benar lembaga edukasi

Pengertian IP Address Adalahsebuah alamat sebuah host yang terhubung dalam jaringan internet. bisa juga dalam jaringan Local Area Network (LAN). IP Address ada dua macam yaitu IP versi 4 (IPv4) dan IP versi 6 (IPv6).

IP versi 4 (IPv4) yang terdiri dari 32-bit dan bisa menampung lebih dari 4.294.967.296 host di seluruh dunia, contoh nya yaitu 172.146.80.100, jika host di seluruh dunia melebihi angka 4.294.967.296 maka dibuatlah IPv6.

IP versi 6 (IPv6) yang terdiri dari 128-bit, IP ini 4x dari IPv4, tetapi jumlah host yang bisa ditampung bukan 4x dari 4.294.967.296, melainkan 4.294.967.296 pangkat 4, jadi hasilnya 340.282.366.920.938.463.463.374.607.431.768.211.456, wahh, ini angka apaan ? pengertian Ip address adalah kelas ip address

Organisasi yang mengatur alokasi IP address adalah IANA ( Internet Assigned Number Authority ), sehingga IANA lah yang mengatur penetapan parameter protokol internet negara-negara di dunia

Pengertian WWW atau Definisi WWW ( World Wide  Web) adalah salah satu fasilitas di internet menawarkan berbagai kecanggihan dan kemudahan.

Dokumen di WWW menjadi suatu dokumen yang disusun dengan format HTML datau Hipertex Text Markup Language. Dan untuk mengakses  dan menampilkan dokumen tersebut, pemakai internet harus menggunakan program aplikasi  clientnya atau sering disebut dengan WWW browser.

WWW diciptakan dengan tujuan untuk menyediakan suatu bentuk penyediaan informasi di internet yang menungkinkan pemakai intenet mendapatkan dan menampilan informasi dimana saja  di internet secara mudah dan cepat.

Web Dinamis adalah Web yang content atau isinya dapat berubah – ubah setiap saat. Karena dirancang semudah mungkin bagi user yang menggunakan. Untuk mengubah content/ isi dokumen dlm sebuah web dinamis dibilang mudah ketimbang web statis yg harus memiliki keahlian khusus pada bagian scripting web tersebut. Ketika kita akan mengubah content atau isi dari sebuah web dinamis kita hanya perlu masuk kebagian control panel atau bagian administrator  web yang telah disediakan oleh script web dinamis. Jadi untuk pengubahan content atau isi dokumen dalam sebuah web dinamis tidak perlu memiliki keahlian programming atau seorang programmer saja yang dapat mengubah isi dokumen pada web dinamis. 
Untuk membuat web dinamis diperlukan beberapa komponen yaitu client side  scripting ( HTML, JavaScript, Casing Style Sheet atau CSS) dan server side scripting seperti PHP dan program basis data seperti database MySQL untuk menyimpan data – data yang ada di web dinamis.

Kebanyakan website saat ini bersifat dinamis. Facebook, twitter, detik dot com dan website portal berita lainnya, wordpress, blogspot
Web Dinamis ini banyak sekali bertebaran di internet seperti Web Berita, Personal Blog, Toko Online/Web Pasng Iklan, dll.

Web Statis adalah  web yang content atau isinya tidak berubah – ubah. Maksudnya adalah isi dari dokumen yang ada di web tersebut tidak dapat diubah secara mudah. Ini dikarenakan karena script yang digunakan untuk membut web statis tidak mendukung untuk mengubah isi dokumen. 
Karena script yng digunakan untuk membuat web statis ini seperti HTML dan Cascading Style Sheet atau biasa disebut dengan CSS. Maka dari itu untuk perubahan isi dokumen pada web statis harus mengubah isi file HTML atau CSS tersebut. Tentunya bagi orang awam atau orang yang tidak mengerti soal program atau script HTML dan CSS akan sangat sulit sekali dilakukan. Untuk itu jika kita ingin mengubah dokumen web statis harus mengerti benar scipt HTML atau CSS atau sering disebut programmer yang dapat melakukan perubahan isi dokumen sebuah web statis.
Web statis ini biasanya digunakan oleh website yang menggunakan HTML, Web Search Engine, atau web Company Profile. web catalog,

Situs web (web site) atau  situs adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet/(LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL.

ISTILAH DAN SINGKATAN DALAM DUNIA KOMPUTER
1     PPP     : Point to Point Protocol
2     SLIP     : Serial Line Internet Protocol
3     DSL     : Digital Subcriber Line
4     GUI     : Graphical User Interface
5     AOL     : America Online
6     SOHO     : Small Office Home Office
7     USB     : Universal Serial Bus ( 1 Port untuk 127 Peranti )
8     MP3     : Moving Pictures Experts Group, layer 3,  Disingkat MPEG - 1, Layer 3
9     PDA     : Personal Digital Assistant
10     GSM     : Global System for Mobile Communications
11     WAP     : Wireless Aplication Protocol
12     GPRS     : General Packet Radio Services
13     Kbps     : Kilo bit per second
14     PSTN     : Public Switched Telephone Network
15     DECT     : Digital Enhanced Cordless Telecomunications
16     CCNP     : Cisco Certified Network Professional
17     MCSE     : Microsoft Certified System Engineer
18     CCCP     : Cisco Career Certification Program
19     OCR     : Optical Character Recognition
20     CGI     : Common Gateway Interface
21     RAD     : Rapid Application Development
22     IDE     : Integrated Development Environment
23     DAT     : Digital Audio Tape
24     MIDI     : Musical Instrument Digital Interface
25     VCR     : Video Cassette Recorder
26     AVI     : Audio Visual Interleaved
27     WMA     : Windows Multimedia Format  (1 Lagu format MP3 = 2 Lagu format WMA)
 28     EAX     : Environmental Audio Extension
29     SMS     : Short Message Service
30     IM3     : Indosat Multimedia Mobile
31     LiLo     : Linux Loader
32     GUI     : Graphical User Interface
33     BSD     : Barkeley Software Development
34     GPL     : General Public License
35     GID     : Group ID
36     VNC     : Virtual Network Computing
37     PID     : Process ID
28     RPM     : RedHat Package Manager
39     mnt     : Mount
40     WINE     : Windows Emulator
41     EDGE     : Enhanced Data GSM Environment
42     UMTS     : Universal Mobile Telephone System
43     WCDMA     : Wideband Code Division Multiple Access
44     FOMA     : Freedom Of Mobile Multimedia Access
45     Monitor CRT     : Cathode Ray Tube
46     Monitor LCD     : Liquid Crystal Display
47     HTML     : Hiper Text Markup Language
48     WWW     : World Wide Web
49     E- Mail     : Electronic Mail
50     HTTP     : Hiper Text Transfer Protocol
51     WinAmp     : Windows Audio Media Player
52     P2P     : Peer To Peer
53     ISDN     : Integrated Services Data Network
54     DSL     : Digital Subsciber Line
55     EMS     : Enchanced Messaging Service
56     MMS     : Multimedia Messaging Service
57     MAC     : Media Access Control
58     phy     : Physical Interface
59     DSS     : Direct Sequence Spread Spectrum
60     ISM     : Industrial Scientific and Medical
61     VM     : Virtual Memory ( Memori Cadangan )
62     PMPO     : Peak Music Power Output (Kemampuan puncak speaker/ Subwoofer)
63     Audio 2.1     : Speaker Active yang terdiri dari 2 Speaker dan 1 Subwoofer
64     AGP     : Accelerated Graphics Port
65     DDR     : Double Data Rate
66     DIMM     : Dual Inline Memory Module
67     IBM     : International Business Machine
68     SAN     : Storage Area Network
69     SRM     : Storage Resource Management
70     VoIP     : Voice over IP
71     MPLS     : Multiprotocol Label Switching
72     SSL     : Secure Sockets Layer
73     IPsec     : IPsecurity
74     PPTP     : Point to Point Tunneling Protocol
75     IKE     : Internet Key Exchange
76     IETF     : Internet Engineering Task Force

1 comments:

etelvina araujo November 23, 2013 at 10:57 PM  

SLMAT SORE EKS PA DOSEN WALI SAYA YANG BAIK..
pak..,saya mau minta tolong postingkan cara koneksi database phpmyadmin ke joomla pake xammp...
saya sudah browsing tapi susah...mungkin pak tau saya minta bantuannya.terima kasih.salam damai kristus.

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP