Wednesday, November 20, 2013

Pesan Kesalahan Di internet

Anda semua akan merasa jengkel ketika muncul pesan error pada browser, baik itu firefox, internet explorer, atau opera browser. Sebagai contoh, ketika kita sedang sibuk - sibuknya mencari materi untuk bahan skripsi, tiba - tiba muncul pesan error pada browser. Padahal kita sudah yakin bahwa alamat URL itu mengandung materi yang kita butuhkan. Pasti anda akan merasa kecewa berat. Disini saya tidak membahas bagaimana cara mengatasi error pada browser. Disini kita akan membahas tentang pesan error yang muncul ketika sedang asik browsing. Apalagi error itu berbahas inggris. Pasti akan malas mengartikannya. Dan akibatnya kita tidak mengetahui arti dari pesan error tersebut. Dibawah ini ada penjelasan sedikit makna pesan error/error caution yang sering muncul. Baik error koneksi server atau kesalahan koneksi lainnya. Semoga pengertian saya dibawah ini dapat mengurangi kejengkelan anda akan error dalam berinternet.

Inilah pesan - pesan error pada browser yang sering kita temui:

500 - Internal Server Error

Pesan error tersebut diartikan sebagai adanya masalah atau gangguan dan kesalahan dalam server internal website sehingga Anda tidak bisa mengakses website yang bersangkutan dan selama administrator situs belum memperbaikinya, maka pesan error tersebut akan muncul terus. Sabar saja

404 - Not Found

Ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi, yaitu :

- Data di database sebelumnya sudah ada, namun sudah dihapus atau dihilangkan dari database server.
- Terjadi gangguan akses internet atau down.
- Jika akses Internet tetap gagal, maka kemungkina besar halaman tersebut sudah tidak lagi beredar/broken link.
- Terjadi kesalahan penulisan alamat URL.

400 - Bad Request

Pesan kesalahan tersebut dialami oleh server yang tidak bisa mengerti perintah dari client. Umumnya, berupa kesalahan script coding di server, sehingga hanya administrator serverlah yang bisa mengatasinya. Kita hanya bisa berharap saja. hehehe...

403 - Forbidden

Yang pertama karena halaman situs tidak dapat diakses karena telah diatur sedemikian sehingga dalam servernya. Dan alasan kedua adalah sang pemilik situs tersebut belum membayar sewa hosting atau domain ke perusahaan tempat dia menyewa, sehingga terjadi pemblokiran dari pihak perusahaan server.

401 - Unauthorized

Pesan kesalahan tersebut karena user tidak memiliki otoritas atau ijin untuk mengakses halaman website. Biasanya situs diberi security berupa username dan password, sehingga Anda harus tahu username dan password tersebut.

408 - Request Timeout

Pesan ini terjadi karena timer atau waktu untuk mengakses situs terlampau lama dan telah habis. Hal tersebut disebabkan oleh kecepatan dan koneksi akses internet yang cukup lambat, dan server biasanya memiliki timer atau kuota batas waktu tertentu dalam pengaksesan data dalam database servernya.

Sebagai tambahan dan perlu diingat bahwa pesan-pesan khusus atau status mempunyai kode dalam pengertiannya, berikut :

Kode status 1xx : sifatnya sebagai informasi dan saat ini belum resmi digunakan.

Kode Status 2xx : Status proses positif, artinya request berhasil diterima, dimengerti dan bisa diproses oleh webserver.

Kode Status 3xx : Redirection, artinya web client harus melakukan proses lain, dalam hal ini mengakses informasi sesuai redirection yang diberikan untuk mengakses informasi yang diinginkan secara lengkap.

Kode Status 4xx : Status Client Error, artinya web server mendeteksi bahwa request dari web client tidak memenuhi format yang standar, sehingga tidak dapat dikenali dan diproses lebih lanjut.

Kode Status 5xx : Status server error, artinya webserver gagal memenuhi request dari web client karena ada asuatu hal yang menghalangi.


0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP