Saturday, April 21, 2012

D
Database : Sekumpulan file yang saling terkait dan membentuk suatu bangun data.
Dedicated Server : Peminjaman dan penggunaan secara eksklusif sebuah komputer yang termasuk web server, software terkait, dan koneksi ke internet, disimpan dalam perusahaan web hosting.
Deep Linking : Linking ke halaman lain yang ada dalam suatu website.
Demographics : Karakteristik fisik suatu populasi seperti umur, jenis kelamin, status, jumlah keluarga, pendidikan, lokasi geografi, dan pekerjaan.
DHTML (Dynamic HTML) : Tipe lanjutan dari HTML yang mengandung lebih banyak keistimewaan, seperti animasi.
Dial-Up Connection : Metode koneksi ke Internet Service Provider menggunakan koneksi telepon dalam sistem banyak line yang dibagi ke banyak pengguna. Koneksi dial-up dapat dijalankan secara manual atau secara otomatis oleh modem komputer atau perlengkapan lainnya.
Disclaimer : Disclaimer merupakan pernyataan pemilik copyright dalam suatu situs yang berisi tentang suatu informasi agar tidak terjadi pelanggaran hak cipta .
Discussion Forums : Forum diskusi dalam suatu situs dimana orang-orang dapat berdikusi secara terbuka membahas bermacam-macam topik.
DNS (Domain Name Server) : Mesin yang menerjemahkan nama domain internet, seperti www.google.com ke internet protocol (IP) dengan alamat berupa nomor seperti misalnya: 216.239.51.100.
Domain : Definisi alamat di internet, yang juga merujuk ke sebuah negara dimana situs web tersebut igunakan. Misalnya "co.id" untuk Indonesia. Sedangkan "co" atau "com" digunakan untuk lembaga komersial dan "net" untuk lembaga yang berhubungan dengan internet.
Doorway / Bridge / Entry / Gateaway / Information Page
Doorway page merupakan halaman informasi yang dibuat untuk mengurutkan kedudukan tertinggi dalam search engines untuk frasa keyword khusus atau search engines yang spesifik.
Download
Mentransfer suatu file dari internet ke komputer.
E
E-book / Ebook
Versi elektronik dari print book tradisional yang dapat dibaca dalam komputer pribadi atau dalam perangkat khusus pembaca e-book.
E-Commerce / Ecommerce (Electronic Commerce)
Membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
Email / Email (Electronic Mail)
Surat menyurat melalui internet. Para pengguna dapat saling bertukar informasi. Informasi tersebut akan dikumpulkan dalam sebuah file untuk pengalamatan yang berupa mailbox, sehingga pengguna dapat membaca informasi yang ditujukan kepadanya kapan saja.
Email Discussion Lists
Sama dengan forum diskusi, tetapi diskusi ini dilakukan melalui email, tidak melalui web.
Email Marketing
Proses marketing yang dilakukan melalui email.
Email Signature
Sebuah pesan singkat yang menjadi kalimat penutup pada setiap email yang dikirim oleh seseorang. Email signature isinya bisa berupa affiliate links, link situs yang relevan, penawaran gratis dan pesan-pesan iklan. Lihat juga Signature File.
Encryption
Penerjemahan data menjadi kode rahasia. Enkripsi adalah cara yang paling efektif untuk memperoleh pengamanan data. Untuk membaca file yang di-encryp, kita harus mempunyai akses terhadap kata sandi yang memungkinkan kita men-decryp pesan tersebut. Data yang tidak di-encryp disebut plain-text, sedangkan yang di-encryp
disebut cipher text.
EPC (Earning Per Click)
EPC adalah rata-rata pendapatan kita per klik. Jumlah ini diperoleh dari hasil pembagian pendapatan kita dengan banyaknya klik. Contohnya, jika kita mendapatkan klik sebanyak 100 kali dan setiap klik harganya $5.00, maka nilai EPC adalah $0.05.
EZINE
Suatu majalah atau newsletter elektronik, yang biasanya dikirim melalui email.
F
Favorites
Suatu cara untuk menyimpan alamat sebuah file atau webpage untuk referensi lebih lanjut di Microsoft Internet Explorer browser.
FFA (Free For All)
Page link dimana semua orang dapat menambahkan link. Fasilitas ini, sebaiknya dihiraukan saja karena hanya akan mendatangkan email-email spam.
File Transfer Protocol (FTP)
Cara yang paling umum untuk memindahkan files antar komputer, server, dan situs-situs internet.
Fire Wall
Hardware atau software yang berfungsi untuk memisahkan sebuah LAN (Local Area Network) menjadi dua bagian atau lebih, demi kepentingan keamanan.
Flame
Pesan yang isinya menghina atau menghasut yang dikirim melalui email, atau dikirim ke sebuah forum atau newsgroup.
Flash
Software tekenal yang dikembangkan oleh Macromedia. Software ini digunakan untuk mendesain dan manghasilkan animasi-animasi low-bandwith, presentasi, aplikasi, dan website. Untuk mendapatkan tampilan Flash File, users harus terlebih dahulu meng-install Macromedia Flash player. http://www.macromedia.com atau http://www.macromedia.com/software/flash/
Footer
Sering digunakan untuk menunjuk bagian terbawah dari sebuah halaman web.
Frames
Frames memungkinkan kita untuk menampilkan halaman web dalam sebuah windows/subwindows yang multiple dan independent, dimana informasi tertentu dapat terus nampak, sementara isi/content windows yang lain dapat di-scroll atau diganti.
Freeware
Freeware adalah software yang dapat kita download dan pakai secara gratis. Pemilik dari software ini masih memiliki hak ciptanya sehingga kita tidak bisa menggunakan kode software tersebut untuk keperluan apapun.
FTP (File Transfer Protocol)
Suatu cara untuk mentransfer file, seperti halaman web, di internet. Khususnya digunakan untuk meng-upload halaman web dan gambar ke host server. Server kemudian mengirimkan halaman-halaman yang diminta kepada user melalui internet.
FTP server
Komputer di internet yang menyimpan semua file yang akan ditransmisikan oleh FTP.
G
Gateway
Komputer yang menghubungkan sebuah network (jaringan) dengan network lainnya. Sering digunakan dalam perdagangan sebagai gateway (jalan) antara merchant/
pedagang dan bank.
Gateway Page
Dikenal juga dengan sebutan lainnya yaitu: bridge pages, doorway page, entry pages, portals atau portal pages, digunakan untuk memperbaiki penempatan search engine. Peringatan: beberapa search engine akan menolak sebuah situs secara keseluruhan jika keberadaan doorway/gateway pages terdeteksi.
Giga-
Awalan yang berarti satu miliar (1.000.000.000) bits.
Gigabit
Dalam data komunikasi, satu gigabit berarti satu miliar (1.000.000.000) bits.
Gigabyte
Ukuran untuk kapasitas penyimpanan data komputer. Satu gigabyte adalah 1.073.741.824 bytes.
Google
Google adalah search engine yang paling populer di dunia.
Guerrilla marketing
Teknik marketing baru yang mampu menghasilkan pendapatan maksimum dengan jumlah pengeluaran minimum.
H
Header
Bagian teratas dari sebuah email yang berisikan tentang informasi email itu sendiri; alamat "Kepada" dan "Dari", tanggal pengiriman, subject, dan lain-lain. Header biasanya juga digunakan untuk menunjuk bagian teratas dari sebuah halaman web.
Hidden links
Menambahkan links dari home page atau site map ke doorway atau hallway pages, sehingga search engines dapat bergerak dan mengindeksnya, sambil menjaga links tersebut agar tetap tidak terlihat oleh si pengunjung.
Hit
Permintaan untuk sebuah file, seperti HTML, image, audio, atau file lainnya dari web server. Untuk me-load sebuah halaman dengan 5 buah graphics dihitung sebagai 6
hits, 1 untuk halaman ditambah 1 untuk setiap graphics tersebut. Walaupun begitu, hits bukan ukuran yang sangat bagus suatu traffic sebuah website.
Home page
Entry page /halaman awal atau utama dari sebuah website.
HTML (Hypertext Markup Language)
Bahasa yang digunakan untuk menulis webpages di Web. HTML sebuah halaman web biasanya ditambah dengan akhiran .htm, .html, atau .shtml.
HTML banner
Iklan banner yang mencakup elemen-elemen HTML, seperti bentuk-bentuk interaktif atau pull-down menu.
HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
Protocol yang digunakan oleh web servers untuk mengirim dan menerima informasi. Digunakan juga untuk menukar teks, gambar grafik, suara, video, dan file multimedia lainnya di web. Semua URL halaman web diawali dengan "http", meskipun penggunaannya bersifat bebas-pilih.
HTTPS (Secure Hypertext Transfer Protocol)
Tambahan keamanan dari HTTP. Program ini melindungi encrypts dan decrypts permintaan dari halaman web. Setiap kali kita membayar barang yang kita beli dengan kartu kredit di internet, HTTPS akan melindungi rincian kartu kredit kita.
Hybrid Model
Bentuk komisi affiliate yang menggabungkan cara-cara pembayaran yang berbeda.
Hype (Hyperbole)
Pernyataan membesar-besarkan yang disengaja untuk efek emosional. Tujuannya bukan untuk mendapatkan pemahaman yang harfiah.
I
ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers)
ICANN adalah badan hukum swasta non-profit yang bertanggung-jawab untuk mengeluarkan IP address, sistem manajemen nama domain (.com, .net dan .org). http://www.icann.org
ICQ ("I Seek You")
ICQ adalah sebuah system pesan instan populer yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling bertukar pesan. http://www.icq.com
IFrame (inline frame)
Floating frame yang dipasang di dalam halaman web.
IM (Instant Messaging)
Sistem yang memperbolehkan para pengguna internet untuk bertukar pesan secara elektronik (melalui internet, ponsel, WebTV, PDAs, dan lain-lain.).
Incoming link
Link yang datang ke situs kita dari situs lain.
Inktomi
Search engine yang digunakan untuk memberikan hasil-hasil pencarian sejumlah search engine terkenal. Alat ini sekarang hanya dimiliki oleh Yahoo.
Internet
Sistem komputer global yang dihubungkan secara bersamaan untuk saling berkomunikasi.
Internet Service Provider (ISP)
Perusahaan yang kita panggil dari komputer kita untuk mendapatkan akses ke internet.
IP Address
Nomor unik yang terdiri dari 4 bagian yang dipisahkan oleh titik, contoh 165.115.245.2. Setiap mesin di internet memiliki IP address yang unik.
Inventory
Jumlah keseluruhan dari ad impressions dimana sebuah website atau newsletter siap untuk menjualnya dalam kurun waktu tertentu.
IRC (Internet Relay Chat)
Sistem yang memungkinkan para pengguna internet untuk chatting satu sama lain saat itu juga.
J
Java
Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi-aplikasi lengkap atau modul aplikasi sederhana atau applets sebagai bagian dari sebuah halaman web.
Javascript
Bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystems, dirancang untuk menulis program yang dapat di-download ke komputer kita melalui internet dan dapat segera dijalankan tanpa rasa takut karena virus atau bahaya-bahaya lainnya. Program ini memerlukan sebuah browser yang sesuai dengan Java. Dengan menggunakan program Java yang sederhana saja, halaman web kita dapat memasukan animasi, kalkulator, dan tampilan lainnya.
Joint Venture
Kerjasama umum yang secara khusus dirancang untuk menjalankan sebuah transaksi bisnis khusus atau sebuah proyek.
K
K/KB (kilobyte)
Ukuran memori komputer. Satu kilobyte sama dengan 1.024 bytes.
Kbps ( kilobits per second)
Dalam data komunikasi, kilobits per second (thousands of bits per second) merupakan ukuran seberapa cepat data dapat ditransfer dalam jaringan, seperti koneksi internet.
Keyword
Suatu kata yang digunakan sebagai referensi dalam menemukan kata-kata lain atau suatu informasi.
Keyword density
Rasio atau hasil perbandingan antara kata kunci (keyword) yang dicari dan jumlah total kata yang muncul dalam satu halaman web. Jika keyword kita hanya muncul, misalkan, sekali, dalam sebuah halaman halaman yang memiliki 2.000 kata, maka kepadatannya (density) adalah 0,005 persen.
Keyword frequency
Intensitas (berapa kali) munculnya frasa keyword yang terdapat dalam satu halaman.
Keyword proximity
Kemiripan antara dua atau lebih keyword.
Keyword stuffing
Pengulangan keyword dan frasa keyword dalam meta tag dan tempat lain dalam halaman HTML.
Kilo-
Awalan yang menyatakan ukuran satu ribu ( 1.000 )
Kilobit
Dalam data komunikasi, kilobit digunakan untuk menyatakan ukuran satu ribu(1.000) bits
L
Lifetime value of a customer
Jumlah nilai penjualan dalam dollar bisa diperkirakan, yakni jumlah pengeluaran pelanggan untuk pembelian produk/jasa affiliate kita yang diharapkan.
Link/ hyperlink
Sambungan atau koneksi dari sebuah sumber ke sumber yang lain. Misalnya dalam sistem networking atau internet. Misalnya www.AsianBrain.com
Link checker
Program software atau jasa online yang digunakan untuk memeriksa kerusakan link dalam sebuah situs.
Link popularity
Ukuran kepopuleran suatu situs yang dinyatakan dalam jumlah dan kualitas hubungan links ke dalam sebuah situs.
Link text
Suatu teks yang langsung terhubung ke suatu link.
Long domain name
Nama domain yang mengandung lebih dari 26 karakter. Batasnya sampai 67 karakter , termasuk extension(.com, .net, etc.) yang disediakan.
Long file
Rekaman semua permintaan untuk file individual yang diminta dari suatu website.
Login
Proses untuk masuk kedalam sebuah layanan online yang berisi nama/username dan password.
M
Mailing List
Daftar orang yang menerima email secara rutin dalam topik dan periode tertentu atau bisa disebut juga sebagai forum diskusi melalui email.
MB (Megabyte)
Ukuran memori komputer. Satu megabyte sama dengan 1.048.576 bytes, atau 8.388.608 bits.
Mbps (megabits per second)
Suatu ukuran untuk mengetahui berapa cepat data bisa tersebar dalam sebuah transmisi yang digunakan, dalam hal ini adalah koneksi Internet.
m-commerce/mcommerce(mobile commerce)
Transaksi bisnis yang dilakukan lewat mobile phone seperti teknologi WAP.
Media Kit
File yang berisi informasi mengenai penjelasan bisnis atau produk.
Media Planner
Orang yang mengatur perencanaan kampanye iklan (ad campaigns).
Mega
Ukuran yang sama dengan 1 juta (1.000.000).
Megabit
Ukuran yang sama dengan 1 juta (1.000.000) bits.
Merchant
Tempat pemasaran dan penjualan barang atau jasa di Internet.
Merchant Acccount
Rekening bank komersial yang dibuat berdasarkan perjanjian yang telah disepakati oleh pihak pengelola bisnis dan pihak bank. Merchant account ini, memungkinkan pihak pengelola bisnis menerima pembayaran dari pelanggannya melalui kartu kredit. Untuk lebih simple-nya merchant account ini sama seperti ‘tabungan’ atau nomor rekening di bank.
Merchant Agreement
Perjanjian yang harus disepakati antara Merchant dengan Provider Merchant Acccount.
Meta Refresh
Sebuah kode yang dibuat dalam sebuah halaman website sehingga pengunjung website bisa secara otomatis berpindah ke halaman yang baru.
Meta Tags
HTML tags dalam sebuah halaman web yang mendeskripsikan beberapa aspek content dari halaman web tersebut. Dalam ilmu komputer, awalan "meta" berarti mengenai atau mendeskripsikan. Misalnya "meta data" berarti data yang mendeskripsikan data lain atau data mengenai data lain.
Meta Tag Generator
Sebuah software atau pelayanan online yang menyediakan meta tags berdasarkan informasi yang telah dimasukan.
Mini Site
Website yang terdiri dari 1 atau 2 halaman yang hanya fokus pada satu tema, atau satu produk barang/jasa.
Mirror Site
Situs asli yang di-copy ke komputer server yang lain dengan tujuan untuk mengurangi traffic jaringan dan biasanya harus selalu di-update secara rutin untuk memastikan bahwa isi website copy ini sesuai dengan website aslinya.
Moderator
Seseorang yang memimpin sebuah forum diskusi online.
MOTO (Mail Order/Telephone Order)
Suatu transaksi pembayaran tanpa sebuah kartu, transaksi ini dilakukan melalui telepon atau email secara online di website.
MPEG (Moving Picture Experts Group)
Jenis format file yang biasa digunakan untuk file video dalam sebuah website. Penulisan file ini biasanya berakhiran dengan ".mpg" atau ".mpeg".
Multipurpose Internet Mail Extensions (MIME)
Memfasilitasi email supaya bisa menyimpan data selain teks, seperti fileAudio dan Video.
Multi-Level Marketing (MLM)
Penjualan suatu produk berupa barang/jasa melalui sebuah grup distributor independen yang menjual secara borongan atau eceran dan mensponsori orang lain untuk melakukan hal yang sama.
MySQL
Sistem manajemen database gratisan yang menggunakan SQL ( Structured Query Language) sebagai bahasa yang umum digunakan untuk menambah, mengakses dan memproses data dalam sebuah database.

0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP