Sunday, March 8, 2015

BOTTLENECK


Pengertian Bottleneck
Dimana ada pergerakan barang pasti disitu ada bottleneck. Bottleneck adalah peristiwa macetnya proses aliran data (transmisi data) karena sebab-sebab tertentu. Biasanya disebabkan perbedaan antara kecepatan kerja suatu komponen dengan kecepatan bus-nya. Dapat juga dikarenakan perangkat keluaran (output) tidak dapat mengimbangi kinerja perangkat pemrosesan sehingga memperlambat kerja system secara keseluruhan.Bottleneck itu tidak akan hilang, tapi hanya akan berpindah.
Bottleneck tidak seperti virus. Dia tidak berhubungan dengan system, meski akibatnya akan sangat berpengaruh pada system juga. Terjadinya bottleneck dalam sebuah PC atau komputer bisa mencegah kompter itu bekerja secara optimal. Kondisi ini terjadi karena ada bagian tertentu pada komputer yang katakanlah bekerja sangat lambat, sehingga mempengaruhi kondisi komponen yang lain. Atau, spesifikasinya tidak sebanding dengan peripheral yang lain. Hardware dengan spesifikasi yang lebih tinggi harus mengalah pada hardware yang 'lambat', karena harus menunggu agar proses yang dibebankan kepada si biang 'bottleneck' selesai. Otomatis dampaknya, berimbas pada kinerja system.

Contoh Kasus:
Contoh 1
PROC : core 2 duo
RAM : ddr 5300 2 giga
VGA : 1600xt
Komputer dengan spesifikasi seperti itu bsa terjadi 'bottleneck'. Karena, processor OK, RAM besar tapi VGA-nya pas-pasan. Jadi dari segi performa akan tidak maksimal.Banyak juga contoh yang lain. Karena pada dasarnya, setiap komputer mempunyai 'bottleneck'. Hanya saja, letaknya dimana, itulah yang perlu dikaji..

Terlebih lagi, kalau mainboardnya tidak support komponen-komponen pada soal diatas. Pastilah terjadi bottleneck juga.

Contoh 
Misalnya sebuah komputer, VGA-nya bagus. Cepat lagi. Merek terbaru. Tapi.. RAM-nya atau Motherboardnya masih rendah. Akibatnya Motherboard atau RAM tidak bisa nampung kecepatan dari vga dan akhirnya menyebabkan bottleneck. Performanya tidak maksimal.

Kesimpulan
Jadi lebih baik pastikan kecepatan dari RAM, Motherboard, VGA Card, Harddisk dan Processor serta pilihlah yang sesuai.


Sumber: http://ianadrian95.blogspot.com/2013/02/bottleneck.html

0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP