Sunday, July 22, 2012

Media Komunikasi dalam Jaringan


Komputer yang sudah terhubung dalam jaringan, misalnya LAN, berarti komputer tersebut sudah dapat berbagi sumber daya yang diimilikinya dan dapat melakukan komunikasi antar komputer baik dalam mengirim pesan maupun mengirim file. Media komunikasi dalam jaringan ini terdiri dari beberapa macam software, yaitu:
1. NetMeeting
Software ini berfungsi sebagai media komunikasi dalam berkirim pesan (chat) dan mentransfer file. Untuk dapat berkomunikasi dengan NetMeeting, setipa komputer dalam jaringan harus melakukan install software Netmeeting. NetMeeting ini dapat digunakan baik pada jaringan kecil maupun jaringan luar seperti internet
2. Fax Modem
Program jaringan fax memungkinkan Anda untuk mengirimkan dokumen ke jaringan fax server, seperti halnya Anda mengirim ke printer. Sebuah fax modem cukup untuk melayani seluruh jaringan
3. E-mail (surat elektonik)
E-mail merupakan fasilitas yang dimiliki suatu jaringan. Dengan e-mail, Anda dapat berkikirm pesan ke alamat e-mail orang lain, terutama untuk jaringan yang sduah terhubung dengan internet
4. Chat
Software chat dimiliki oleh sistem operasi Windows terminal Server. Dengan aplikasi ini, pengguna komputer dalam satu client atau workstation dapat berkomunikasi dengan komputer server ataupun komputer workstation lainnya dalam satu jaringan kecil
5. Net Send
Net Send dapat dikalankan melalui Command Prompt. Dengan Net Send, pengguna komputer dalam jaringan dpat berkirim pesan. Penggunaanya hanya berlaku untuk jaringan area kecil seperti LAN
6. mIRC
mIRC befungsi untuk komunikasi jaringan yang luas, seperti internet. Dengan mIRC, pengguna komputer dapat berkomunikasi dengan pengguna komputer lainnya yang terhubung dengan internet di dunia ini.

Antarmuka Komputer dan Saluran Telekomunikasi

Perangkat keras yang medukung berfungsinya suatu jaringan antara terdiri atas:
NIC (Network Interface Card)
Disebut juga kartu antarmuka jaringan, merupakan perangkat penghubung yang dipasang pada tiap komputer. Kartu jaringan yang paling banyak digunakan adalah kartu Ethernet, Konektor localtalk, dan kartu jaringan Token Ring.
HUB
Berfungsi untuk menyatukan kabel-kabel network dari setiap komputer workstation atau client, server dan perangkat lainnya seperti kabel modem. HUB terdiri dari beberapa port atau slot konektor yang telah mempunyai nomor urut. HUB dibagi menjadi dua jenis, yaitu hub pasif dan hub aktif (switch hub). HUB yang beredar mulai dari HUB port 8, 12, 24 dan 32 dengan konektor RJ-45. biasanya HUB digunakan untuk topologi star.
Kabel
Berfungsi untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Kabel yang digunakan memiliki kemampuan atau spesifikasi yang berbeda. Ada dua jenis atau tipe kabel, yaitu: twisted pair yang terdiri dari UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair) dan kabel koaksial yang terdiri dari Tick Koaksial dan Thin Koaksial. Penggunaan kabel dalam jaringan menggunakan konektor BNC T-Connector.
Connector
Konektor digunakan untuk membuat jaringan adalah konektor RJ-45 dengan kabel twisted pair dan konektor BNC dengan kabel koaksial. Konektor RJ-45 terdiri dari 8 PIN. Teknik pemasangan kabel tersebut ada 2 cara, yaitu:
  1. Straight Cable
Digunakan untuk menghubungkan workstation komputer dengan HUB. Pemasangan kabel pada konektor RJ-45 dengan menghubungkan ujung masing-masing konektor dengan warna yang sama, yaitu sebagai berikut:
Putih Orange Putih Orange
Orange Orange
Putih Hijau Putih Hijau
Biru Biru
Putih Biru Putih Biru
Hijau Hijau
Putih Coklat Putih Coklat
Coklat Coklat
  1. Crossover Cable
Untuk menghubungkan antar Client atau komputer antar komputer satu dengan komputer lainya tanpa menggunakan HUB atau menghubungkan antar HUB. Pemasangan kabel ini pada RJ-45 menggunakan pin 1, 2, 3 dan 6 yang dipasang secara silang sebagai berikut:
Putih Orange Putih Hijau
Orange Hijau
Putih Hijau Putih Orange
Biru Biru
Putih Biru Putih Biru
Hijau Orange
Putih Coklat Putih Coklat
Coklat Coklat
Repeater
Perangkat ini berfungsi sebagai penguat sinyal dari kabel, misalnya pada sebuah jaringan LAN dengan topologi star yang menggunakan kabel UTP. Panjang kabel tersebut adalah +100 meter. Untuk dapat menguatkan dari kabel tersebut dapat digunakan perangkat tambahan repeater.
Bridges
Berfungsi untuk membagi sebuah jaringan hingga menjadi dua buah jaringan. Bridge mengatur informasi di antara kedua sisi network agar dapat berjalan dengan baik dan tereatur. Kemampuan Bridge lainnya adalah untuk mengkoneksi network dengan tipe kabel atau topologi yang berbeda.
Router
Perangkat ini berfungsi untuk menghubungkan jaringan LAN dengan internet

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP