Friday, March 25, 2011

Mesin Pencari

Search Engine adalah sebuah program yang mencari dokumen untuk kata kunci tertentu dan lalu memberikan daftar dokumen kepada pencari informasi dimana kata kunci ditemukan. Meskipun mesin pencari adalah benar-benar sebuah program umum, istilah ini sering digunakan untuk secara khusus menjelaskan sistem seperti Google, Alta Vista, Yahoo, Bing dan Excite yang memungkinkan pengguna untuk mencari dokumen di World Wide Web.

Biasanya, mesin pencari bekerja dengan mengirimkan sebuah spider/robot untuk mengambil sebagai dokumen sebanyak mungkin. Program lainnya, yang disebut indexer, kemudian membaca dokumen-dokumen ini dan membuat index berdasarkan kata-kata yang terkandung dalam setiap dokumen. Setiap search engine menggunakan algoritma untuk membuat indeks, idealnya hanya hasil yang berarti yang dikembalikan untuk setiap query.

Kalau begitu apa hubungannya? Hubungannya adalah adalah bahwa dokumen informasi yang dikumpulkan oleh search engine adalah dokumen yang terdapat pada web browser baik berupa file maupun masih berupa data dalam database sebuah web. Hasil yang disodorkan oleh search engine itu ditampilkan melalui web browser agar menjadi sebuah informasi yang bermakna.

Jadi secara umum dapat disimpulkan bahwa search engine bekerja dengan menggunakan web browser untuk menampilkan pekerjaannya.
Contoh beberapa search engine;

1. AllTheWeb.com
2. Altavista.com
3. About.com
4. DMOZ.com
5. Google.com
6. HotBot.com
7. Ask.com
8. Lycos.com
9. Live Search.com
10. A9
11. Yahoo!
12. Netscape Search
13. Excite
14. AOL Search
15. MSN
16. dll

Demikian penjelasan sederhana semoga tidak membuat anda tambah bingung

Contoh beberapa web browser;

1. Chrome.
2. Firefox
3. Opera
4. Konqueror
5. Safari
6. Lynx
7. Midori
8. Arora
9. Dooble
10. NetSurf
11. Maxthon
12. SealMonkey
13. dll

0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP