Saturday, February 5, 2011

Perangkat proses data

Perangkat proses data, CPU(sentral processing unit) adalah otak dari komputer yang mengatur dan memproses seluruh kerja komputer. CPU terdiri atas mikroprosesor. Contoh cpu intel ialah 8088 untuk pc xt dengan kecepatan 10 MHz dan 80286 untuk PC AT dengan kecepatan 16 MHz salah satu CPU jenis terbaru ialah intel Pentium IV dengan kecepatan 3,06 GHz


Perangkat proses data, Istilah CPU sering dirancukan untuk penyebutan kotak (casing) komputer yang berisi CPU, motherboard, satu daya (power supply), disk drive,memory, kartu(card) tambahan, kipas angin, disk drive dapat berupa hard drive drive. Floppy diskdrive, CD-ROOM/RW, dan DVD-ROM/RW. Memori utama biasa disebut random access memory yang biasanya disebut dengan RAM dan dapat digunakan untuk menyimpan data yang sedang diolah, kapasitas memori menentukan jumlah data yang dapat dijalankan dalam satu waktu.

Bagian dalam casing CPU terdiri atas komponen berikut.

1. Sound card merupakan kartu tambahan yang digunakan untuk mengolah suara, baik sebagai masukan (input) maupun kekuaran (output)

2. Slot ekstensi, digunakan sebagai tempat menancapkanya alat yang biasanya berupa kartu card. Ada berapa jenis slot yang ada pada motherboard, antara lain PCI, AGP dan PCI express

3. Motherboard, sering juga disebut mainboard atau disingkat mobo. Motherboard merupakan komponen utama yang menentukan kemampuan komputer. Fungsi motherboard antara lain:

- Mengorganisaikan, mengatur dan menetukan alat (peripheral)yang dipasang pada komputer.
- Chipset dan program bios yang ada pada motherboard berfungsi untuk mengatur data.
- Mengomunikasikan data informasi data dan informasi yang diproses dikomputer.

4. VGA Card, digunakan untu menghubungkan motherboard dengan monitor, monitor digital(LCD), video, TV atau camcorder. VGA di perlukan untuk mengolah display (tampilan) yang akan ditampilkan ke monitor kartu ini sangat penting, terutama bagi pengguna game karena menentukan kualitas gerakan gambar ditampilkan lebih halus dan mirip dengan aslinya
Perangkat proses data

5. Kamera digital
Salah satu perangkat input yang sedang marak belakangan ini adalah kamera digital. Pada dasarnya, kamera digital merupakan kamera yang menggunakan sensor elektronik untuk mengubah gambar yang ditangkap menjadi data. Kemera digital yang modern memiliki banyak fitur termasuk menangkap gambar, video, dapat digunakan flash memory dengan sambung USB. Fungsi kamera digital juga telah banyak digabungkan dengan alat lain, seperti handphone atau PDA.

6. MIC
Mic digunakan untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaanmic memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut, yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara

7. joystick dan trackball
Joystick digunakan untuk memainkan permainan/game. Joystick memiliki alat seperti tongkat yang dapat dimiringkan ke segala cara dan mempunyai beberapa tomol perintah. Trackball memiliki fungsi yang sama dengan mouse. Track ball digunakan dengan cara memutar bola dengan jari dan kemudian klik melalui tombol yang telah disediakan.


8. scanner
Scanner dipakai untuk memindai (scanning) gambar,tulisan atau objek benda ke dalam format elektronik (digital) sehingga dapat diolah dikomputer. Scanner akan mengukur cahaya yang dipantulkan untuk memperoleh image. Umumnya, kualitas scanner ditentukan oleh kualitas gambar yang di hasilkan (resolusi dan ketepatan warna, kecepatan melakukan scanning, dan ukurang maksimal yang dapat di-scan dalam satu waktu.

0 comments:

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP