Monday, May 18, 2009

ANTARA KOMPUTER BUILT-UP DAN RAKITAN

Seperti yang kitahui ketahui bahwa komputer atau PC menurut pengembangannya dibagi menjadi dua jenis yaitu PC Built-Up dan PC Rakitan. Apa yang dimaksud dengan PC Built-Up dan PC Rakitan? Dan apa saja kelebihan dan kelemahan masing-masing?

PC Built-Up adalah jenis komputer yang dibangun dan dikembangkan oleh pabrikan tertentu. Spesifikasi dari berbagai peralatan yang disatukan di dalamnya telah memiliki spesifikasi khusus yang telah ditentukan oleh pengembang. Jadi, pihak konsumen hanya dapat memilih menurut tipe-nya saja, tanpa dapat turut menentukan spesifikasi yang diinginkan. Hal ini untuk sebagian orang, terutama pemakai biasa, sangatlah membantu untuk memudahkan mereka membeli tanpa harus tahu lebih lanjut masalah teknis dan isi komputer. Tetapi bagi sebagian lainnya, hal ini malah menjadi suatu hal yang sangat tidak menyenangkan. Keinginan untuk menentukan sendiri spesifikasi peralatan dan terutama kualitas barang menjadi hal yang sulit. Apalagi PC Built-Up sangatlah tidak mudah untuk diubah begitu saja spesifikasinya. Dan apabila ada PC Built-Up yang mudah diubah-ubah spesifikasinya, maka jelas bahwa itu bukanlah PC Built-Up, karena spesifikasinya sudah berubah dari seharusnya yng telah ditetapkan oleh pabrikan. Perubahan pada PC Built-Up dapat menyebabkan ketidak seimbangan dari berbagai peralatan yang tadinya merupakan standard ketentuan produsen, bahkan hal ini dapat memutuskan garansi pabrikan. Salah satu kelebihan PC Built-Up adalah layanan purna jualnya yang lebih mapan dan didukung oleh jaringan layanan yang luas, tetapi hal ini juga tergantung dari pihak penjual apakah benar-benar dapat memberikan layanan sebagaimana mestinya.

PC Rakitan merupakan jenis PC hasil racikan pihak tertentu baik secara kelompok maupun per-orangan. PC jenis ini tumbuh dan berkembang dikarenakan ketidak puasan banyak orang terhadap PC Built-Up yang tidak dapat memenuhi standar spesifikasi dan kualitas yang diinginkan. Kelebihan utama PC Rakitan adalah kemudahan memilih berbagai tipe dan jenis alat yang akan dipasangkan ke dalamnya, baik secara kualitas maupun harga dapat ditentukan sendiri. Ada juga PC Rakitan yang sudah berbentuk paket seperti halnya PC Built-Up, tetapi tetap dengan kelebihannya yaitu mudah diganti-ganti atau dirubah spesifikasinya. Seperti halnya dengan keinginan untuk meng-upgrade salah satu bagian PC, dapat dengan mudah dilakukan. Bila dilihat dari sisi kualitas pun PC Rakitan dapat bersanding dengan PC Built-Up bahkan dapat juga jauh lebih tinggi. PC Rakitan yang dahulu dikenal merupakan jalan untuk mendapatkan PC dengan harga murah kini beralih untuk mendapatkan PC dengan kualitas yang jauh lebih baik. Yang perlu diperhatikan dalam membeli PC Rakitan hanyalah kompetensi perakit dalam pengalaman dan pengetahuan masalah teknologi komputer.

Masih terekam dalam ingatan kita sewaktu Bill Gates mendirikan perusahaan software Microsoft Corp. yang memproduksi sistem operasi DOS tempo dulu. Saat itulah dikenal adanya

PC IBM Compatible, apa artinya? artinya orang tidak perlu lagi tergantung dengan PC IBM yang Built-Up untuk mendapatkan suatu PC yang setara. Saat itulah dimulai produksi berbagai peralatan bebas yang tidak harus sesuai spesifikasi PC Built-Up. Dan akhirnya sampai sekarang PC Rakitan merupakan pilihan utama bagi orang yang menginginkan kebebasan memilih apa yang seharusnya mereka pilih dan tentunya dapat disesuaikan dengan saku masing-masing.

PC Rakitan bisa diibaratkan produksi rumahan (home industri atau hand-made) yang lebih eksklusif dengan banyak pilihan kualitas dan harga. Disamping itu PC Built-Up tetap eksis untuk banyak kalangan yang lebih menginginkan layanan purna jual yang lebih terjamin walaupun secara kualitas PC Built-Up tidak berada di atas PC Rakitan.

Contoh langsung:
PC dengan target market GAMERS, OVERCLOCKERS dan POWER USER, kebutuhan akan berbagai peralatan yang sangat spesifik dan eksklusif tidak dapat dipenuhi oleh PC Built-Up. Kebanyakan dari mereka harus menentukan sendiri berbagai peralatan terbaik yang ada di pasaran untuk kemudian dirakit menjadi Super PC versi mereka. Kemudian suatu saat ada peralatan yang lebih baru dan lebih canggih, dapat dengan mudah mereka meng-upgrade PC-nya. Hal ini tidak dapat dapat dilakukan bila mereka membeli PC Built-Up

3 comments:

Anonymous May 26, 2009 at 4:10 AM  

Pak blh bertanya pak su ksh masuk kisi2 quis sistem berkas ke 2 kw ??????

thx n jlu...........

aipelcomputer June 13, 2013 at 8:50 PM  

manthaaaapp

ini dia yang sy cari

zen zen A May 11, 2014 at 7:33 PM  

Sip banget dah

Post a Comment

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP