Wednesday, November 20, 2013

Remote Sensing atau Penginderaan Jarak Jauh


Pengertian Remote Sensing
Atau Yang biasa di sebut pengindraan jarak jauh yaitu Besaran – besaran akuisisi dari Suatu obyek atau fenomena dengan menggunakan salah satu alat atau rekaman real – time dari perangkat sensing, tanpa ada kontak fisik dengan objek, seperti pesawat terbang angkasa, satelite , pelampung cuaca, ataupun kapal.
Dalam penggunaan modern, istilah umumnya merujuk kepada penggunaan teknologi imaging Sensor termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan instrumen aboard pesawat terbang dan angkasa, dan berbeda dari gambar lainnya yang berhubungan dengan bidang seperti medis imaging.
Ada dua jenis penginderaan jarak jauh. ,
1.Penginderaan Pasif , Sensor mendeteksi radiasi alam yang tercermin emitted atau objek atau sekitarnya yang diamati. Tercermin dari sinar matahari biasanya penginderaan ini menggunakan sumber radiasi diukur oleh sensor pasif. Contoh penginderaan pasif termasuk sensor film fotografi, infra-merah, yang digabungkan perangkat, dan radiometers. , di sisi lain, energi emits untuk memindai benda dan daerah mana yang pasif Sensor kemudian mendeteksi dan mengukur radiasi yang dipantulkan atau backscattered dari target.
2.Penginderaan aktif, Radar adalah contoh penginderaan aktif dari jarak jauh di mana waktu tunda antara emisi dan kembali diukur, membangun lokasi, ketinggian, kecepatan dan arah obyek.

Aplikasi Dari Remote Sensing
A.Radar Konvensional radar ini kebanyakan terkait dengan kontrol lalu lintas udara, peringatan dini, dan beberapa berskala besar berhubung dgn Data cuaca. Doppler radar digunakan untuk peraturan pemantauan batas kecepatan dan yang terhubung dgn cuaca seperti kecepatan dan arah angin dalam sistem cuaca, Jenis koleksi termasuk plasmas aktif di ionosfir). Interferometric sintetis kecepatan rana radar digunakan untuk memproduksi model elevasi digital tepat besar skala daerah (lihat RADARSAT, TerraSAR-X, Magellan).
B.Laser altimeters dan radar pada satelit telah memberikan berbagai macam data. Dengan mengukur bulges air yang disebabkan oleh gravitasi, radar pada satelit memiliki fitur peta seafloor ke resolusi mil atau lebih. Dengan mengukur dan ketinggian gelombang-panjang gelombang laut, yang altimeters mengukur kecepatan dan arah angin, dan permukaan laut dan dasar laut.
C.LIDAR Light Deteksi yang lebih dikenal pada contoh dari persenjataan, laser illuminated kepulangan dari projectiles. LIDAR digunakan untuk mendeteksi dan mengukur konsentrasi berbagai bahan kimia di udara, sementara udara LIDAR dapat digunakan untuk mengukur tinggi dan memiliki obyek di lapangan yang lebih akurat dibandingkan dengan teknologi radar. Vegetasi jarak jauh adalah penerapan prinsip LIDAR.
D.Radiometers dan photometers adalah instrumen yang paling umum digunakan, dan mengumpulkan data tercermin emitted radiasi dalam berbagai frekuensi. Yang paling umum yang terlihat dan sensor inframerah, diikuti oleh microwave, gamma ray dan jarang, ultraungu. Mereka dapat juga digunakan untuk mendeteksi emisi Spectra berbagai bahan kimia, menyediakan data kimia konsentrasi dalam suasana.
E.Stereographic atau foto udara yang sering digunakan untuk membuat peta topografi oleh Citra Analis, Terrain Analis di trafficability raya dan departemen untuk rute potensial.
F.Simultaneous multi-platform seperti Landsat telah digunakan sejak 70's. Tematik mappers ini mengambil gambar dalam beberapa wavelengths dari radiasi elektro-magnetik (multi-hantu) dan biasanya ditemukan pada pengamatan satelit bumi, misalnya program lansat atau IKONOS satelit. Peta tanah dan penutup lahan dari pemetaan tematik dapat digunakan pertambangan,mineral, mendeteksi atau memantau penggunaan tanah, hutan, dan memeriksa kesehatan adat dan tanaman perkebunan, termasuk seluruh daerah pertanian atau hutan.
G.Di dalam medan peperangan dan berbahaya pengindraan jarak jauh memungkinkan untuk tindak lanjut dan memantau daerah berisiko dalam jangka panjang, untuk menentukan faktor desertifikasi, untuk mendukung para pengambil keputusan dalam menentukan langkah-langkah yang relevan dari pengelolaan lingkungan hidup, dan untuk menilai dampak – dampaknya.

contoh penggunaan softwarenya adalah ESRI, ERDAS IMAGINE, MapInfo, AutoDesk

0 comments:

Post a Comment

Followers

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP