Tuesday, April 16, 2013

Keyboard komputer

Keyboard

Pengertian & Sejarah Keyboard


Keyboard yaitu suatu peralatan masukan yang menyerupai mesin ketik atau merupakan alat untuk memasukan data atau memberi perintah kepada komputer. Keyboard atau papan ketik merupakan alat masukan (input) yang sangat penting, dan bahkan merupakan alat input yang utama dalam menjalankan komputer. Keyboard  digunakan untuk memasukan data yang berupa teks (huruf, angka, dan tanda baca) dan juga perintah atau instruksi dengan cara mengetiknya. Secara umum, fingsi keyboard adalah untuk memasukan tulisan-tulisan (teks) ke dalam komputer.

Dahulu orang banyak menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaanya terletak pada hasil output atau tampilannya.

Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah kita ketikkan dan setiap huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan, hasil atau keluaranya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikkan dan yang lainnya.



Keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukan ke dalam port yang terdapat pada komputer.
Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh ChristopherLatham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.

Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.

Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = <> / , . ? : ; “ „ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.

Jenis - Jenis Keyboard

A. Menurut Port Yang Digunakan

  • Keyboard Serial

Port serial pada keyboard
Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.




  • Keyboard PS/2


Kabel Port PS/2
Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.

  • Keyboard Wireless

Wireless Keyboard
Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infrared, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.


  • Keyboard USB

USB
Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat.


B. Menurut Struktur Tombolnya

  • Keyboard QWERTY

Keyboard jenis ini merupakan keyboard paling lazim digunakan pada komputer-komputer umumnya. Nama QWERTY diambil dari 6 karakter alfabetis pertama pada susunan typing key nya.
  • Keyboard DVORAK

Layou keyboard ini 
dipatenkan pada tahun 1936 oleh Dr Agustus Dvorak dan saudaranya iparnya, Dr William Dealey. Selama bertahun-tahun sedikit variasi dirancang oleh tim yang dipimpin oleh Dvorak atau oleh ANSI. Variasi ini telah secara kolektif atau individual juga disebut Keyboard Sederhana atau Keyboard Sederhana Amerika tetapi tetap dikenal sebagai keyboard Dvorak atau tata letak Dvorak. Dvorak mengurangi pola pergerakan jari, meningkatkan kecepatan mengetik, dan mengurangi kesalahan dibandingkan dengan standar QWERTY keyboard. Penurunan jarak tempuh jari awalnya diakui untuk memungkinkan tingkat lebih cepat mengetik, dan di tahun berikutnya, dapat mengurangi cedera regangan berulang. Namun Dvorak telah gagal untuk menggantikan keyboard QWERTY.
  • Keyboard Klockenberg


Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. Keyboard KLOCKENBERG tampak lucu karena dipisahkan bagian kiri dan kanannya yang relatif lebih banyak memakan ruang. Walaupun demikian, keyboard KLOCKENBERG sudah lebih baik dalam hal pengurangan beban pada jari dan lengan. Hal ini dapat mengurangi nyeri otot pada bahu dan pergelangan tangan. .Dari ketiga macam keyboard tersebut, ternyata keyboard QWERTY yang tetap diusulkan sebagai keyboard resmi. Hal ini diperkuat dengan keputusan Amerika Serikat untuk tetap menggunakan keyboard QWERTY dalam Standard Institute pada tahun 1968 dan melalui ISO pada tahun 1971. Keputusan ini lebih banyak dipengaruhi masalah ekonomi, yaitu dalam hal mengurangi biaya pelatihan baru bila harus memakai keyboard jenis KLOCKENBERG maupun jenis DVORAK. Dengan demikian, masalah nyeri otot masih tetap akan muncul pada pemakaian keyboard QWERTY.

Struktur Tombol Pada Keyboard QWERTY

Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu:

1. Tombol Ketik (typingkeys)
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca.
Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.

2. NumericKeypad
Numerickeypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.

3. Tombol Fungsi (FunctionKeys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.

4. Tombol kontrol (Control keys)
Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numerickeypad, home, end, insert, delete, pageup, pagedown, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).


0 comments:

Post a Comment

Followers

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP