Thursday, February 24, 2011

Maksud dari Windows OEM

OEM atau “Original Equipment Manufacturer” adalah salah satu istilah yang digunakan untuk menggambarkan produk yang datang langsung dari produsen. Hal ini berlaku pada hardware yang dibundel langsung dengan software yang dirancang untuk digunakan pada sistem komputer bersangkutan. Windows OEM melekat untuk satu produk PC sehingga tidak dapat digunakan pada komputer lain.

Ketentuan ini berlaku pada pembelian Sistem Operasi Windows dari Microsoft dengan lisensi OEM untuk setiap pembelian satu produk. Versi OEM dari Windows berfungsi sama seperti instalasi Windows lainnya. Versi OEM Windows dirancang untuk digunakan oleh produsen PC dan Sistem aplikasi Windows didalamnya untuk dijual kembali. Pengguna komputer rumah secara teknis tidak diizinkan untuk menginstal Windows dengan lisensi OEM.

Windows OEM tidak bisa ditransfer ke komputer lain karena terikat motherboard ketika diinstal. OEM tidak memiliki kemampuan untuk beralih antara versi Windows 32 bit dan 64 bit karena pada saat pembelian versi telah ditetapkan. Versi OEM tidak mendapat dukungan update penuh dari Microsoft tetapi dukungan produk harus disediakan oleh produsen PC. Aktivasi tidak diperlukan oleh Microsoft ketika dilakukan oleh pembuat PC, tetapi mereka yang menggunakan sistem OEM perlu mengaktifkannya. OEM pra-instalasi yang diperlukan dengan kit dan install total diperbolehkan.

Menggunakan versi OEM Windows untuk diinstal ke PC memiliki banyak batasan dan aturan legalitas. Siapapun yang membeli versi OEM, dianggap menyetujui persyaratan versi OEM dari Windows dan setiap bagian dari aturan instalasi. Ini berarti bahwa siapa saja yang menggunakan OEM instalasi dianggap memenuhi syarat termasuk bagi System Builder atau perusahaan yang memproduksi komputer untuk dijual kembali.

System Builder harus membuat sistem pada produk untuk dijual kembali. Sistem tidak dapat disimpan oleh System Builder sebagai versi OEM windows tetapi hanya dirancang untuk diinstal pada satu sistem yang akan dijual kepada orang lain. Ini adalah penggunaan yang diijinkan oleh Microsoft yang telah digariskan dalam hal dokumentasi OEM.

Perusahaan yang memproduksi massal sistem komputer diijinkan untuk menggunakan versi OEM Windows untuk menginstal Windows ke dalam sistem mereka. Penggunaan kit khusus yang dirancang untuk menyesuaikan instalasi Windows pada sistem dan juga menguji instalasi sebelum mengirim sistem ke ritel harus digunakan. Kit ini dikenal sebagai OPK (OEM Pre-Installation Kit).

oem windows

Alasan mengapa kit khusus yang diperlukan untuk memiliki akses ke sistem, karena sebagai pengujian preinstall perangkat lunak yang seharusnya ada di dalam paket. Hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk memastikan bahwa versi Windows yang telah terpasang dilakukan tanpa kesalahan sementara masih memungkinkan pengguna baru untuk menerima sistem secara lengkap. Para pengguna baru akan dapat menerima “out of the box” yang memungkinkan mereka untuk membuat account.

System Builder seperti ini juga akan harus memberikan 100% dari dukungan setiap kali pelanggan memiliki masalah dengan sistem mereka yang tidak dapat diselesaikan oleh pelanggan dengan sistem bantuan standar Windows. Ini berarti bahwa System Builder harus menawarkan garansi mereka sendiri atau batas dukungan untuk konsumen mereka untuk melakukan instalasi OEM yang valid.

Sebelum sebuah produk dijual, Windows Key Sticker (hologram yang berisi kode serial) yang valid harus ditempatkan pada casing sistem. Windows Key Sticker akan ditempatkan di belakang casing laptop/komputer notebook atau stiker yang diletakkan di dalam casing yang tidak dapat dilepas.

Apa baiknya menggunakan OEM Windows? Hal ini terutama dirasakan pada proses instalasi dimana ketika menggunakan OEM, proses instalasi hanya satu kali dan semua kebutuhan dasar driver, antivirus dan program aplikasi dasar langsung terinstall bersama-sama windows. Jadi tidak perlu install driver dan aplikasi berulang-ulang.

Apakah OEM dapat saya ganti dengan versi windows yang lain? Tidak masalah sejauh anda menggunakan windows original. Tetapi dukungan teknis dari produsen hardware akan hilang dan semua driver harus dicari dan diinstall sendiri secara terpisah.

0 comments:

Post a Comment

Followers

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP