Thursday, April 8, 2010

Mencetak daftar file pd folder

Sistem operasi Windows tidak menyediakan fasilitas untuk mencetak daftar file pada suatu directory. Tapi dengan sedikit tips berikut Anda bisa melakukannya. Caranya dari menu Start, pilih Run. Ketikkan command /c dir>prn lalu klik OK atau cukup tekan Enter.

Mengetahui IRQ yang telah digunakan

1. Klik kanan pada icon My Computer.
2. Pilih Properties.
3. Pindah ke tab Device Manager.
4. Pilih Computer dan klik Properties.
Selanjutnya akan muncul tampilan yang menginformasikan IRQ mana saja yang telah digunakan dan "siapa" yang menggunakan IRQ tersebut.

Membuka link pada window baru

Khusus Internet Explorer, untuk membuka link pada window atau jendela baru, caranya tekan shift lalu klik link tersebut. Selain itu juga bisa dengan mengklik kanan pada link dan pilih Open in New Window (bisa untuk IE dan Netscape).

Hyperlink pada MS Word

Jika kita mengetik alamat web pd MS Word, secara otomatis akan aktif hyperlinknya. Untuk mendisable fasilitas tersebut, caranya sebagai berikut:
1. Dari menu Tools pilih AutoCorrect.
2. Pindah ke tab AutoFormat.
3. Hilangkan tanda check (centhang) pada Internet and Nework Paths with Hyperlinks.
4. Klik OK.

Bug pada Windows 98

Ternyata Windows 98 menyimpan sebuah bug kecil yang biasa disebut minor cosmetic bug. Nggak percaya ? Cobain yang ini : klik kanan pada desktop, pilih New - Shorcut. Lihat pada gambar di sebelah kiri, di sana tertulis Windows 95. Padahal ini khan Windows 98. He .. he ..he, mungkin anak buahnya Bill Gates lupa.
Koleksi icon pada Windows
Pengen mencari icon-icon baru buat shortcut ? Coba cari pada file PIGMGR.DLL, SYNCUI.DLL, SYSTRAY.EXE, AWFEX32.EXE, PROGRAM.EXE dan MORICONS.DLL. Masing-masing file menyimpan beberapa icon yang mungkin menarik menurut kamu.


Easter egg pada Solitaire dan Minesweeper

Tulisan ini gue dapet entah dari mana, gue lupa. Yang jelas ini adalah tips buat mendapatkan easter egg pd Solitaire dan Minesweeper, game bawaan Windows.

MS Solitaire

In turn 3 cards over mode, you can turn over only one card at a time by holding down Ctrl+Alt+Shift
MS Minesweeper
1. Hold down the Shift key and type XYZZY
2. Release Shift and then press it again. Now whenever your cursor is over the top of a mine, the top left pixel on your screen shows as a black dot.

Mengcopy dari Dos Prompt

Suatu saat kamu mungkin ingin melakukan copy tampilan text yang ada pada Dos Prompt. Untuk itu ikuti tips berikut :
1.Klik icon Mark yang terletak pada toolbar Dos Prompt.
2.Pilih area yang ingin Anda copy dengan melakukan drag.
3.Tekan icon Copy.
4.Setelah itu Anda dapat melakukan Paste, misalnya pada Notepad, MS Word, dll.

Membuat startup disk Win 95/98

Mungkin kamu berpikir bahwa kamu tidak akan pernah memakai startup disk. Selama Windows kamu OK, pendapat tersebut benar. Tapi kalau Windows kamu mulai rewel apalagi sampai nggak bisa buat booting, kamu pasti kelabakan :-(. Nah, sebelum hal tersebut menimpa kamu, kamu mesti mempunyai startup disk buat berjaga-jaga jika Windows kamu ngadat. Caranya dari Control Panel pilih Add/Remove Programs. Pindah ke tab Startup Disk. Masukkan disket dan klik Create Disk. Tunggu sampai proses selesai sebelum mengklik OK. Nah simpan disket tersebut buat berjaga-jaga bila Windows kamu bermasalah.

Memperkecil ukuran icon desktop

Anda mungkin senang meletakkan berbagai icon pada desktop bahkan mungkin hampir semua aplikasi punya icon pada desktop. Tetapi jumlah icon yang terlalu banyak tentunya akan membuat desktop kita kurang enak dipandang, apalagi kalau sampai menutupi gambar pd background. Ada satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan cara memperkecil ukuran iconnya. Caranya klik kanan pada desktop, pilih Properties. Pindah ke tab Appearance. Pindah ke kolom item dan pilih Icon. Ubah nilainya yang terletak di sebalah kanan yaitu pada bagian size. Kalau sudah klik OK dan restart Windows kamu.

Protect File & Folder

Anda menginginkan folder yang benar benar pribadi dan tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berhak? di windows9x anda? masuklah ke lingkungan dos, masuklah ke direktori tempat folder yang ingin anda "kunci" misal: folder yang ingin anda kunci bernama "test" (tanpa tanda kutip) dan diletakkan di direktori C: maka masuklah terlebih dahulu ke direktori C, pada dos prompt anda, selanjutnya ketikkan perintah: ren test.* test(alt-255).* keterangan: alt-255 maksudnya, tekan tombol alt, sambil menekan angka 255 pada angka angka di bagian numlock. ingat, bukan angka angka di bawah tombol F1 - F12 bawah numlock, trik ini juga dapat dilakukan terhadap file. dengan trik ini, folder / file yang telah anda kunci tidak akan dapat dimodifikasi dalam lingkungan windows (baik dibuka, rename, maupun delete) untuk mengembalikan folder/ file menjadi normal, ketik: ren test(alt-255).* test.*

Variasi bagi prompt DOS

Pengen prompt DOS yang lebih bervariasi ? Caranya mudah saja. Pertama klik Start - Run. Ketikkan sysedit, enter. Buka file config.sys. Tambahkan baris Device=c:\windows\command\ansi.sys. Buka file autoexec.bat dan tambahkan Prompt $e[s $e[1;1h$e[36m$d $e[K$e[7m$e[1;34H Path $p $e[1;67H$e[0m$t$e [u$e[1mPerintahku:$e[0m. Restart dulu untuk melihat perubahannya.

Membuat Folder Hidden Agar Tetap Hidden pada Windows 98

Folder yang hidden bisa dilihat jika folder option-nya dipilih pada show all.
Agar folder yang hidden tetap hidden/tidak tampak, aku ada sedikit tips :
gunakan regedit
pada key
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\
explorer\Advanced\Folder\Hidden\SHOWALL
rubah RegPath
misalnya
Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced
ganti dengan
Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advancedd
Dengan itu pilihan radio button pada folder option akan tetap pada pilihan hidden. Selamat mencoba!
Mempercepat tampilan dekstop
Untuk mempercepat tampilan dekstop anda, cobalah trik dibawah ini!!! Caranya dari menu Start, pilih Run. Ketikkan regedit, lalu cari key: HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/Dekstop. Klik kanan pada panel sebelah kanan lalu pilih New - String Value. Beri nama dengan MenuShowDelay. Klik 2x pada MenuShowDelay dan isi dengan 0 (nol). Ulangi langkah di atas dengan String Value bernama Minanimation dan isi dengan 0 (nol) juga. Selamat mencoba !

Mempercepat modem

Tahukah kamu bahwa kecepatan koneksi internet dapat kamu tingkatkan dengan mengubah beberapa setting tertentu pada Windows. Walaupun sekarang sudah banyak software-software untuk mempercepat koneksi internet saya kira kamu tidak akan rugi untuk mengetahui cara mempercepat secara "manual" seperti yang tercantum di bawah ini:
Cara Pertama
1. Dari Control Panel, klik icon Modem.
2. Pada kotak dialog Modem Properties, pilih modem yang akan diubah settingnya dan klik pada tombol Properties
3.Pada tab General, ubah Maximum Speed menjadi 115200.
4.Pindah ke tab Connection dan klik tombol Port Setting.
5.Dari kotak dialog Advanced Port Setting, beri tanda check pada Use FIFO buffers. Kemudian ubah Receive Buffer menjadi 14 dan Transmit Buffer menjadi 16. Lalu klik OK.
6.Klik button Advanced, beri tanda check pada Use Flow Control. Kemudian pilih radio button Hardware. Pada bagian Extra Setting, isi dengan &C1&D2E1Q0V1X4%C0 S7=55 S11=55 S0=0.

Menempatkan teks pada systray

Cara menempatkan teks pada systray di taskbar mungkin udah pada tahu
tapi cuman nyampe 8 karakter doang. Nah, dengan trik berikut lo bisa buat
lebih dari itu.
Pertama buka registry pada key "HKCU\Control Panel\Internasional"

Cari string value "s1159" dan "s2359" [kalo belom ada buatlah..:-)]
Isi nilai value tersebut dengan string yang pengen lo tampilin dan
tutup registry.
Untuk melihat perubahannya tekan Ctrl+Alt+Del lalu sorot Explorer dan
klik EndTask.
Bakal muncul dialogbox shutdown, klik cancel.

Memproteksi file

Protect file atau folder dengan cara nge-rename file atau folder
tersebut dengan menggunakan alt + 255 (atau dengan karakter lainnya yaitu alt + kombinasi angka) ada kelemahannya yaitu file tersebut masih bisa dilihat di lingkungan windows 9x sebagai '__' yang akan membuat orang yang melihat penasaran atau ingin tahu.
Agar tidak dapat dilihat atau berupa hidden file caranya rubah nama
filenya ( misal nama filenya adalah coba maka dari DOS ketikkan : "ren
coba (alt+255) baru ganti attributnya dengan hidden dari DOS (bukan
windows). Untuk membuka kembali atau menembusnya dengan mudah dapat digunakan Norton Commander ..... yaitu bila sudah masuk ke NC tekan tombol F6 dan ganti aja nama file yang katanya nggak kelihatan tadi.

Memproteksi folder dengan password

Anda punya data penting dalam suatu folder dan ingin folder tersebut diproteksi dengan password ? Ini caranya :
1.Klik-kanan pada tempat kosong disamping folder yang akan diproteksi,
kemudian pilih CUSOMIZE THIS FOLDER ,kemudian pilih CREATE HTML
DOCUMENT FOR THIS FOLDER.
2.Kemudian anda akan masuk ke Notepad, Gulung layar sampai melihat
script

Followers

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP