Tuesday, April 28, 2009

Dynamic Front Side Bus Switching,IDA,Intel Turbo Memory

Dynamic Front Side Bus Switching,IDA,Intel Turbo Memory

Dynamic Front Side Bus Switching
Adalah teknologi yang secara dinamis mampu mengubah FSB dan voltase sehingga prosesor bisa menggunakan daya yang lebih rendah (yang disebut dengan istilah super low frequency mode). Dengan demikian, akan mengurangi konsumsi daya listrik.
Keberadaan Enhanced Sleep state, juga dapat membantu penghematan energi, hal ini terjadi karena konsumsi daya kedua core dan chipset jadi menurun.

Intel Dynamic Acceleration (IDA).
Teknologi ini dibuat untuk meningkatkan kinerja aplikasi-aplikasi single thread, apabila aplikasi-aplikasi tersebut belum mampu memanfaatkan fitur dual core dari prosesor Core 2 Duo. Dengan teknologi ini, aplikasi-aplikasi single thread dapat bekerja lebih cepat.
Jika aplikasi single thread dijalankan, prosesor akan menggunakan dan meng-overclock salah satu core. Pada sisi lain, jika kedua core dalam kondisi aktif (terpakai), prosesor akan mengatur agar thermal (panas) kedua core sama.

Intel Turbo Memory
Intel Turbo Memory dikenal pula dengan nama Robson Technology. Sebenarnya teknologi ini ditujukan untuk membantu kerja harddisk. Prosesnya dapat dijelaskan sebagai berikut:

Perhatikanlah mekanisme kerja harddisk:

Harddisk Drive memutar piringan data dengan kecepatan tertentu, agar data yang ada di piringan dapat diakses. Mekanisme ini tidak efektif karena memiliki kelemahan:
- Kecepatan putar piringan harddisk tidak dapat ditingkatkan, sehingga kecepatan akses data juga
tidak bisa dipercepat.
- Memutar piringan harddisk membutuhkan daya yang besar, proses ini dapat mengurangi daya tahan
batere laptop.

Intel Turbo Memory akan mengambil alih sebagian tugas harddisk ke sebuah memori jenis NAND (seperti yang digunakan di flashdisk). Dibandingkan harddisk, memori ini memerlukan konsumsi daya yang lebih rendah, namun memiliki kecepatan transfer yang tinggi. Dengan demikian, dapat menghemat konsumsi energi batere, sehingga daya tahan batere menjadi lebih lama.

Saturday, April 25, 2009

Prosesor

Prosesor (komponen dan cara kerja)

Mikroprosesor adalah suatu komponen (biasanya wujud fisiknya berupa chip) yang terdapat dalam suatu sistem komputer yang berfungsi sebagai unit pusat pemroses atau pengolah data dan istruksi. Dalam bahasa kasar sering diistilahkan sebagai ‘otak’ komputer. Mikroprosesor ini umumnya terpasang pada motherboard. Penulisan kata mikroprosesor sering disingkat µP atau uP. Istilah mikroprosesor juga disebut dengan nama prosesor atau CPU (central processing unit).

Prosesor ini terbuat dari chip silikon yang di dalamnya mengandung jutaan transistor mini dan sirkuit lainnya di atas sirkuit terintegrasi semikonduktor. Selama ini, perkembangan mikroprosesor diketahui mengikuti hukum Moore. Hukum ini dilontarkan oleh Gordon Moore pada tahun 1965. Saat itu Moore memprediksi bahwa jumlah transistor yang ada pada IC (Integrated Circuit) akan berlipat ganda setiap tahunnya, dan merumuskan bahwa daya penghitungan akan berlipat ganda setiap 18 bulan. Pernyataan ini diperbaharui oleh Moore pada tahun 1995, berdasar hasil penelitian bahwa kelipatan ganda jumlah transistor akan terjadi setiap dua tahun sekali. Hukum tersebut memang benar-benar terjadi dan terbukti sejak awal tahun 1970-an. Sehingga performa komputerpun terus meningkat dari tahun ke tahun.

Hukum Moore tersebut mungkin tidak akan berlaku seterusnya, kalau mengamati perkembangan prosesor saat ini tampaknya hukum tersebut hanya berlaku untuk waktu yang terbatas.

Komponen Prosesor

Prosesor golongan x86 yang digunakan untuk PC, biasanya terdiri dari beberapa komponen penting, antara lain:

o Unit kontrol, yaitu bagian yang bertugas mengatur jalannya program.

o Unit eksekusi, yaitu bagian yang melakukan operasi terhadap data yang terdiri dari:

§ ALU (Arithmetic Logical Unit = Unit Logika dan Aritmatika). Komponen ini berfungsi sebagai tempat memproses data dengan cara memanipulasi informasi dan mengevaluasi hasilnya. ALU dapat melakukan operasi-operasi tertentu, misalnya penjumlahan, perkalian, pengurangan, dan lainnya.

Ø ALU sendiri terdiri dari device-device memori kecil yang dikenal dengan nama register. Pada register inilah informasi-informasi disimpan selama pemrosesan data sedang berlangsung.

Ø ALU juga terdiri dari sirkuit-sirkuit untuk mengevaluasi informasi. Misalnya adder dan comparator, yang memanipulasi data sesuai instruksi yang terprogram

§ FPU (Floating Point Unit). Komponen ini berfungsi untuk memproses data berupa bilangan floating point.

o Sekumpulan daftar yang dapat digunakan untuk menampung data maupun hasil perhitungan yang belum selesai dengan sempurna. Komponen ini terkadang terdapat dalam CPU, tetapi tidak semuanya.

Memori internal CPU, biasanya berupa cache, seringkali disebut dengan istilah cache memori. Sekarang ini, prosesor-prosesor modern sudah dilengkapi komponen ini. Sedangkan prosesor-prosesor lama, banyak yang tidak memilikinya.

Cara kerja Prosesor

Prosesor berfungsi seperti kalkulator, hanya saja dengan kemampuan pemrosesan data yang jauh lebih besar. Fungsi utamanya adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data.

Data tersebut diambil dari memori atau diperoleh dari alat input yang dioperasikan oleh operator seperti papan ketik (keyboard), mouse dan lainnya. Kerja prosesor ini dikontrol oleh sekumpulan instruksi software. Software tersebut diperoleh atau dibaca dari media penyimpan seperti harddisk, disket, CD, dan lainnya. Kemudian instruksi-instruksi tadi disimpan dalam RAM. Setiap instruksi diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Untuk selanjutnya, prosesor akan mengakses data-data yang ada pada RAM, dengan cara menentukan alamat data yang dikehendaki.

Prosesor dan RAM dihubungkan oleh unit yang disebut bus. Saat sebuah program dijalankan, data akan mengalir dari RAM melalui bus, menuju ke prosesor. Di dalam prosesor, data ini di-dekode, kemudian berjalan ke ALU yang bertugas melakukan kalkulasi dan perbandingan. Kadang-kadang data disimpan sementara di register agar dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. Setelah selesai, hasil pemrosesannya mengalir kembali ke RAM atau ke media penyimpan. Apabila data hasil perosesan tadi akan diolah lagi, maka data tersebut akan disimpan dalam register. Demikian seterusnya.

Bilangan yang ditangani oleh prosesor

Terdapat dua macam bilangan yang ditangani oleh prosesor, yaitu bilangan fixed point dan bilangan floating point.

Bilangan fixed point adalah bilang yang memiliki nilai digit spesifik pada salah satu titik desimalnya, Hal ini akan membatasi jangkauan nilai yang mungkin untuk angka-angka tersebut, namun, hal ini justru dapat dihitung oleh prosesor.

Sedangkan bilangan floating point, adalah bilangan yang diwujudkan dalam notasi ilmiah, yaitu berupa angka pecahan desimal dikalikan dengan angka 10 pangkat bilangan tertentu. Misalnya: 705,2944 x 109, atau 4,3 x 10-7. Cara penulisan angka seperti ini merupakan cara singkat untuk menuliskan angka yang nilainya sangat besar maupun sangat kecil. Bilangan seperti ini banyak digunakan dalam pemrosesan grafik dan kerja ilmiah. Proses aritmatika bilangan floating point memang lebih rumit dan prosesor membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengerjakannya, karena mungkin akan menggunakan beberapa siklus detak (clock cycle) prosesor.

Oleh karena itu, beberapa jenis komputer menggunakan prosesor sendiri untuk menangani bilangan floating point. Prosesor yang khusus menangani bilangan floating point disebut Floating Point Unit (FPU) atau disebut juga dengan nama math co-processor. FPU dapat bekerja secara paralel dengan prosesor. Dengan demikian proses penghitungan bilangan floating point dapat berjalan lebih cepat. Keberadaan FPU integrated (bersatu dengan prosesor) sudah menjadi kebutuhan standart komputer masa kini, karena banyak sekali aplikasi-aplikasi yang beroperasi menggunakan bilangan floating point.

Cache memory

Pengertian Cache memory

Cache memory adalah memory berukuran kecil berkecepatan tinggi yang berfungsi untuk menyimpan sementara instruksi dan/atau data (informasi) yang diperlukan oleh prosesor. Boleh dikatakan bahwa cache memory ini adalah memory internal prosesor. Cache memory ini berbasis SRAM yang secara fisik berukuran kecil dan kapasitas tampung datanya juga kecil atau sedikit. Pada saat ini, cache memory ada 3 jenis, yaitu L1 cache, L2 cache, dan L3 cache.

Letak cache memory

L1 cache terintegrasi dengan chip prosesor, artinya letak L1 cache sudah menyatu dengan chip prosesor (berada di dalam keping prosesor). Sedangkan letak L2 cache, ada yang menyatu degan chip prosesor, ada pula yang terletak di luar chip prosesor, yaitu di motherboard dekat dengan posisi dudukan prosesor. Pada era prosesor intel 80486 atau sebelumnya, letak L2 cache kebanyakan berada di luar chip prosesor. Chip cache terpisah dari prosesor, berdiri mandiri dekat chip prosesor. Sejak era prosesor Intel Pentium, letak L2 cache ini sudah terintegrasi dengan chip prosesor (menyatu dengan keping prosesor). Posisi L2 cache selalu terletak antara L1 cache dengan memori utama (RAM). Sedangkan L3 cache belum diimplementasikan secara umum pada semua jenis prosesor. Hanya prosesor-prosesor tertentu yang memiliki L3 cache.

Cache memory yang letaknya terpisah dengan prosesor disebut cache memory non integrated atau diskrit (diskrit artinya putus atau terpisah). Cache memory yang letaknya menyatu dengan prosesor disebut cache memory integrated, on-chip, atau on-die (integrated artinya bersatu/menyatu/ tergabung, on-chip artinya ada pada chip).

L1 cache (Level 1 cache) disebut pula dengan istilah primary cache, first cache, atau level one cache. L2 cache disebut dengan istilah secondary cache, second level cache, atau level two cache.





Kecepatan cache memory

Transfer data dari L1 cache ke prosesor terjadi paling cepat dibandingkan L2 cache maupun L3 cache (bila ada). Kecepatannya mendekati kecepatan register. L1 cache ini dikunci pada kecepatan yang sama pada prosesor. Secara fisik L1 cache tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. L1 cache adalah lokasi pertama yang diakses oleh prosesor ketika mencari pasokan data. Kapasitas simpan datanya paling kecil, antara puluhan hingga ribuan byte tergantung jenis prosesor. Pada beberapa jenis prosesor pentium kapasitasnya 16 KB yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu 8 KB untuk menyimpan instruksi, dan 8 KB untuk menyimpan data.

Transfer data tercepat kedua setelah L1 cache adalah L2 cache. Prosesor dapat mengambil data dari cache L2 yang terintegrasi (on-chip) lebih cepat dari pada cache L2 yang tidak terintegrasi. Kapasitas simpan datanya lebih besar dibandingkan L1 cache, antara ratusan ribu byte hingga jutaan byte, ada yang 128 KB, 256 KB, 512 KB, 1 MB, 2 MB, bahkan 8 MB, tergantung jenis prosesornya. Kapasitas simpan data untuk L3 cache lebih besar lagi, bisa ratusan juta byte (ratusan mega byte).

Prioritas penyimpanan dan pengambilan data

Dalam mekanisme kerjanya, data yang akan diproses oleh prosesor, pertama kali dicari di L1 cache, bila tidak ada maka akan diambil dari L2 cache, kemudian dicari di L3 cache (bila ada). Jika tetap tidak ada, maka akan dicari di memori utama. Pengambilan data di L2 cache hanya dilakukan bila di L1 cahe tidak ada.

Lebih jelasnya proses baca tulis data yang dilakukan oleh prosesor ke memori utama dapat dijelaskan sebagai berikut:

Ketika data dibaca/ditulis di memori utama (RAM) oleh prosesor, salinan data beserta address-nya (yang diambil/ditulis di memori utama) disimpan juga di cache. Sewaktu prosesor memerlukan kembali data tersebut, prosesor akan mencari ke cache, tidak perlu lagi mencari di memori utama.


Jika isi cache penuh, data yang paling lama akan dibuang dan digantikan oleh data yang baru diproses oleh prosesor. Proses ini dapat menghemat waktu dalam proses mengakses data yang sama, dibandingkan jika prosesor berulang-ulang harus mencari data ke memori utama.

Secara logika, kapasitas cache memory yang lebih besar dapat membantu memperbaiki kinerja prosesor, setidak-tidaknya mempersingkat waktu yang diperlukan dalam proses mengakses data.

Tuesday, April 21, 2009

BAGIAN 3 ISTILAH KOMPUTER

Google SketchUp
Google SketchUp merupakan program modeling yang diperuntukkan bagi para profesional di bidang arsitektur, teknik sipil, pembuat film, pengembang game, dan profesi terkait. Program ini disediakan Google untuk dapat didownload secara gratis. Google SketchUp memiliki kelebihan pada kemudahan penggunaan dan kecepatan dalam melakukan desain, berbeda dengan program 3D CAD lainnya.

Hardware
Hardware merupakan perangkat keras yang berupa perlengkapan fisik atau piranti nyata yang menjadi bagian dari sebuah produk teknologi, misalnya komputer. Komputer sendiri dapat bekerja karena tersusun dari berbagai hardware, misalnya motherboard, power supply, sound card, dan sebagainya. Selain itu, terdapat juga hardware pendukung yang lazim disebut sebagai peripheral, yang memiliki fungsi khusus melengkapi fungsi hardware utama. Contohnya adalah printer, scanner, headset, dan sebagainya.

HyperText Markup Language (HTML)
Standar tata cara penulisan kode yang digunakan dalam menyusun halaman web. Melalui HTML, teks dokumen web dapat disusun, diatur formatnya, diberi gambar, suara, maupun rujukan ke sumber-sumber lain di Internet.

IP Address
Alamat atau nomor protokol Internet. Nomor khusus yang terdiri dari 4 bagian yang dipisahkan dengan tanda titik. misalnya 165.113.245.2. Setiap komputer yang terhubung ke Internet memiliki nomor IP tersendiri. Nomor IP mempermudah Internet dan penggunanya untuk mengidentifikasi setiap komputer yang terhubung ke sana. Untuk mengetahui IP Address komputer Anda secara cepat, klik link ini: Whatismyip.com.

Javascript
Bahasa pemrograman sederhana yang dikembangkan oleh Netscape untuk meningkatkan interaktivitas halaman web. Javascript menggunakan karakteristik bahasa Java, namun tetap independen. Javascript diterapkan pada HTML untuk menghasilkan konten web yang dinamis dan atraktif.

Kernel
Kernel merupakan perangkat lunak inti atau dasar dari sebuah sistem operasi yang berperan sebagai pengelola sumber daya sistem di komputer. Kernel mengatur komunikasi antar komponen hardware dan software. Contoh kernel yang populer saat ini adalah GNU/Linux.

Keyword
Kata kunci pada sebuah perintah pencarian. Keyword ditelusuri dalam berbagai tata urutan. Berikan spasi untuk memisahkan beberapa kata kunci dalam sebuah operasi pencarian.

Link, hyperlink
Alamat sebuah lokasi di internet (URL) yang disisipkan pada dokumen untuk menghubungkan dokumen ke dokumen di lokasi lain. Link biasanya dapat ditengarai dari munculnya perubahan warna pada sebuah teks atau munculnya ikon telapak tangan saat pointer mouse diarahkan pada sebuah link. Tindakan klik pada link akan menghasilkan tampilan dokumen di lokasi tujuan. Link dapat merujuk sebuah lokasi lain di halaman yang sama, halaman yang berbeda, atau sebuah alamat email.

Linux (GNU/Linux)
GNU/Linux atau sering disingkat Linux adalah sistem operasi yang bersifat Open Source. Kernel (inti dasar sistem operasi) Linux dikembangkan pertama kali pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Kernel Linux selanjutnya menggunakan utility dan library sistem operasi GNU yang telah dikembangkan sejak tahun 1983 oleh Richard Stallman. Maka selanjutnya Linux diberi nama alternatif GNU/Linux sebagai tanda bahwa Linux dikembangkan menggunakan lisensi publik GNU (GPL).

Linux kini telah berkembang menjadi sistem operasi Open Source yang sangat populer, yang dikembangkan secara gotong-royong oleh berbagai kalangan di seluruh dunia. Mengingat Linux dikembangkan secara terbuka, maka hadirlah berbagai jenis Linux, yang disebut dengan Distro (distribusi). Berbagai distro Linux yang ada saat ini tetap menggunakan GNU/Linux sebagai sistem operasi utama, adapun perbedaan distro-distro yang ada hanya terletak pada paket aplikasi komputer dan cara pengelolaan sistemnya.

Beberapa distro Linux yang populer dewasa ini adalah Ubuntu, Debian, Fedora (RedHat), SuSE, Mandriva, dan Slackware. Informasi terkini tentang berbagai distro Linux dan rilis-rilisnya dapat ditemukan di situs DistroWatch.

Microsoft
Microsoft Corporation adalah raksasa industri pembuatan software komputer. Microsoft yang berkantor pusat di Redmond, Washington, USA, didirikan pada tahun 1975 oleh Bill Gates dan Paul Allen, dan mulai dikenal berkat sistem operasi MS-DOS-nya.

Microsoft sangat populer bagi setiap pengguna komputer, baik yang menggunakan sistem operasi Windows buatan Microsoft, maupun kalangan non pengguna. Microsoft juga sangat dikenal karena paket aplikasi perkantoran, Microsoft Office. Microsoft juga telah melebarkan sayap bisnisnya di dunia publishing, hardware, bahkan video game.

Beberapa software populer yang termasuk di jajaran produk Microsoft antara lain : OS Windows (dalam berbagai rilis dan versi untuk PC, Server, dan PDA), Office (di antaranya Word, Excel, dan Powerpoint), game Age of Empires, Halo, dan Flight Simulator, dan berbagai aplikasi lingkungan pemrograman visual (di antaranya Visual Basic, Visual Foxpro, dan seri paket Visual Studio .NET).

Modem (MOdulator, DEModulator)
Perangkat yang menghubungkan komputer dengan saluran telepon. Modem memungkinkan komputer untuk berhubungan dengan komputer lain melalui jaringan telepon. Modem berfungsi mengubah sinyal digital ke sinyal analog agar dapat mengirimkan data melalui saluran telepon. Demikian sebaliknya, modem akan mengembalikan sinyal analog yang diterimanya menjadi sinyal digital agar data dapat disajikan di komputer.

Netscape
Sebuah program web browser dan nama sebuah perusahaan. Netscape dikembangkan berdasarkan program MOSAIC yang dikembangkan oleh NCSA. Netscape dulu menjadi web browser terpopuler sebelum Internet Explorer mengambil alih donimasi pangsa pengguna.



Open Source Software
Perangkat lunak yang kode sumber pemrogramannya terbuka bagi setiap pengguna, sehingga tiap orang dapat melihat, mengubah, atau memodifikasinya. Ada berbagai jenis perangkat lunak Open Source, umumnya dibedakan berdasarkan ketentuan mengenai penyertaan kembali salinan kode sumber atau perubahannya. Pengertian software Open Source sering dirancukan oleh istilah software gratis.

Optical Character Recognition (OCR)
Kemampuan yang dimiliki program khusus untuk membaca dan mengubah materi teks pada file objek gambar menjadi file teks biasa. Jika sebuah dokumen di-scan, maka output yang diperoleh di komputer adalah file gambar. Program OCR berfungsi membantu Anda mengubah secara otomatis materi teks di dalam gambar hasil scan agar menjadi file teks yang bisa diolah. Tujuannya agar sumber teks dapat diambil tanpa harus menulis ulang secara manual. Tingkat ketelitian dan keakuratan hasil pembacaan program OCR sangat beragam dan tergantung juga pada sumber dokumen. Jika teks pada gambar terlalu kecil, buram, atau tidak bersih, maka kesalahan pembacaan mungkin saja terjadi. Meskipun demikian, pengeditan hasil OCR dianggap tetap lebih efisien dibandingkan jika menulis ulang sejumlah dokumen atau lembar kiriman fax secara manual. Contoh software OCR adalah ReadIris dan OmniPage.

PageRank
PageRank adalah algoritma tertentu yang digunakan mesin pencari Google untuk menentukan tingkat popularitas sebuah halaman web. Rentang nilai ranking yang diberikan adalah antara 0 hingga 10. Nilai 0 merupakan nilai terendah, biasanya dimiliki oleh situs baru. Nilai 10 merupakan nilai tertinggi, biasanya dimiliki situs terpopuler di dunia (tentunya antara lain Google.com).

Perhitungan nilai ranking popularitas sebuah situs antara lain berdasarkan jumlah dan kualitas link di situs-situs lain yang mengarah ke situs tersebut. Untuk mengetahui nilai ranking sebuah halaman web dapat dilakukan melalui berbagai tool online yang ada di internet (contoh Pemeriksaan PageRank), atau dengan menginstal Google Toolbar.

PHP
PHP adalah singkatan berulang dari "PHP Hypertext Preprocessor". PHP merupakan bahasa pemrograman yang memungkinkan para pengembang web untuk membuat konten web yang dinamis dan dapat berinteraksi dengan database. PHP merupakan bahasa pemrograman yang bersifat Open Source. Teknologi PHP disebut dengan bahasa pengkodean server side, karena pemrosesan kode dilakukan di server web dan pengguna cukup mendapatkan hasilnya di tampilan browser. Teknologi sejenis lain yang cukup terkenal adalah JSP (Java Server Pages) dan ASP (Active Server Pages).

Sunday, April 19, 2009

Pengertian & Komponen-komponen Komputer

Pengertian Komputer

Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi cara kerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut

1. Input Device, adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.

2. Prosesor, adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu ;
Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).

3. Memori adalah media penyimpan data pada komputer.

Memori terbagi atas dua macam, yaitu ;
Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, diantaranya :

· PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.

· RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengan yang diinginkan.

· EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yangdapat kita hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.

· EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubahdan menghapus program ROM dengan menggunakan teknikelektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
Random Access Memori (RAM), dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, flash disk, PCMCIA card dan lain-lain.

4. Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya. Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.





Komponen-Komponen Komputer

Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan, yaitu ;

1. Hardware (perangkat keras), Merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari ;
Input/Output Device (I/O Device) Terdiri dari perangkat masukan dan keluaran, seperti keyboard dan printer.
Storage Device (perangkat penyimpanan) Merupakan media untuk menyimpan data seperti disket, harddisk, CD-I, flash disk dll.
Monitor /Screen Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU).
Casing Unit adalah tempat dari semua peralatan komputer, baik itu motherboard, card, peripheral lain dan Central Procesing Unit (CPU).Casing unit ini disebut juga dengan System Unit.
Central Procesing Unit (CPU) adalah salah satu bagian komputer yang paling penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya.Semakin canggih prosesor komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanya harganya akan semakin mahal.

2. Software (perangkat lunak), merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu ;
Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows, Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
Program Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll.Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisikekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.
Program Aplikasi, seperti GL, MYOB, Payroll dll. Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan / kebutuhan seseorang / lembaga/ perusahaan guna keperluan interennya.
Program Paket, seperti Microsofr office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dll Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
Bahasa Pemrograman, PHP, ASP, dBase, Visual Basic, dll.Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. Bahasa

pemrograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu ;

o Low Level Language, bahasa pemrograman generasi pertama,bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.

o Midle Level Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti karena banyak menggunakan singkatansingakatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).

o High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai cirri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, dBase, Visual Basic, VB.Net dll.

3. Brainware (User),

User adalah personel-personel yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer,seperti Sistem analis, programmer, operator, user, dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic Data Processing), atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP.

Saturday, April 18, 2009

PENGENALAN PROGRAM VISUAL

Ditinjau dari segi teknik pemrograman yang dikembangkan bahwa pemrograman visual menggunakan teknik Top Down. Maksudnya adalah bahwa bentuk tampilan program dirancang (dapat dilihat) terlebih dahulu baru melakukan penulisan kode program. Penulisan kode program berdasarkan Event-Driven (pengendalian kejadian).

Pemrograman Visual bekerja pada sistem operasi Windows. Pemrograman yang bekerja pada sistem Operasi Windows juga disebut pemrograman berbasis grafis. Dikenal istilah GUI (Graphical User Interface)

A. Langkah-langkah Dalam Pemrograman Visual

1. Menyusun Komponen Tampilan (kontrol-kontrol program)

Menempatkan kebutuhan tampilan program pada area yang disebut form.

1. Mengatur Properties

Menetapkan aturan untuk masing-masing komponen/kontrol program. Walaupun banyak properties yang dimiliki oleh setiap komponen tidak harus semuanya yang perlu ditetapkan. Bila tidak melakukan perubahan maka yang dipakai adalah nilai default.

Default adalah nilai yang digunakan jika Anda tidak mengetik nilai yang berbeda.

1. Membuat Kode Program

Menuliskan sintaks atau perintah-perintah yang sesuai berdasarkan keinginan atau tujuan.

Penulisan kode program pada pemrograman visual adalah berdasarkan event/kejadian.

B. Aplikasi Dalam Pemrograman Visual

Sebuah aplikasi dapat dibangun dengan sebuah project yang terdiri dari berbagai komponen tergantung dari pemrograman yang digunakan.

Jika menggunakan pemrograman Visual Basic, aplikasi terdiri dari sebuah project yang di dalamnya terdapat : Modul, Form, Report, dll. Jika menggunakan pemrograman Visual FoxPro aplikasi terdiri dari sebuah project yang di dalamnya terdapat : Data (database, free table, query), Dokument (form, report, dan label), Classes, Code (program utama), Other (menu, dan file-file yang lain).

PENGENALAN VISUAL BASIC

A. Mengenal Visual Basic

Microsoft Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat palikasi Windows yang berbasis grafis (GUI – Graphical User Interface).

Visual Basic merupakan event-driven programming (pemrograman terkendali kejadian) artinya program menunggu sampai adanya respon dari pemakai berupa event/kejadian tertentu (tombol diklik, menu dipilih, dan lain-lain). Ketika event terdeteksi, kode yang berhubungan dengan event (prosedur event) akan dijalankan.

B. Sejarah Singkat Visual Basic

Berikut ini adalah point-point penting dalam sejarah perkembangan Visual Basic, sebagai berikut :

1. Visual Basic pertama kali diperkenalkan tahun 1991.

2. Berikutnya dirilis Visual Basic 3.0 tahun 1993.

3. Visual Basic 4.0 dirilis pada akhir tahun 1995 (tambahan dukungan untuk aplikasi 32 bit).

4. Visual Basic terbaru adalah versi 6.0 yang dirilis pada akhir tahun 1998.

Microsoft umumnya membuat tiga edisi Visual Basic yaitu :

• Standard Edition merupakan produk dasar.

• Profesional Edition berisi tambahan Microsoft Jet Data Access Engine (database) dan pembuatan server OLE automation.

• Enterprise Edition adalah edisi client-server.

C. Jenis File Pada Visual Basic

Proyek merupakan cikal bakal dari aplikasi dan terdiri dari beberapa file yang saling terkait satu sama lain, file-file tersebut mempunyai ekstensi yang berbeda-beda sesuai dengan isi dan fungsinya. Sebuah Proyek dapat terdiri atas:

a. File. VBF untuk tiap proyek

b. File FRM untuk tiap form aplikasi pada sebuah proyek.

c. File. VBX atau OCX untuk tiap custom pada sebuah proyek.

d. File. BAS untuk tiap modul standar pada proyek.

e. File CLS untuk tiap modul class pada sebuah proyek.

f. File. FRX untuk tiap form pada sebuah proyek yang memiliki control berproperti menggunakan data binary.

g. File. RES yaitu sebuah resource file pada sebuah proyek.

Dalam hal ini tidak perlu membuat seluruh file di atas. Karena apa saja yang dibutuhkan tergantung dari proyek yang sedang dikerjakan.

D. Komponen Pada Visual Basic

Komponen-komponen yang sering dipakai diantaranya:

a. Modul Form (File berekstensi .FRM).

Merupakan kumpulan form yang berisi deskripsi secara grafis mengenai tampilan serta kontrol yang digunakan dalam sebuah proyek. Termasuk di dalamnya pengaturan properti yang digunakan oleh masing-masing kontrol. Disampimg itu rutin yang ditulis untuk masing-masing obyek pada form juga tersimpan pada file ini. Untuk aplikasi yang terdiri dari banyak form, masing-masing form tersimpan dalam sebuah file berekstensi.FRM.

b. Modul Class (File Berekstensi .CLS)

Fungsinya sama dengan modul form tetapi terlihat dalam bentuk tampilan. Melalui modul ini bisa dicoba membuat sendiri obyek yang ingin ditampilkan. Masing-masing obyek yang dibuat harus mempunyai properti dan modul tersendiri.

c. Modul Standar (File berekstensi. BAS).

Modul ini berisi deklarasi tipe, konstanta, variabel eksternal procedure (prosedur yang menangani kejadian) dan public procedure. Biasanya file ini berisikan perhitungan atau logika yang kompleks.

d. File Recourse(File berekstensi.RES).

File ini berisi bitmap, text string, atau data lainnya yang dapat diubah tanpa perlu mengedit kembali rutin. Biasanya file ini digunakan untuk mengubah bahasa pada user interface alokasi untuk pemakai berbahasa asing (selain yang digunakan oleh si pembuat aplikasi).

e. OLE Custom Control dan Insertable Objects (File berekstensi. OCX)

File ini berisi custom dan Insertable Objects yang ditambahkan pada proyek anda.

f. VBX Custom Controls (File berekstensi. VBX).

Sama dengan file berekstensi .OCX namun hanya digunakan pada Visual Basic 4.0 versi 16 bit.

4. Struktur Aplikasi Visual Basic

Struktur proyek (VBP, MAK) dapat digambarkan seperti pada gambar 1.

website :
1. ilmukomputer.com

2. www.soetrasoft.com/Visual-Basic/Database... - 67k -

3.www.wahanaprogrammer.net/content.php... - 35k

4. www.sabahforum.com/forum/viewtopic.php?p... - 72k

5. msdn.microsoft.com/vbasic/ - 46k –

Teknologi informasi

Teknologi informasi
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Teknologi Informasi dilihat dari kata penyusunnya adalah teknologi dan informasi. Secara mudahnya teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan:
lebih cepat
lebih luas sebarannya, dan
lebih lama penyimpanannya.

Agar lebih mudah memahaminya mari kita lihat perkembangan di bidang teknologi informasi. Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu hanya pada saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya itu saja. Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar, informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.

Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan jaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.

Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.

Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.


Informasi
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Informasi yang dinyatakan dalam kode ASCII untuk kata "Wikipedia"

Informasi Informasi adalah pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi [1]. Namun demikian istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental.

Dalam beberapa hal pengetahuan tentang peristiwa-peristiwa tertentu atau situasi yang telah dikumpulkan atau diterima melalui proses komunikasi, pengumpulan intelejen, ataupun didapatkan dari berita juga dinamakan informasi. Informasi yang berupa koleksi data dan fakta seringkali dinamakan informasi statistik. Dalam bidang ilmu komputer informasi adalah data yang disimpan, diproses, atau ditransmisikan. Penelitian ini memfokuskan pada definisi informasi sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi dan alirannya.

Etimologi

Kata informasi berasal dari kata Perancis kuno informacion (tahun 1387) yang diambil dari bahasa latin informationem yang berarti “garis besar, konsep, ide”. Informasi merupakan kata benda dari informare yang berarti aktifitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan” [2].

Istilah informasi

Banyak orang meggunakan istilah "era informasi", "masyarakat informasi," dan teknologi informasi, dalam bidang ilmu informasi dan ilmu komputer yang sering disorot, namun kata "informasi" sering dipakai tanpa pertimbangan yang cermat mengenai berbagai arti yang dimilikinya.

Wednesday, April 15, 2009

BAGIAN 2 ISTILAH KOMPUTER

Backlinks
Sering disebut juga incoming links, yaitu link pada situs lain yang mengarah pada sebuah website. Backlinks sering digunakan sebagai bagian dari strategi SEO (optimalisasi mesin pencarian). Mesin pencarian menghitung jumlah backlinks yang dimiliki sebuah situs untuk mengukur popularitasnya.

Bandwidth
Ukuran kapasitas pengiriman informasi yang digunakan dalam dunia telepon, jaringan komputer, sinyal frekuensi radio, dan monitor. Bandwidth biasanya diukur dalam satuan hertz (Hz) dan bits atau bytes per second (bps). Hz diukur berdasarkan rentang perbedaan frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi yang dipancarkan. Bps diukur berdasarkan jumlah bit atau byte data terkirim per detik.

BASIC (beginner's all-purpose symbolic instruction code) merupakan keluarga bahasa pemrograman level atas. BASIC mudah dipelajari namun program yang dihasilkan biasanya relatif lambat saat digunakan. Ada beberapa jenis BASIC, di antaranya Turbo, Quick, atau Visual Basic. Bahasa pemrograman ini umumnya tidak digunakan pada pembuatan aplikasi skala industri.

Bitmap adalah jenis gambar yang tersusun dari sejumlah titik pixel (kependekan dari picture element). Pixel-pixel tersebut ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu dengan nilai warna tersendiri dan membentuk pola tertentu. Pola yang terbentuk itulah yang menghasilkan atau menimbulkan kesan gambar. Tampilan bitmap mampu menunjukkan kehalusan gradasi bayangan dan warna. Oleh sebab itu gambar bitmap merupakan media elektronik yang paling tepat untuk perpaduan gradasi warna yang rumit, seperti lukisan atau foto digital.
Kelemahan bitmap adalah setiap tampilan tergantung pada resolusi gambar. Semakin tinggi resolusi gambar maka semakin halus nuansa gambar yang tertangkap. Oleh karena itu, perubahan dimensi (pembesaran dan pengecilan) gambar bitmap sangat berpengaruh pada kualitas gambar. Apabila gambar bitmap diperbesar, maka resolusinya akan berkurang sehingga timbul efek juged / bergerigi, akhirnya gambar menjadi kabur. Dibalik kelemahannya, gambar bitmap menyimpan kelebihan yaitu mampu menangkap nuansa warna dan bentuk yang natural. Penggunaan gambar bitmap sekarang telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, misalnya : foto yang dihasilkan dari kamera digital, video shooting, dan lain-lain. Baca juga mengenai jenis gambar vector.
Blog (web blog)

Website khusus yang berisi kumpulan catatan atau jurnal yang disajikan rapi dan terurut secara kronologis. Blog juga sering digunakan untuk merujuk aktivitas mengelola atau mengisi materi sebuah blog. http://smitdev.blogspot.com/ merupakan contoh sebuah blog.

Browser, Web Browser
Program yang dipakai untuk melihat dan menelusuri Web atau lokasi-lokasi lain di internet. Anda saat ini menggunakan browser untuk melihat halaman-halaman SmitDev IT Glossary ini.

Captcha
Captcha (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) adalah sebuah gambar berisi kode angka atau huruf yang secara normal hanya bisa dibaca dan dimengerti oleh manusia. Captcha lazim digunakan pada form-form halaman web, seperti form login, form pendaftaran, form pesan, dan sejenisnya. Pemanfaatan captcha ditujukan agar form benar-benar diisi oleh orang yang seadng mengakses halaman tersebut dan menghindari spam atau pengisian form secara otomatis menggunakan program tertentu.

Cascading Style Sheets (CSS)
Bahasa penataan tampilan di dunia pengembangan web, digunakan untuk mengatur tampilan dokumen HTML agar tersaji secara lebih menarik dan cantik. CSS biasa digunakan untuk mengatur halaman web yang disusun melalui HTML atau XHTML, namun juga dapat diterapkan pada beragam jenis dokumen XML. Kode CSS dapat dituliskan langsung pada sebuah dokumen HTML atau disusun sebagai file independen yang dirujuk oleh dokumen HTML.

CMYK
CMYK merupakan komposisi warna dari kombinasi empat warna, yaitu Cyan, Magenta, Yellow, dan Black. Gabungan antara warna cyan dan magenta akan menghasilkan warna biru. Gabungan warna cyan dan yellow akan menghasilkan warna hijau. Gabungan warna magenta dan yellow akan menghasilkan warna merah. Secara teori, gabungan antara warna ketiganya akan menghasilkan warna hitam. Model warna CMYK sering digunakan pada printer.

Cost per Thousand Impressions (CPM)
CPM merupakan salah satu metode penghitungan pembayaran komisi penayangan iklan di internet. Norma perhitungannya adalah pengiklan atau broker iklan internet membayar komisi kepada mitra penayang iklan setiap 1.000 kali iklan tertayang di halaman web. Penayang iklan antara lain para pengelola website dan blog. Adapun broker yang populer untuk model ini antara lain Google AdSense dan AdBrite.

Crash
Crash adalah sebutan kejadian sistem komputer yang berhenti bekerja dan tidak bisa dioperasikan secara mendadak. Hal ini menyebabkan instruksi melalui mouse dan papan ketik tidak menghasilkan respon apapun.
Crash biasanya dipicu oleh sebuah kesalahan fungsi dari sebuah program atau piranti komputer. Beberapa penyebabnya antara lain karena hilangnya sumber daya, kode pemrograman aplikasi komputer yang kurang baik, atau proses komputer yang mengalami konflik dengan sistem operasi atau proses lainnya.
Decrypt
Merupakan proses mengubah kembali data terenkripsi menjadi data biasa yang dapat dibaca. Baca lebih lanjut penjelasan mengenai Encrypt.

Dynamic HyperText Markup Language (DHTML)
Teknik perancangan halaman web dengan mengombinasikan kode HTML, JavaScript, dan CSS sehingga diperoleh sajian web yang lebih dinamis. Misalnya pengunjung dapat mendrag komponen-komponen yang tampil di halaman web, menyajikan animasi sederhana, dan sebagainya.

Encrypt
Menyandikan atau mengacak informasi. Enkripsi merupakan bentuk pemanfaatan metode matematis untuk mengacak data sebelum dikirimkan melalui jaringan data sehingga data menjadi tidak dapat dibaca oleh orang, kecuali oleh pihak yang berwenang. Standar de-facto enkripsi pada lalu-lintas data di web adalah SSL (Secure Sockets Layer). Decrypt merupakan proses kebalikannya, yaitu mengubah kembali data terenkripsi menjadi data biasa yang dapat dibaca.

End User License Agreement (EULA)
Dokumen syarat dan kondisi yang harus disepakati pengguna sebuah software sebelum menginstalasi dan menggunakan software tersebut.

File Transfer Protocol (FTP)
Kemampuan transfer sejumlah file antar komputer secara cepat untuk berbagai keperluan. FTP menjadi salah satu layanan utama di Internet yang memungkinkan pengguna Internet untuk menyalin dan menempatkan file pada server Internet. Gunakan program klien FTP (FileZilla, Cute-FTP, WS-FTP) untuk login dan mengakses file di server FTP.

Flame (Flame War)
Situasi saat sebuah diskusi (biasanya di milis/newsgroup) berubah menjadi ajang debat yang tidak sehat. Debat tidak lagi membahas topik diskusi, tetapi memanas dan menjadi ajang pengiriman pesan yang saling menyerang antar personal. Hal ini biasanya dipicu karena adanya pelanggaran etiket di milis.

GIF Animation
Tipe file berformat GIF yang memungkinkan ditampilkannya serangkaian gambar menjadi objek animasi. Cara mudah, cepat, dan murah untuk membuat sebuah animasi. Merupakan gabungan beberapa file gambar dasar dengan ukuran tertentu yang diberi pengaturan waktu tampilan menggunakan software grafis tertentu.

SO dan APLIKASI

SISTEM OPERASI
Tujuan dari OS ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan menggunakan komputer semaksimal mungkin, dalam melaksanakan pekerjaan khususnya untuk mengurangi ‘waktu nganggur’ yang dialami oleh komputer. Program-program dalam OS biasanya ditulis dan disusun oleh pabrik komputer yang bersangkutan.

Sistem Operasi terdiri dari : Control Program dan OS Service.

BAHASA PEMROGRAMAN
Susunan instruksi-instruksi yang dimasukkan ke komputer disebut program, dan bahasa yang digunakan untuk penulisan program ini disebut bahasa pemrograman (programming language).

Untuk komputer generasi pertama, bahasa yang digunakan adalah yang disebut bahasa mesin (machine language).
Pada generasi kedua, bahasa yang digunakan dan dikembangkan adalah machine-oriented
assembler language.
Untuk generasi ketiga, bahasa yang digunakan adalah yang termasuk pada bahasa pemro-pemrograman tingkat tinggi (high-level programming language).
Sedangkan yang sedang dikembangkan sekarang (yaitu generasi keempat) adalah suatu teknik pemrograman yang berorientasi pada obyek, yang disebut dengan Object Oriented Programming.

BEBERAPA CONTOH PROGRAM APLIKASI

Program aplikasi yang dimaksud adalah berupa perangkat lunak (program paket) yang digunakan untuk aplikasi tertentu, dan pemakai langsung dapat menggunakannya tanpa harus memikirkan bagaimana proses yang dilakukan komputer.
Contoh-contoh:
Pengolah Kata (Word Processor)
Program paket ini dapat membuat komputer berfungsi sebagai mesin ketik elektronik yang canggih. Jenis dari pengolah kata yang terkenal, antara lain:
WordStar
Word Perfect
Multimate
Microsoft Word
Turbo Sprint dan lain lain

Pengolah Angka (Spreadsheet)
Dengan program ini komputer berfungsi sebagai kertas kerja yang dapat melakukan perhitungan secara otomatis. Adapun jenis dari spreadsheet yang cukup terkenal seperti:
Lotus 123 (dengan berbagai versinya)
Supercalc
Symphony
FrameWork
Quattro
Microsoft Works (Spreadsheet)
Microsoft Excel (dengan berbagai versinya) dan lain-lain

Pengolah Data (DataBase)
Program ini dapat membuat komputer mengolah data dalam bentuk file secara mudah, rapi, dan cepat dalam hal penempatan dan manipulasinya. Yang termasuk program aplikasi ini antara lain:
dBase (dengan berbagai versinya)
Paradox
dBXL
FoxBase
DacEasyBase
FoxPro
Visual FoxPro dan lain-lain


Pembuat Artikel (Publisher) atau lazim disebut software Desktop Publishing
Dengan paket ini komputer dapat berfungsi sebagai mesin editor untuk membuat majalah, koran, ataupun berbagai bentuk artikel lainnya. Yang termasuk dalam paket program ini antara lain:
Ventura Publisher
Aldus PageMaker (dengan berbagai versinya)
Adobe PageMaker (dengan berbagai versinya)
Corel Draw (dengan berbagai versinya)
Aldus FreeHand (dengan berbagai versinya)
Harvard Graphics dan lain-lain

CAD (Computer Aided Design)
Dengan CAD komputer dapat berfungsi sebagai alat lukis elektronik yang canggih dalam membuat sketsa ruangan, mesin, model industri, pesawat, dan lain sebagainya. Yang termasuk paket program ini antara lain:
AutoCad
Drafix
CAM
3D Home Architech

Animasi
Program paket yang dapat membuat animasi berupa gambar ataupun tulisan, dengan berbagai fasilitasnya (warna, bergerak, dan lain-lain). Contoh-contoh program animasi adalah sebagai berikut:,
Story Board , Show Partner
dr Hallo, Fanta Vision
Cartooner, Disney Animation Studio
Tempra Pro, Assymetric Toolcox, Animator Studio
Macromedia Flash, Director
dan lain-lain

Statistik
Program yang digunakan untuk mengolah data-data statistik.
Contoh-contoh program ini adalah:
My Stat
Micro Stat
Statplan
SPSS
MathLab
dan lain-lain

MULTIMEDIA
Contohnya :
- Program Audio
Utility Sound Card
Goldwave
Cakewalk Pro Audio -- Midi
Sound Forge
dan lain-lain
Program Video
Adobe Premiere
Deputy Soft
Video Edit
Mpeg Player
dan lain-lain

Program Image Editing
- Photo Styler
- Image Styler
- Photo Finish
- Adobe PhotoShop
- dan lain-lain

Program 3D Animation
- 3D Studio Max
- Crystal Topas
- Infinidy
- dan lain-lain

BEBERAPA CONTOH PROGRAM APLIKASI KHUSUS (UTILITY)

Utility : Program Bantu yang lebih mengarah untuk mengatasi masalah sistem komputer (hardware trouble, performance,dll)
Contoh : Norton Utility, Mc Affee, Partition Magic, Disk Manager, Tiramisu dll

Operating System

DEFINISI :
OS adalah sebuah program penghubung antara user komputer dan hardware komputer.
Operating sistem merupakan kumpulan program yang dibuat oleh pabrik komputer dengan memperhatikan bentuk dan cara kerja hardware yang mereka miliki.
Operating System berdasar American National Standart Institute (ANSI) adalah: Software yang mengontrol pelaksanaan program-program komputer, yaitu dengan mengatur waktu proses, pengecekan kesalahan, mengontrol input dan output, melakukan perhitungan, kompilasi, penyimpanan, pengolahan data serta pelbagai bentuk layanan yang terkait.


tujuan OS

menyediakan keadaan yang mana users dapat menjalankan program.
Untuk mengunakan hardware komputer secara efisien.

Sunday, April 12, 2009

ISTILAH KOMPUTER

Clustering adalah teknik atau metode menghubungkan beberapa komputer dan menjadikannya bertindak seperti sebuah mesin. Perusahaan-perusahaan besar sering meng-cluster server-servernya untuk mendistribusikan tugas komputasi yang intensif dan berisiko. Jika satu server dalam sebuah cluster gagal, maka sistem operasi dapat memindahkan proses ke server lainnya. Dengan demikian, pengguna dimungkinkan untuk dapat terus bekerja di saat server yang gagal sedang dalam proses pemulihan kembali.

Codec digunakan untuk menyandikan dan membaca sandi, atau mengompresi dan dan mengurai kompresi berbagai jenis data, terutama yang akan menghabiskan kapasitas ruang disk, seperti file suara dan video. Codec yang umum digunakan antara lain untuk mengubah sinyal video analog menjadi file video terkompresi (seperti MPEG), atau mengubah sinyal suara analog menjadi suara digital (seperti RealAudio).

Partition atau partisi adalah bagian dari hard disk yang berfungsi sebagai unit terpisah. Sebuah hard disk dapat dibagi menjadi beberapa partisi. Masing-masing partisi berfungsi sebagai drive yang terpisah dan memiliki volume nama (misalnya di Windows bernama D:, E:, F:, dan sebagainya).
Tujuan pemartisian hard disk adalah untuk membuat ruang penyimpanan komputer menjadi lebih efisien. Dengan membagi ruangan sebuah hard disk, maka data dan sistem operasi dapat dipisahkan, sehingga penanganan kesalahan sistem operasi dan backup data menjadi lebih mudah. Dengan mempartisi sebuah hard disk, maka dalam satu komputer juga dapat diinstal beberapa sistem operasi yang berlainan (misalnya Windows dan Linux).
Ping adalah sebuah program yang membalas permintaan dari komputer lain melalui jaringan untuk melihat apakah sebuah komputer masih merespon. Jika ping mendapatkan balasan, berarti komputer yang dituju masih hidup atau terhubung. Ping dilakukan dengan jalan mengirimkan data dalam ukuran kecil.
Ping lazim digunakan untuk memeriksa koneksi antar komputer di dalam jaringan atau di internet. Sebagai contoh, Anda dapat melakukan ping ke sebuah komputer dengan cara menjalankan Start > Run dan mengisikan baris perintah berikut: ping namadomain.com atau ping nomor-ip. Misalnya ping smitdev.com atau ping 68.180.206.184 (ini contoh IP Yahoo.com). Jika Anda terkoneksi, maka akan muncul baris Reply from ..., jika koneksi lambat maka akan muncul Timeout, dan jika tidak terkoneksi maka akan muncul pesan Destination host unreachable.
Perangkat modem internal atau eksternal yang digunakan untuk melakukan koneksi internet via saluran telepon reguler. Modem hanya mampu menangani data masuk dan keluar dengan kecepatan 56k per detik. Kecepatan ini biasanya menjadi lebih rendah lagi karena faktor kualitas saluran telepon dan jarak tempuh yang harus dilalui data.

AKTIVE X

Sebuah teknologi yang dikembangkan Microsoft. ActiveX menyediakan tool untuk menghubungkan aplikasi desktop ke world wide web. Dengan memanfaatkan berbagai tool pemrograman (seperti Java, Visual Basic, dan C++), para pengembang perangkat lunak dapat menciptakan konten web yang interaktif. Sebagai contoh implementasi, ActiveX memungkinkan pengguna komputer untuk membuka dokumen Word dan Excel secara langsung di browser.

ADD-ONS
Software atau hardware tambahan yang berfungsi melengkapi kemampuan software atau hardware lain yang menjadi induknya. Add-ons juga lazim disebut sebagai plugins, extensions, snap-ins, atau istilah spesifik lainnya sesuai dengan nama yang diberikan vendornya. Contohnya Mozilla Firefox menggunakan add-ons dari vendor pihak ketiga untuk meningkatkan kemampuan web browsernya.

ADOBE
Adobe Systems Incorporated (Adobe Inc.) adalah perusahaan yang dikenal luas sebagai vendor atau pembuat program-program komputer multimedia & internet. Adobe didirikan tahun 1982 dan kini berkantor pusat di San Jose, California, USA. Software yang dirilis Adobe umumnya sangat terkenal di seluruh dunia. Format PDF adalah salah satu hasil inovasi Adobe, yang kini telah menjadi standar internasional dalam pertukaran dokumen.
Adobe Inc. pada tahun 2005 telah mengakuisisi Macromedia, sebuah perusahaan software yang juga cukup ternama. Sejak saat itu, software-software yang berlabel Macromedia (misalnya Flash dan Dreamweaver) pun berganti label dan menjadi jajaran produk Adobe.
Beberapa software populer yang termasuk dalam jajaran produk Adobe antara lain : Acrobat & Acrobat Reader, Illustrator, Flash, After Effects, Photoshop & Photoshop Element, Dreamweaver, Premiere & Premiere Element, InDesign, Audition, Authorware, Director, Captivate, Fireworks, Freehand, HomeSite, InCopy, ColdFussion, Contribute, dan Flex.
American Standard Code for Information Interchange (ASCII)
ASCII merupakan standar untuk menetapkan bagaimana komputer menulis dan membaca karakter. ASCII digunakan untuk menyimpan file teks tanpa pemformatan. Standar ini dikembangkan oleh American National Standards Institute (ANSI). ASCII terdiri dari 128 karakter, baik berupa huruf, angka, tanda baca, dan kode khusus (biasanya pengetikannya disertai penekanan tombol Shift). Pada umumnya sistem operasi komputer menggunakan standar ASCII, kecuali Windows NT yang menggunakan standar Unicode.


Aspect Ratio
Aspect Ratio adalah perbandingan lebar dan tinggi dari sebuah gambar video. Standar aspect ratio yang digunakan dewasa ini sangat beragam. Pada umumnya layar monitor komputer memiliki aspect ratio 4:3 dan 5:4. Aspect ratio 16:10 juga mulai banyak digunakan.

Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL)
Teknologi yang memungkinkan pengguna internet memperoleh akses berkecepatan tinggi menggunakan jaringan telepon yang telah ada. ADSL membagi saluran telepon menjadi dua bagian sehingga komunikasi data dan komunikasi suara dapat dilakukan secara bersamaan. ADSL merupakan bentuk penerapan teknologi DSL yang paling banyak digunakan. Pengguna internet rumahan dan UKM lazim menggunakan ADSL, Telkom Speedy adalah contoh ADSL yang paling populer di Indonesia. Disebut "asymmetric (tidak simetris)" karena kecepatan pengiriman data tidak sama, data yang diterima pengguna (downstream) lebih cepat dibandingkan data yang dikirimkan pengguna (upstream).

Avatar
Avatar adalah tampilan grafis berupa mahluk hidup, objek, atau simbol, yang menjadi lambang mewakili jati diri seseorang, biasanya di layanan chating atau forum. Pemakaian avatar biasanya difungsikan untuk menampilkan citra diri atau mood seseorang kepada publik di internet, tanpa harus menampilkan wajah / foto asli sang pengguna.

Saturday, April 11, 2009

BAGIAN SINGKATAN KE-4

R

RADAR : Radio Detection And Ranging (alat pendeteksi dan pencari dengan menggunakan gelombang radio).

RAM : Random-Access Memory

Rap : Rapid: cepat, musik rap: musik cepat

RNA : Ribonucleic Acid (adalah sejenis molekul yang terdiri dari rantai yang panjang unit-unit nukleotida. Masing-masing nukleotida terdiri dari basa nitrogen, gula ribosa, dan fosfat).

ROBOT : Residents Official Board of Technology (teknologi mesin bergerak yang bisa diperintah).

RPG : 1. Role Playing Game(s) (jenis genre game) 2. Rocket-Propelled Grenade (jenis senjata api atau peluncur granat).


S

SANYO : Bukan singkatan (Bhs.Jepang artinya Tiga Samudera, yakni Pasifik, Atlantik, and Samudera Hindia).

Sci-fi : Science Fiction (cerita fiksi ilmiah, contoh: Starwars).

SDRAM : Synchronous Dynamic Random Access Memory: Memori Diakses Secara Acak Dinamis dan Singkron. (suatu istilah yang digunakan untuk menguraikan memori akses acak dinamis yang mempunyai sebuah alat penghubung yang disingkronkan).

SNK : Shin Nihon Kikaku (Bhs.Jepang: New Japan Product, nama produsen video game).

SONAR : Sound Navigation & Ranging (Pendeteksi di bawah laut dengan menggunakan gelombang suara).

SUVs : Sport Utility Vehicles (sebuah kendaraan yang dipasarkan secara umum sejenis station wagon tetapi dibangun dengan chasis truk ringan).

SWAT : Special Weapons And Tactics (pasukan khusus penembak jitu milik polisi AS).


T

TAGS : Text and Graphics System (sistem gambar dan tulisan pada komputer)

TERMS : Terminal Management System (sistem pengaturan terminal komputer).

TL : Tube Luminescent (Lampu tabung, lampu neon).

TM : Trademark (kode lisensi merek dagang).

TNT : 2,4,6-Trinitrotoluene (nama jenis bahan peledak).

T-Rex : Tyrannosaurus rex (nama species dinosaurus).

TURBO : Turbine Boosted: pendorong turbin (Suatu sistem penggalakan pada operasi turbin yang dalam keadaan bebas tak terhambat pada kecepatan intermediasi di mana dimungkinkan terjadinya).


U

UHU : Bhs.Swiss Jerman: Um's Huus Ume: Around the House (nama produk lem buatan Jerman).

UPS : 1. Uninterruptible Power Supply (juga yang dikenal sebagai cadangan yang didukung baterei, menyediakan tenaga darurat). 2. United Parcel Service (nama perusahaan ekspedisi).


V

VW : Bhs.Jerman: Volkswagen: mobil rakyat (jenis mobil produk Jerman).

VHS : Video Home System (format kaset video, dipatenkan oleh JVC)


W

WAV : Windows Wave (format audio, jenis file ekstensi).

WC : Water Closet (toilet, kamar kecil).

WiFi : Wireless Fidelity (jaringan tanpa kabel IEEE 802.11b).

WIKI : Bhs.Hawaii: cepat (arti lain What I Know Is).


X

XHTML : Extensible Hypertext Markup Language (lihat HTML)

XML : eXtensible Markup Language (lihat HTML)

XP : Experience (nama sistem operasi Windows).


Y

YAHOO : Yet Another Hierarchically Organized Oracle (nama sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.)

Thursday, April 9, 2009

MENGENAL BIOS

Dalam dunia komputer, BIOS atau Basic Input-Output System, adalah suatu kode software yang ditanam di dalam suatu sistem komputer yang memiliki fungsi utama untuk memberi informasi visual pada saat komputer dinyalakan, memberi akses ke keyboard dan juga memberi akses komunikasi secara low-level diantara komponen hardware, seperti untuk meload sistem operasi dari storage ke RAM. BIOS dapat disebut sebagai miniatur dan suatu sistem operasi yang dikhususkan untuk komunikasi low-level pada hardware. BIOS biasanya ditulis dalam bahasa assembly atau mesin yang mana bahasa ini biasanya spesifik kepada suatu prosesor tertentu.
Istilah BIOS ini pertama kali muncul pada sistem operasi CP/M, sebagian dari dari CP/M diload ketika saat booting dan berhubungan dengan hardware. (Mesin CP/M biasanya memiliki boot loader sederhana di dalam ROM). Sebagian besar dari versi DOS memiliki suatu file yang bernama IBMBIO.COm atau IO.SYS yang bisa dikatakan sebagai analogi dari BIOS disk pada CP/M.

Bagaimana BIOS booting?
BIOS menjalankan flash memory onboard ketika komputer dinyalakan dan dia akan menginisialisasi chipset dan juga subsistem dari memori. Selanjutnya, dia akan mendekompres dirinya sendiri dari flash memory tadi untuk kemudian menuju ke memori utama dan mulai dieksekusi dari sana. Kode PC BIOS biasanya juga berisi semacam diagnosa untuk memastikan kondisi dari komponen hardware yang sifatnya penting, seperti misalnya keyboard, disk drive, I/O ports dan lain sebagainya. BIOS memastikan apakah alat-alat tersebut bisa berfungsi dengan baik dan diinisialisasi dengan benar. Hampir semua implementasi BIOS dapat mengeksekusi suatu program setup melalui CMOS memory. Memori ini menyimpan konfigurasi yang dapat diatur oleh user (seperti time, date dan juga informasi detail mengenai hardisk dan lain sebagainya) dan bisa diakses oleh BIOS.

Pada implementasi BIOS yang modern, seseorang dapat memilih apa yang dibooting pertama kali, seperti CD, hardisk, floppy disk, flash keydrive dan lain sebagainya. Ini sangat berguna ketika Anda ingin menginstall suatu sistem operasi atau juga melakukan booting dari CD-ROM. Bahkan Anda juga bisa melakukan booting dari media USB.

Beberapa sistem BIOS membolehkan user untuk memilih sistem operasi yang ingin diload (misalnya load OS lain dari hardisk yang berbeda dalam satu PC), meskipun cara ini sekarang lebih sering dihandle oleh fase berikutnya atau yang sering dikenal dengan tool boot loader.

BIOS sebagai suatu firmware
BIOS terkadang disebut sebagai firmware karena merupakan bagian integral dari suatu sistem hardware.Sebelum 1990, BIOS berada dalam chip ROM dan tidak bisa diubah. Seiring dengan semakin kompleksnya sistem dan juga kebutuhan akan “bisa diupgrade” maka sekarang BIOS firmware disimpan di dalam EEPROM atau flash memory device yang dapat dengan mudah diupgrade isinya oleh user. Sementara itu, kesalahan dalam proses upgrade dari BIOS akan menyebabkan sistem komputer tidak akan bisa diakses. Untuk mencegah BIOS corruption, maka beberapa motherboard yang baru memiliki backup BIOS (”Dual BIOS” boards). Meskipun demikian, banyak BIOS yang memiliki “boot block” dimana bagian ini adalah bagian dari ROM yang berjalan pada saat pertama kali dan tetap tidak bisa diupdate. Kode dalam boot block ini akan memastikan sisa BIOS block lainnya melalui prosedur checksum, hash dan lain sebagainya, sebelum loncat ke block tersebut. Jika boot block mendeteksi adanya kerusakan atau corruption, maka dia akan melakukan booting melalui floppy disk sehingga user dapat melakukan flashing lagi dengan image yang lebih bagus. Beberapa pembuat hardware seringkali mengeluarkan update BIOS untuk mengupdate dan upgrade produk mereka dan juga menghilangkan bug yang ada.

Firmware pada card adapter
Suatu sistem komputer dapat berisi beberapa chip BIOS. Sebagai tambahan dari boot BIOS yang fungsi utamanya untuk mengakses komponen fundamental dari komputer, maka plug-in adapter card seperti SCSI atau USB hardisk adapter atau network card dapat memiliki BIOS sendiri dan merupakan komplemen atau pengganti dari kode BIOS untuk komponen tersebut.

Untuk mencari ekspansi ROM memori yang sudah dimapping selama proses booting, implementasi BIOS dari PC menscan memori real dari alamat 0xC8000 sampai 0xF0000 dalam batas 2 kilobyte mencari suatu signature 0×55 0xaa, yang mana diikuti dengan suatu byte yang mengindikasikan sejumlah 512 byte block dari expansion memory yang menduduki memori real. BIOS kemudian loncat ke offset setelah size byte, dimana pada titik tersebut kode dari expansion ROM mengambil alih dan menggunakan service BIOS untuk memberikan user sebuah configuration interface, meregister interrupt vector yang digunakan oleh aplikasi setelah booting, atau menampilkan informasi diagnosa.

Pada sistem UNIX, ada suatu utility dimana Anda dapat melakukan dump terhadap software BIOS firmware. Anda bisa dapatkan pada alamat http://www.linuks.mine.nu/ree/

Spesifikasi BIOS boot
Jika expansion ROM ingin merubah cara dari suatu sistem melakukan booting (misalnya saja boot dari jaringan atau SCSI adapter dimana BIOS tidak memiliki drivernya), maka dia dapat menggunakan BIOS Boot Specification (BBS) API untuk meregisterkan kemampuan tambahannya. Sesaat setelah expansion ROM sudah teregister menggunakan BBS API, maka pengguna akan dapat memilih berbagai macam pilihan booting dari user interface BIOS. Hal ini yang menyebabkan mengapa kebanyakan implementasi BIOS yang compliant dengan BBS, tidak akan membolehkan pengguna untuk masuk ke dalam BIOS user interface sampai expansion ROM selesai dalam mengeksekusi dan meregister dirinya sendiri dengan API BBS.

Sunday, April 5, 2009

BAGIAN SINGKATAN 3

J


JPEG : Joint Photographic Experts Group (kelompok pengembang untuk ruang simpan gambar berwarna 24 bit yang menurun karena dimampatkan, sejenis file ekstensi)

JPG : Joint Photographic Group (dikembangkan dari JPEG).

JVC : Japan's Victor Company (sebuah perusahan elektronik di Jepang).


K


KIA : Korean Industry of Automobile (sebuah perusahaan mobil Korea).

KISS : Keep It Simple & Stupid (Nama sebuah grup music rock).


L


LASER : Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation (sebuah alat yang memancarkan cahaya dengan penyinaran elektromagnetik melalui suatu proses yang disebut pancaran terstimulasi).

lbs : Pounds (ukuran berat, 1 lbs = 128.367 kg).

LCD : Liquid Crystal Display (Jenis layar TV dengan plasma cair).

LDL : Low Density Lipoprotein (disebut juga kolesterol jahat).

LED : Light Emitting Diode (suatu semikonduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju).

LIDE : LED Indirect Exposure (Nama Dagang Scanner produksi Canon)

LIFECAR : Lightweight Fuel Efficient Car (mobil sangat ringan yang efisien bahan bakar)

LINUX : Linus Torvald's UNIX (UNIX bukan singkatan tapi istilah lain MULTICS)

LTD : Limited (perseroan terbatas)


M


MAFIA : Bhs.Itali: Mazzini Autorizza Furti Incendi Avvelenamenti (Mazzini Authorizes Thefts, Fires and Poisonings atau Mazzini berlisensi untuk mencuri, menghanguskan dan meracuni).

MiG : Mikoyan & Gurevich (Nama jenis pesawat terbang).

MMS : Multimedia Messaging Service (layanan pesan multimedia pada telepon selular).

MODEM : Modulator-Demodulator (penghubung computer dengan jalur telepon).

MOUSE : Manually Operated User Selection Equipment (peralatan yang dipilih pengguna untuk dioperasikan dengan tangan, Humor saja).

MP3 : Moving Picture Experts Group Layer-3 Audio (format ekstensi file audio).

MP4 : MPEG Layer-4 Audio

MPEG : Moving Picture Experts Group: kelompok pakar gambar bergerak (komisi standar elektronika internasional)

MPV : Multi-Purpose Vehicle (Jenis mobil van yang dirancang untuk penggunaan pribadi).


N


NASA : National Aeronautics and Space Administration (badan antariksa AS).

NTSC : National Television System Committee (adalah jaringan televisi yang analog yang digunakan di Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Meksiko, Korea Selatan, Taiwan, dan beberapa negara lainnya. Tapi dikelirukan: National Television Standards Committee).

NOS : Nitrous Oxide System (jenis bahan pembakar yang digunakan untuk meningkatkan keluaran tenaga mesin dengan lebih banyak bahan bakar (biasanya bensin atau alkohol) untuk dibakar dibanding keadaan biasa).


O


OLI : Oil Level Indicator: indikator tingkatan minyak (sudah menjadi kata dalam bhs.Indonesia).

org : Organization, .org (file ekstensi)


P


P&G : Procter & Gamble Company (nama perusahaan bahan makanan dan kosmetik).

PAL : Phase Alternation Line (adalah suatu sistem pengkodean warna yang digunakan dalam jaringan siaran televisi secara luas di dunia).

PDA : Personal Digital Assistant (peralatan informasi dan komunikasi elektronik yang dipegang).

PDF : Portable Document Format (jenis format dokumen).

PVC : Polyvinyl Chloride (bahan pembuat pipa paralon).

Friday, April 3, 2009

INTERNET

1. Pendahuluan
Dewasa ini dunia komputer dan informasi berkembang sangat pesat, terlebih lagi dengan
adanya Internet. Internet merupakan jaringan komputer global yang terbentuk dari jaringan
komputer di seluruh dunia yang memungkinkan orang yang terkoneksi bertukar informasi,
berkomunikasi, serta berbagi sumber daya komputer. Selain menyediakan media-media online
di bidang-bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, bisnis dan sebagainya, dengan
Internet orang dapat berkomunikasi dengan cepat dengan memanfaatkan antara lain fasilitas email.
Para produsen komputer, terutama mikroprosesor, berlomba-lomba untuk menemukan
komputer yang canggih, dan umumnya komputer-komputer tersebut dikembangkan untuk
memenuhi kebutuhan akan informasi, terutama informasi melalui Internet. Internet itu pulalah
yang membuat dunia informasi berkembang dengan sangat pesat mencengangkan. Beberapa
tahun yang lalu, informasi umumnya hanya diperoleh melalui media massa baik yang bersifat
cetak, seperti surat kabar, buku, maupun elektronik, seperti televisi dan radio. Media-media
informasi tersebut memiliki beberapa kekurangan, antara lain hanya dapat memberi informasi
saja, tetapi tidak dapat “mencarikan” informasi yang kita butuhkan, juga memiliki
keterbatasan waktu karena dibatasi oleh waktu terbit maupun waktu tayang. Dengan Internet,
kita dapat mencari hampir semua informasi yang kita butuhkan dan tidak terbatas oleh waktu,
karena internet “dibuka” 24 jam sehari. Modul ini akan memberikan pengetahuan dasar praktis
tentang internet browsing, e-mail, dan HTML.
1.1 Sejarah Internet
Mungkin agak sulit dipercaya bahwa cikal bakal Internet sesungguhnya diawali dari Unisovyet,
ketika pada tahun 1957 mereka meluncurkan sebuah satelit bernama Sputnik. Peluncuran
Sputnik ini dirasakan sebagai “ancaman” oleh musuh besar mereka, yaitu Amerika Serikat.
Presiden Dwight D. Eisenhower menyatakan perlunya membangun sebuah teknologi yang
membuat AS tetap sebagai negara superior. Kemudian dibentuklah sebuah badan yang disebut
Advanced Research Projects Agency (ARPA). ARPA bernaung di bawah Departemen Pertahanan
Amerika Serikat atau Department of Defense (DoD).
Pada tahun 1969, DoD memberi tugas kepada ARPA untuk membangun sebuah mata rantai
komunikasi antara DoD dengan militer yang tidak dapat disabot oleh musuh mereka. Jaringan
komunikasi yang diciptakan ini disebut ARPAnet. Pada awalnya, ARPAnet hanya menghubungkan
empat buah situs saja, yaitu :
· Stanford Research Institute (SRI)
· University of California at Santa Barbara (UCSB)
· University of California at Los Angeles (UCLA)
· University of Utah
Pada tahun 1970, penelitian yang dilakukan di Stanford University menghasilkan sebuah
protokol yang disebut TCP/IP. Protokol TCP/IP inilah yang berkembang terus hingga sekarang dan menjadi protokol standar dalam Internet.

1.2 Istilah-istilah Internet

1.WWW :World Wide Web merupakan suatu bentuk layanan Internet yang menggunakan konsep hypertext antar dokumen yang berkaitan, yang di dalamnya terdapat halaman web (web page). Untuk mengakses www digunakan protokol http (HyperText Transfer Protocol)

2.Protocol Sejumlah aturan yang menentukan bagaimana dua komputer atau lebih saling berkomunikasi

3.Homepage Tampilan awal (halaman utama) suatu website yang memuat informasi singkat tentang apa isi dari website tersebut Situs Suatu alamat di dalam sebuah web

4.Browser Software yang digunakan untuk surfing atau browsing Internet, seperti Internet Explorer, Opera, Netscape dll

5.ISP Internet Service Provider, penyedia jasa layanan Internet, seperti Indosatnet, Wasantara, Meganet dll

6.Download Menyalin/mengambil file atau objek dari Internet ke komputer

7.E-mail Electronic Mail, suatu layanan/fasilitas yang disediakan untuk saling berkirim surat lewat internet

8.Search Engine Mesin pencari, suatu layanan/fasilitas untuk melakukan pencarian di Internet

9.Mailing List Suatu forum/kelompok diskusi di Internet yang dapat saling bertukar informasi


Ekstensi Address
1.com Commerce, komersial
2.co Company, perusahaan
3.org Organization, organisasi
4.gov;go Government, pemerintah
5.ac Academic, akademik
6.edu Education, pendidikan
7.mil Military, militer
8.id Indonesia
9.us United State, Amerika
10.au Australia
11.it Italia

Wednesday, April 1, 2009

PASKAH & ALAM SEKITAR



PASKAH DAN BUNGA SAKURA

Buat orang-orang dibelahan bumi sini, datangnya paskah itu bertepatan dengan datangnya musim semi. Rasanya Tuhan sendiri mengatur supaya alam menyanyikan puisi yang indah sehubungan dengan bangkitnya Yesus dari kematian. Datangnya musim semi ditandai dengan berlalunya kedinginan dan datangnya semarak bunga dan warna.

Alam berpesta karena kebangkitannya!
Pohon sakura yang didepan rumah juga ikut berpesta dengan Yesus. Yang tadinya hanya pohon dan ranting kering yang membosankan, tiba-tiba meledak dengan warna dan bau-bauan harum. The jubilant celebration colors! The sweet fragrance in the air!

Di Jepang, mekarnya bunga Sakura harus dirayakan dengan festival Hanami. Orang-orang di Jepang dengan berdebar-debar menunggui kapan bisa menikmati mekarnya bunga Sakura. Mereka mengikuti berita cuaca dari malam ke malam untuk bisa menebak, kapan bunga sakura ini akan mekar. Orang-orang diluar Jepang berani membayar puluhan juta hanya untuk bisa pergi ke Jepang tepat waktu untuk mekarnya bunga Sakura. Pulang dengan penuh cerita akan meriahnya Jepang waktu mekarnya bunga Sakura, atau penuh gerutu karena tidak sempat melihat mekarnya bunga Sakura.

Jadi bertanya-tanya, apa ada kejadian yang lebih penting dalam sejarah manusia sampai-sampai alam juga ikut bersukacita ?

Kebangkitan Yesus juga ditandai dengan berlalunya masa yang suram dan dingin dan datangnya kehidupan baru yang semarak. Paskah ngga hanya berarti untuk Yesus yang berhasil memenangkan peperangan melawan maut, tapi juga berarti untuk orang-orang yang dari kemenangan Yesus beroleh pengharapan baru. Yang tadinya kering dan tidak berwarna boleh mendapat warna baru dan wangi-wangian baru dalam Kristus. Ada ledakan hidup yang baru yang tadinya terhimpit oleh dinginnya dunia. Sesuatu yang tadinya tidak menarik menjadi tontonan utama dunia. Amazing!

Rasanya ini pertama kalinya merenungkan Paskah dari ledakan kehidupan baru yang ada dalam Kristus dan lewat Kristus. Lebih dari pentingnya acara-acara dan kebaktian-kebaktian dan ucapan-ucapan Paskah, untuk bisa mengerti dan menghidupi ledakan hidup baru adalah a reason to celebrate!

Yesus tidak bangkit untuk menawarkan perubahan status, atau perubahan tata cara, atau perubahan sistim. Dia datang supaya kita memiliki hidup, dan hidup yang semarak. Hidup yang semarak penuh warna dan penuh wewangian pada ranting yang tadinya mati.
Kadang-kadang kita meluluhkan, men-tawar-kan, me-normal-kan arti kehidupan baru yang diberikan Tuhan Yesus, tapi biar bunga Sakura boleh mengingatkan kita akan apa yang dijanjikan Tuhan Yesus lewat kebangkitannya.

tips&trik Shourcut di Ms.Word

Tips Trik Microsoft Word

CTRL+N Membuat dokumen baru
CTRL+O Membuka dokumen.
CTRL+S Menyimpan dokumen yang sedang dibuka/diedit
CTRL+W Menutup dokumen. Jika dokumen belum disimpan, akan muncul kotak dialog yang menanyakan apakah dokumen ingin disimpan atau tidak.
CTRL+ALT+S Membagi (split) jendela dokumen menjadi dua bagian. Setelah mengetik CTRL+ALT+ S, klik pada posisi yang diinginkan.
SHIFT+ALT+C Menutup kembali jendela dokumen yang telah dibagi dua bagian / displit (CTRL+ALT+ S)
CTRL+ALT+P Mengubah tampilan dokumen menjadi tampilan Print Layout. Lihat menu View
CTRL+ALT+O Mengubah tampilan dokumen menjadi tampilan outline. Lihat menu View
CTRL+ALT+N Mengubah tampilan dokumen menjadi tampilan Normal. Lihat menu View
ALT+R Mengubah tampilan dokumen menjadi tampilan Reading. Lihat menu View

Berhubungan Dengan Pencarian dan Penelusuran Dalam Dokumen

CTRL+F Mencari teks atau objek spesial lainnya dalam dokumen
ALT+CTRL+Y Melanjutkan pencarian CTRL+F setelah kotak dialog pencarian ditutup
CTRL+H Mencari teks tertentu di dalam dokumen kemudian menimpanya/menggantinya dengan teks lain
CTRL+G Cara singkat untuk menuju ke suatu halaman, bookmark, footnote, tabel, komentar (comment), gambar,atau ke lokasi tertentu lainnya.
ALT+CTRL+Z Pindah ke dokumen lain, atau ke bagian lain dalam dokumen, atau antar dokumen dengan email yang diedit di MS Word.
Tombol arah/panah:
? ? ? ? Menggerakkan kursor sesuai arah tanda panah
PAGE UP atau PAGE DOWN Pindah ke atas batas atau ke bawah batas halaman yang ditampilkan di monitor
ALT+CTRL+PAGE UP Pindah ke awal tampilan di monitor
ALT+CTRL+PAGE DOWN Pindah ke akhir tampilan di monitor
CTRL+HOME Pindah ke awal dokumen
CTRL+END Pindah ke akhir dokumen
HOME Pindah ke awal baris
END Pindah ke akhir baris

Berhubungan Dengan Cetak/Print dan Print Preview

CTRL+P Cetak dokumen (membuka kotak dialog Print)
ALT+CTRL+I
Atau
CTRL+F2 Pindah ke tampilan print preview atau sebaliknya ke tampilan standar

Tombol arah / panah:
? ? ? ? Pindah ke halaman tertentu sesuai arah panah dalam tampilan print preview

PAGE UP atau PAGE DOWN Pindah ke halaman sebelumnya atau sesudahnya dalam tampilan print preview

CTRL+HOME Pindah ke halaman pertama dalam tampilan print preview

CTRL+END Pindah ke halaman terakhir dalam tampilan print preview

Berhubungan Dengan Footnote dan Endnote

ALT+CTRL+F Menambahkan footnote
ALT+CTRL+D Menambahkan endnote

Berhubungan Dengan delete, copy dan move

BACKSPACE Menghapus satu karakter ke kiri
CTRL+BACKSPACE Menghapus satu kata ke kiri
DELETE Menghapus satu karakter ke kanan
CTRL+DELETE Menghapus satu kata ke kanan
CTRL+X Cut : Mengambil teks/gambar
CTRL+C Copy: menduplikat teks/gambar
CTRL+C, C Memunculkan daftar teks yang telah di-copy atau di-cut
F2 Memindahkan teks atau gambar. Caranya: pilih dulu (sorot) teks yg akan dipindahkan, lalu tekan F2, lalu klik pada posisi dimana teks tersebut akan dipindahkan, lalu tekan ENTER.
CTRL+V Paste: menyisipkan teks/gambar yang telah di-cut atau di-copy.

Berhubungan dengan Karakter/simbol spesial

CTRL+F9 Membuat sebuah field
SHIFT+ENTER Membuat baris baru
CTRL+ENTER Membuat halaman baru
CTRL+SHIFT+ENTER Membuat bagian dokumen baru. Bagian yang baru ini bukan lanjutan dari halaman sebelumnya, jadi nomor halamannya bisa dimulai dari yang baru, atau orientasi halamannya (portrait/landscape) bisa beda.
CTRL+SHIFT+SPACEBAR Membuat spasi yang tidak bisa dipisahkan. Maksudnya seolah-olah dua kata yang berada di antara spasi tersebut tetap berada dalam satu baris.
ALT+CTRL+C Simbol Copyright ( © )
ALT+CTRL+R Simbol Registered Trademark ( ® )
ALT+CTRL+T Simbol Trademark ( ™ )
“kode simbol”, ALT+X Memasukkan simbol tertentu. Caranya: tulis dulu kode simbolnya, lalu tekan ALT+X. Daftar simbol dan kodenya dapat anda lihat pada menu “Insert”, “Symbol…”, lalu pilih tab Symbol. Contoh : untuk menulis simbol ? , ketik 2211 lalu tekan ALT+X. Kode simbol berupa kode Unicode (Hexadesimal).
ALT+”kode simbol” Memasukkan simbol tertentu sesuai dengan kode simbolnya (desimal ANSI). Kode simbolnya berupa angka-angka yang harus diketikkan melalui Keypad Numeric. Daftar simbol dan kodenya dapat anda lihat pada menu “Insert”, “Symbol…”, lalu pilih tab Symbol.

Berhubungan dengan menyorot / memblok teks

SHIFT+”tombol panah”
Atau
SHIFT+”klik mouse” Menyorot teks. Caranya: tekan tombol SHIFT (jangan dulu dilepas) lalu tekan tombol tanda panah atau klik di tempat yang diinginkan.
CTRL+”sorot yang lain” Menyorot teks terpisah. Caranya: setelah menyorot sebuah teks, anda bisa juga menyorot teks lain yang bukan lanjutan dari teks tersebut dengan menekan tombol CTRL.
F8 Menghidupkan mode penyorotan, yaitu menyorot teks tanpa menggunakan tombol SHIFT. Caranya: tekan F8 satu kali, lalu tekan tombol panah ke arah yang anda inginkan. Untuk mengakhiri mode penyorotan, tekan ESC. Jika anda tekan F8 dua kali, secara otomatis akan menyorot satu kata, jika tekan F8 tiga kali akan menyorot satu kalimat, dan seterusnya. Untuk mengurangi ukuran penyorotan, tekan SHIFT+F8. Jangan lupa menekan ESC untuk mengakhiri mode penyorotan.
ESC Mengakhiri mode penyorotan.
SHIFT+HOME Menyorot hingga ke awal baris
SHIFT+END Menyorot hingga ke akhir baris
SHIFT+PAGE DOWN Menyorot hingga satu layar ke bawah
SHIFT+PAGE UP Menyorot hingga satu layar ke atas
CTRL+SHIFT+HOME Menyorot hingga ke awal dokumen
CTRL+SHIFT+END Menyorot hingga ke akhir dokumen
ALT+CTRL+SHIFT+PAGE UP Menyorot hingga ke awal tampilan di monitor
ALT+CTRL+SHIFT+PAGE DOWN Menyorot hingga ke akhir tampilan di monitor
CTRL+A Menyorot seluruh isi dokumen
CTRL+SHIFT+F8 kemudian tekan tombol panah Menyorot teks secara vertikal
TAB Menyorot isi sel berikutnya dalam tabel
SHIFT+TAB Menyorot isi sel sebelumnya dalam tabel

Berhubungan dengan pergerakan kursor

Panah (kiri, kanan, atas, bawah) Pindah satu karakter/huruf ke (kiri, kanan, atas, bawah)
CTRL+”panah kiri” Pindah satu karakter/huruf ke kiri
CTRL+”panah kanan” Pindah satu karakter/huruf ke kanan
CTRL+”panah atas” Pindah satu paragraf ke atas
CTRL+”panah bawah” Pindah satu paragraf ke bawah
END Pindah ke akhir baris
HOME Pindah ke awal baris
ALT+CTRL+PAGE UP Pindah ke awal tampilan di monitor
ALT+CTRL+PAGE DOWN Pindah ke akhir tampilan di monitor
PAGE UP Pindah satu halaman ke atas
PAGE DOWN Pindah satu halaman ke bawah
CTRL+PAGE DOWN Pindah ke awal halaman berikutnya
CTRL+PAGE UP Pindah ke awal halaman sebelumnya
CTRL+END Pindah ke akhir dokumen
CTRL+HOME Pindah ke awal dokumen
TAB Pindah satu sel ke kanan (dalam tabel)
SHIFT+TAB Pindah satu sel ke kiri (dalam tabel)
ALT+HOME Pindah ke sel paling kiri (dalam tabel)
ALT+END Pindah ke sel paling kanan (dalam tabel)
ALT+PAGE UP Pindah ke sel paling atas dalam satu kolom (dalam tabel)
ALT+PAGE DOWN Pindah ke sel paling bawah dalam satu kolom (dalam tabel)
“panah atas” Pindah ke baris sebelumnya/atas (dalam tabel)
“panah bawah” Pindah ke baris sesudahnya/bawah (dalam tabel)

Berhubungan dengan pemformatan teks

CTRL+SHIFT+C Meng-copy / menduplikat format dari teks (Ingat!, bukan tulisannya melainkan formatnya. Misalnya : ukuran dan jenis huruf, jarak spasi antar baris, dsb)
CTRL+SHIFT+V Menyisipkan format teks setelah di CTRL+SHIFT+C
CTRL+SHIFT+F Merubah jenis huruf
CTRL+SHIFT+P Merubah ukuran huruf
CTRL+SHIFT+> Memperbesar ukuran huruf
CTRL+SHIFT+< Memperkecil ukuran huruf
CTRL+] Memperbesar ukuran huruf 1 poin
CTRL+[ Memperkecil ukuran huruf 1 poin
CTRL+D Mengubah format huruf. Ini akan memunculkan kotak dialog yang berkaitan dengan pemformatan huruf secara lengkap.
SHIFT+F3 Mengubah efek-efek pada teks. Untuk kembali ke efek yang semula, cukup tekan lagi SHIFT+F3 sampai kembali ke semula
CTRL+SHIFT+A Mem-format teks menjadi huruf kapital semuanya
CTRL+B Menebalkan teks. Contoh: Ini tebal
CTRL+U Menambahkan garis bawah. Contoh: ini garis bawah
CTRL+SHIFT+W Menambahkan garis bawah hanya pada teksnya saja, bukan pada spasi antar kata. Contoh: ini garis bawah
CTRL+SHIFT+D Menambahkan garis bawah dobel. Contoh: ini garis bawah
CTRL+SHIFT+H Memformat teks menjadi tidak terlihat (hilang). Untuk melihat teks yang diformat hilang, kllik menu Tools, Options, lalu pada tab View, perhatikan bagian Formatting marks, berikan tanda cek pada opsi All, lalu klik tombol OK.
CTRL+I Memiringkan teks. Contoh: ini miring
CTRL+SHIFT+K Memformat teks menjadi huruf kecil semuanya
CTRL + ”=” (tanda sama dengan) Menempatkan teks pada posisi pangkat bawah. Contoh: H2O
CTRL + SHIFT + “+” (tanda tambah) Menempatkan teks pada posisi pangkat atas. Contoh: 52 = 25
CTRL+SPACEBAR (tombol spasi) Menghilangkan format yang telah dilakukan
CTRL+SHIFT+Q Mengubah teks menjadi berjenis huruf simbol
CTRL + SHIFT + * Menampilkan huruf-huruf yang tidak terlihat atau yang tidak dapat dicetak
SHIFT+F1
lalu klik pada teks yang ingin dilihat formatnya Menampilkan detail format yang diberlakukan pada teks (Reveal Formatting)
CTRL+1 Menerapkan jarak antar baris 1 spasi
CTRL+2 Menerapkan jarak antar baris 2 spasi
CTRL+5 Menerapkan jarak antar baris 1.5 spasi
CTRL+0 Menambahkan/menghilangkan jarak 1 spasi pada awal paragraf
CTRL+E Membuat teks menjadi rata tengah
CTRL+J Membuat teks menjadi rata kiri dan kanan
CTRL+L Membuat teks menjadi rata kiri
CTRL+R Membuat teks menjadi rata kanan
CTRL+M Menambah margin pada sebelah kiri
CTRL+SHIFT+M Menghilangkan tambahan margin kiri setelah di CTRL+M
CTRL+T Menambahkan indent menggantung
CTRL+SHIFT+T Mengurangi jarak indent menggantung
CTRL+Q Menghilangkan semua format yang telah dilakukan sehingga menjadi biasa / tanpa pemformatan
CTRL+SHIFT+S Mengubah style teks
ALT+CTRL+K Memulai AutoFormat
CTRL+SHIFT+N Menerapkan style Normal
ALT+CTRL+1 Menerapkan style Heading 1
ALT+CTRL+2 Menerapkan style Heading 2
ALT+CTRL+3 Menerapkan style Heading 3
CTRL+SHIFT+L Menerapkan style List / daftar

Berhubungan dengan mail merge

ALT+SHIFT+K Menampilkan sebuah mail merge
ALT+SHIFT+N Menggabungkan dokumen
ALT+SHIFT+E Mengedit data dokumen mail merge
ALT+SHIFT+F Memasukkan sebuah field mail merge
ALT+SHIFT+D Memasukkan field tanggal (Date)
ALT+CTRL+L Memasukkan field daftar (List)
ALT+SHIFT+P Memasukkan field nomor halaman
ALT+SHIFT+T Memasukkan field waktu (jam / Time)
CTRL+F9 Memasukkan field kosong
CTRL+SHIFT+F7 Mengupdate informasi-informasi yang saling berkaitan di dalam dokumen sumber sebuah mail merge
F9 Mengupdate field yang sedang ditunjuk kursor saat itu
CTRL+SHIFT+F9 Menghilangkan hubungan sebuah link
SHIFT+F9 Melihat sebuah field dengan hasilnya (secara bergantian)
ALT+F9 Melihat semua field beserta hasilnya (secara bergantian)
ALT+SHIFT+F9 Menjalankan GOTOBUTTON atau MACROBUTTON dari field yang sedang dilihat hasilnya
F11 Pindah ke field berikutnya
SHIFT+F11 Pindah ke field sebelumnya
CTRL+F11 Mengunci field
CTRL+SHIFT+F11 Membuka /menghilangkan kunci field yang terkunci

Shortcut Tombol Fungsi (Tombol F1, F2, F3, ….F12)

F1 Membuka panduan Microsoft Word
F2 Memindahkan teks atau gambar. Caranya: pilih dulu (sorot) teks yg akan dipindahkan, lalu tekan F2, lalu klik pada posisi dimana teks tersebut akan dipindahkan, lalu tekan ENTER.
F3 Memasukkan AutoText
F4 Mengulangi proses / pengetikan yang terakhir dilakukan
F5 Membuka kotak dialog pencarian (cara singkat menuju bagian tertentu di dalam dokumen)
F6 Menuju ke frame / panel berikutnya
F7 Membuka kotak dialog Spelling and Grammar
F8 Menghidupkan mode penyorotan, yaitu menyorot teks tanpa menggunakan tombol SHIFT. Caranya: tekan F8 satu kali, lalu tekan tombol panah ke arah yang anda inginkan. Untuk mengakhiri mode penyorotan, tekan ESC. Jika anda tekan F8 dua kali, secara otomatis akan menyorot satu kata, jika tekan F8 tiga kali akan menyorot satu kalimat, dan seterusnya. Untuk mengurangi ukuran penyorotan, tekan SHIFT+F8. Jangan lupa menekan ESC untuk mengakhiri mode penyorotan.
F9 Mengupdate field yang dipilih / disorot
F10 Mengaktifkan bar menu untuk diakses oleh keyboard
F11 Menuju ke field berikutnya
F12 Menyimpan dokumen dengan nama baru. Ini sama dengan meng-klik menu File, Save As.

Tombol CTRL dan Tombol Fungsi (Tombol F1, F2, F3, ….F12)

CTRL+F2 Pindah ke tampilan print preview atau sebaliknya ke tampilan standar

CTRL+F3 Mengambil teks untuk Autotext
CTRL+F4 Menutup jendela dokumen (sekaligus menutup dokumen)
CTRL+F5 Mengembalikan (restore) ukuran jendela dokumen setelah di maximize
CTRL+F6 Pindah ke dokumen lain (jika membuka lebih dari satu file dokumen Word)
CTRL+F7 Menjalankan perintah Move (shortcut untuk title bar)
CTRL+F8 Menjalankan perintah Size (shortcut untuk title bar)
CTRL+F9 Membuat sebuah field untuk karakter spesial (simbol)
CTRL+F10 Membuat jendela Microsoft Word menjadi berukuran Maximize
CTRL+F11 Mengunci field pada mail merge
CTRL+F12 Membuka file dokumen Word. Ini sama dengan mengklik menu File, Open.

Tombol SHIFT dan Tombol Fungsi (Tombol F1, F2, F3, ….F12)

SHIFT+F1 Menampilkan detail format yang diberlakukan pada teks (Reveal Formatting)
SHIFT+F2 Menduplikat (copy) teks
SHIFT+F3 Mengubah efek-efek pada teks. Untuk kembali ke efek yang semula, cukup tekan lagi SHIFT+F3 sampai kembali ke semula
SHIFT+F4 Mengulangi /melanjutkan proses pencarian Find atau GoTo
SHIFT+F5 Meletakkan kursor pada posisi teks yang terakhir kali dilakukan perubahan
SHIFT+F6 Menuju ke frame / panel sebelumnya
SHIFT+F7 Membuka kotak dialog Thesaurus
SHIFT+F8 Menghilangkan tanda penyorotan / seleksi
SHIFT+F9 Melihat sebuah field dengan hasilnya (secara bergantian)
SHIFT+F10 Memperlihatkan menu klik kanan pada posisi kursor
SHIFT+F11 Pindah ke field sebelumnya
SHIFT+F12 Menyimpan dokumen. Ini sama dengan mengklik menu File, Save

Tombol ALT dan Tombol Fungsi (Tombol F1, F2, F3, ….F12)

ALT+F1 Meletakkan kursor pada field berikutnya. Field di sini bisa berupa teks yang mengandung link, ataupun teks-teks tertentu lainnya
ALT+F3 Membuat sebuah entry AutoText
ALT+F4 Keluar dari program aplikasi Microsoft Word
ALT+F5 Mengembalikan ukuran jendela Microsoft Word jika sedang maximize.
ALT+F7 Mencari kesalahan dalam penulisan. Ini bisa berfungsi jika kotak cek “Check spelling as you type” diaktifkan. (lihat di menu Tools, Options, klik tab Spelling & Grammar)
ALT+F8 Menjalankan sebuah macro.
ALT+F9 Melihat semua field beserta hasilnya (secara bergantian)
ALT+F10 Memaksimalkan (maximize) tampilan jendela program Microsoft Word
ALT+F11 Menampilkan jendela penulisan kode Microsoft Visual Basic

Tombol CTRL+SHIFT dan Tombol Fungsi (Tombol F1, F2, F3, ….F12)

CTRL+SHIFT+F3 Menuliskan isi dari Spike (entry AutoText spesial)
CTRL+SHIFT+F5 Mengedit bookmark. (membuka kotak dialog bookmark)
CTRL+SHIFT+F6 Pindah ke jendela dokumen yang lain (jika pada saat bersamaan, membuka lebih dari satu file Word)
CTRL+SHIFT+F7 Mengupdate informasi-informasi yang saling berkaitan di dalam dokumen sumber sebuah mail merge
CTRL+SHIFT+F8 kemudian tekan tombol panah Menyorot teks secara vertikal
CTRL+SHIFT+F9 Menghilangkan hubungan sebuah link
CTRL+SHIFT+F11 Membuka /menghilangkan kunci field yang terkunci
CTRL+SHIFT+F12 Membuka kotak dialog Print. Sama dengan CTRL+P

Tombol CTRL+ALT dan Tombol Fungsi (Tombol F1, F2, F3, ….F12)

CTRL+ALT+F1 Menampilkan informasi mengenai komputer yang sedang digunakan.
CTRL+ALT+F2 Membuka file dokumen Word. Ini sama dengan meng-klik menu File, lalu Open.

Tombol ALT+SHIFT dan Tombol Fungsi (Tombol F1, F2, F3, ….F12)

ALT+SHIFT+F1 Meletakkan kursor pada field sebelumnya. Field di sini bisa berupa teks yang mengandung link, ataupun teks-teks tertentu lainnya
ALT+SHIFT+F2 Menyimpan dokumen yang sedang dibuka/diedit. Ini sama dengan meng-klik menu File, lalu Save.
ALT+SHIFT+F9 Menjalankan GOTOBUTTON atau MACROBUTTON dari field yang sedang dilihat hasilnya
ALT+SHIFT+F10 Menampilkan menu atau pesan untuk smart tag.
ALT+SHIFT+F11 Menjalankan Microsoft Script Editor

Followers

  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP