Wednesday, April 15, 2009

BAGIAN 2 ISTILAH KOMPUTER

Backlinks
Sering disebut juga incoming links, yaitu link pada situs lain yang mengarah pada sebuah website. Backlinks sering digunakan sebagai bagian dari strategi SEO (optimalisasi mesin pencarian). Mesin pencarian menghitung jumlah backlinks yang dimiliki sebuah situs untuk mengukur popularitasnya.

Bandwidth
Ukuran kapasitas pengiriman informasi yang digunakan dalam dunia telepon, jaringan komputer, sinyal frekuensi radio, dan monitor. Bandwidth biasanya diukur dalam satuan hertz (Hz) dan bits atau bytes per second (bps). Hz diukur berdasarkan rentang perbedaan frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi yang dipancarkan. Bps diukur berdasarkan jumlah bit atau byte data terkirim per detik.

BASIC (beginner's all-purpose symbolic instruction code) merupakan keluarga bahasa pemrograman level atas. BASIC mudah dipelajari namun program yang dihasilkan biasanya relatif lambat saat digunakan. Ada beberapa jenis BASIC, di antaranya Turbo, Quick, atau Visual Basic. Bahasa pemrograman ini umumnya tidak digunakan pada pembuatan aplikasi skala industri.

Bitmap adalah jenis gambar yang tersusun dari sejumlah titik pixel (kependekan dari picture element). Pixel-pixel tersebut ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu dengan nilai warna tersendiri dan membentuk pola tertentu. Pola yang terbentuk itulah yang menghasilkan atau menimbulkan kesan gambar. Tampilan bitmap mampu menunjukkan kehalusan gradasi bayangan dan warna. Oleh sebab itu gambar bitmap merupakan media elektronik yang paling tepat untuk perpaduan gradasi warna yang rumit, seperti lukisan atau foto digital.
Kelemahan bitmap adalah setiap tampilan tergantung pada resolusi gambar. Semakin tinggi resolusi gambar maka semakin halus nuansa gambar yang tertangkap. Oleh karena itu, perubahan dimensi (pembesaran dan pengecilan) gambar bitmap sangat berpengaruh pada kualitas gambar. Apabila gambar bitmap diperbesar, maka resolusinya akan berkurang sehingga timbul efek juged / bergerigi, akhirnya gambar menjadi kabur. Dibalik kelemahannya, gambar bitmap menyimpan kelebihan yaitu mampu menangkap nuansa warna dan bentuk yang natural. Penggunaan gambar bitmap sekarang telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, misalnya : foto yang dihasilkan dari kamera digital, video shooting, dan lain-lain. Baca juga mengenai jenis gambar vector.
Blog (web blog)

Website khusus yang berisi kumpulan catatan atau jurnal yang disajikan rapi dan terurut secara kronologis. Blog juga sering digunakan untuk merujuk aktivitas mengelola atau mengisi materi sebuah blog. http://smitdev.blogspot.com/ merupakan contoh sebuah blog.

Browser, Web Browser
Program yang dipakai untuk melihat dan menelusuri Web atau lokasi-lokasi lain di internet. Anda saat ini menggunakan browser untuk melihat halaman-halaman SmitDev IT Glossary ini.

Captcha
Captcha (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) adalah sebuah gambar berisi kode angka atau huruf yang secara normal hanya bisa dibaca dan dimengerti oleh manusia. Captcha lazim digunakan pada form-form halaman web, seperti form login, form pendaftaran, form pesan, dan sejenisnya. Pemanfaatan captcha ditujukan agar form benar-benar diisi oleh orang yang seadng mengakses halaman tersebut dan menghindari spam atau pengisian form secara otomatis menggunakan program tertentu.

Cascading Style Sheets (CSS)
Bahasa penataan tampilan di dunia pengembangan web, digunakan untuk mengatur tampilan dokumen HTML agar tersaji secara lebih menarik dan cantik. CSS biasa digunakan untuk mengatur halaman web yang disusun melalui HTML atau XHTML, namun juga dapat diterapkan pada beragam jenis dokumen XML. Kode CSS dapat dituliskan langsung pada sebuah dokumen HTML atau disusun sebagai file independen yang dirujuk oleh dokumen HTML.

CMYK
CMYK merupakan komposisi warna dari kombinasi empat warna, yaitu Cyan, Magenta, Yellow, dan Black. Gabungan antara warna cyan dan magenta akan menghasilkan warna biru. Gabungan warna cyan dan yellow akan menghasilkan warna hijau. Gabungan warna magenta dan yellow akan menghasilkan warna merah. Secara teori, gabungan antara warna ketiganya akan menghasilkan warna hitam. Model warna CMYK sering digunakan pada printer.

Cost per Thousand Impressions (CPM)
CPM merupakan salah satu metode penghitungan pembayaran komisi penayangan iklan di internet. Norma perhitungannya adalah pengiklan atau broker iklan internet membayar komisi kepada mitra penayang iklan setiap 1.000 kali iklan tertayang di halaman web. Penayang iklan antara lain para pengelola website dan blog. Adapun broker yang populer untuk model ini antara lain Google AdSense dan AdBrite.

Crash
Crash adalah sebutan kejadian sistem komputer yang berhenti bekerja dan tidak bisa dioperasikan secara mendadak. Hal ini menyebabkan instruksi melalui mouse dan papan ketik tidak menghasilkan respon apapun.
Crash biasanya dipicu oleh sebuah kesalahan fungsi dari sebuah program atau piranti komputer. Beberapa penyebabnya antara lain karena hilangnya sumber daya, kode pemrograman aplikasi komputer yang kurang baik, atau proses komputer yang mengalami konflik dengan sistem operasi atau proses lainnya.
Decrypt
Merupakan proses mengubah kembali data terenkripsi menjadi data biasa yang dapat dibaca. Baca lebih lanjut penjelasan mengenai Encrypt.

Dynamic HyperText Markup Language (DHTML)
Teknik perancangan halaman web dengan mengombinasikan kode HTML, JavaScript, dan CSS sehingga diperoleh sajian web yang lebih dinamis. Misalnya pengunjung dapat mendrag komponen-komponen yang tampil di halaman web, menyajikan animasi sederhana, dan sebagainya.

Encrypt
Menyandikan atau mengacak informasi. Enkripsi merupakan bentuk pemanfaatan metode matematis untuk mengacak data sebelum dikirimkan melalui jaringan data sehingga data menjadi tidak dapat dibaca oleh orang, kecuali oleh pihak yang berwenang. Standar de-facto enkripsi pada lalu-lintas data di web adalah SSL (Secure Sockets Layer). Decrypt merupakan proses kebalikannya, yaitu mengubah kembali data terenkripsi menjadi data biasa yang dapat dibaca.

End User License Agreement (EULA)
Dokumen syarat dan kondisi yang harus disepakati pengguna sebuah software sebelum menginstalasi dan menggunakan software tersebut.

File Transfer Protocol (FTP)
Kemampuan transfer sejumlah file antar komputer secara cepat untuk berbagai keperluan. FTP menjadi salah satu layanan utama di Internet yang memungkinkan pengguna Internet untuk menyalin dan menempatkan file pada server Internet. Gunakan program klien FTP (FileZilla, Cute-FTP, WS-FTP) untuk login dan mengakses file di server FTP.

Flame (Flame War)
Situasi saat sebuah diskusi (biasanya di milis/newsgroup) berubah menjadi ajang debat yang tidak sehat. Debat tidak lagi membahas topik diskusi, tetapi memanas dan menjadi ajang pengiriman pesan yang saling menyerang antar personal. Hal ini biasanya dipicu karena adanya pelanggaran etiket di milis.

GIF Animation
Tipe file berformat GIF yang memungkinkan ditampilkannya serangkaian gambar menjadi objek animasi. Cara mudah, cepat, dan murah untuk membuat sebuah animasi. Merupakan gabungan beberapa file gambar dasar dengan ukuran tertentu yang diberi pengaturan waktu tampilan menggunakan software grafis tertentu.

0 comments:

Post a Comment

Followers

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


  © Blogger template 'A Click Apart' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP